Aoun, Adonan Kekristenan, Nasionalisme dan Anti Kezaliman

Dalam dirinya kekristenan, nasionalisme dan  karakter anti kezaliman menjadi adonan.  Namanya lebih terkenal saat telah menjadi mantan presiden karena sikap politiknya yang dianggap ”melawan arus”. Salah satu buktinya adalah dukungan penuhnya atas keberadaan Hezbollah sebagai organisasi politik yang bersenjata demi mengamankan Lebanon dari agresi Israel. Kedua ia rela bersebarangan dengan para politisi Kristen yang umumnya lebih mengutamakan status quo. Inilah Michel Aoun, Sang Jenderal Pendamping Nasrullah.

Setelah 15 tahun mengasingkan diri ke perancis. Michel Aoun (70) kembali ke Libanon dan memulai kembali kancah politiknya. Ia dulu anti Suriah, namun sekarang berbalik arah menjadi pro Suriah. Pemimpin Gerakan Patriotik Bebas (Free Patriotic Movement) ini telah menandatangani sebuah memorandum of understanding dengan hezbollah pimpinan Hassan Nasrallah.

Gerakan Patriotik Bebas (GPB) mempresentasikan 70% kristen Libanon. Aoun merupakan pemimpin yang berpengaruh di libanon. Partainya mempunyai 21 kursi dari 58 kursi di parlemen. Di libanon sendiri ada kubu anti suriah terdiri dari koalisi sunni, kelompok kristen,dan kelompok druze, sedangkan kubu pro suriah terdiri dari koalisi hezbollah (Syiah) dan kelompok kristen (pendukung Michel aoun).

Michel Naim Aoun lahir di Beirut, Libanon 17 februari 1935. Ia lahir dari keluarga kristen maronit yang miskin.

Pemimpin GPB ini ialah pemimpin kristen maronit yang bersekutu dengan Hizbullah. Ia sangat akrab dengan kehidupan yang mayoritas muslim. Ini terlihat dari pernyataanya bahwa “ Kami tidak pernah ada masalah baik Ali dan Pierre,

atau Hassan dan George. Kami hidup berdampingan dan tinggal diperkampungan yang sama.” Semasa hidupnya ia pernah belajar di college des ferres dan selesai pada tahun 1956, setelah itu ikut dalam akademi militer.

Lalu Tiga tahun kemudian masuk dalam pasukan Libanon. Mendapatkan pelatihan di Charlon-Sur-Manne, perancis (1958-1959), Fort sill, Oklahoma, Amerika Serikat

(1966)dan Ecole Superieriu de cguerre, perancis (1978-1980). Pada saat Israel menyerang libanon tahun 1982. Ia juga ikut mempertahankan tempat kepresidenan di Baabda. Pada perang sipil di libanon (1975-1990) tergabung pada kelompok anti suriah. Ia juga mendukung untuk Suriah keluar dari Libanon. Namun ia sekarang mendukung kelompok pro Suriah setelah ia kembali ke Libanon dan ikut pemilihan umum legislatif Libanon.

Peran Michel Aoun sangat besar bagi strategi politik Libanon. Ia memenangkan pemilihan umum legislatif Libanon yang mendapatkan 21 kusi di parlemen. Kekhawatiran konflik perang saudara akan terjadi kembali membuat situasi libanon memanas. Setelah perdana menteri Libanon menyetujui draf PBB yang mengatur pengadilan internasional atas pelaku pembunuhan mantan perdana menteri Rafik Hariri. Ini berakibat dengan pengunduran diri dari enam menteri dari kubu pro suriah, dua diantaranya dari Hizbollah.

Lalu pembunuhan menteri perindustrian Pierre Gemayel yang ditembak setelah orang yang tidak dikenal menghadang mobilnya. Demonstrasi besar-besaran di depan rumah sakit Santo Yoseph. Pendukung anti Suriah membakar foto Michel aoun dan Hasan Nassralah. Padahal Michel aoun dan Hassan nassralah pada pernyataanya tidak mendukung pembunuhan Gemayel, hal itu sangat keji menurut mereka.

Partai Gerakan Patriotik Bebas yang ia pimpin menganut sekulerisme yang mendukung kebijakan stabilitas luar negeri dan pembangunan ekonomi Libanon yang anti korupsi. Ia didukung oleh komunitas kristen Libanon dan juga simpati dan dukungan dari komunitas muslim. Michel aoun merupakan pemimpin kristen yang patut kita banggakan.

Setelah mantan perdana menteri Irak Tariq Aziz pada zaman pemerintahan Saddam Husein sudah berlalu. Kini Michel Aoun walaupun umurnya yang sudah 70 tahun tetap bisa memberikan peran politiknya di Libanon. Ia mendukung anti korupsi dan toleransi antar agama. (BBC/Wikipedia/Lexicorient/Hans Sinyal)

4 Comments

  1. Ch. Anwar
    Oct 14, 2008

    Waduh, ternyata ada jg yah.. orang kristen yg anti kezaliman insani. Bingung juga saya jadinya. mulia mana disini Allah swt antara dia dan orang islam yg bawa trjmhn Al-Qur’an kemana2 tapi mendukung AS dan Israel, alias koncoan dg mereka. Biarlah aku yg awam mau berkesimpulan: lebih mulia orang kristen ini.

    Kl teman2 yg mau amalan praktis dan doa2 pilihan, silahkan kunjungi:
    http://islampraktis.wordpress.com

  2. Assalamu’alaikum,

    Mudah-mudahan kita semua di jauhkan dari fitnah dunia.

    Salam hormat,
    Indra

  3. Syamsuri
    Oct 14, 2008

    Ya Allah, smg para pemimpin dunia yg anti kezaliman segera bersatu, agar orang2 yg tertindas di dunia segera dimerdekakan, yang sengsara dibahagiakan, keadilan ditegakkan, kebenaran segera disebarkan, dan kemanusiaan segera diwujudkan. Amin ya Rabbal ‘alamin.

    Wassalam
    Syamsuri Rifai
    http://syamsuri149.wordpress.com
    http://islampraktis.wordpress.com

  4. dodol
    Oct 16, 2008

    Harga syahadat lebih MULIA drpd kekafiran yg nyata dr seseorang…

    Kristen = Kafir, hina dihadapan Allah, sia-sia amalannya…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>