Pages Navigation Menu

‘LEBIH BAIK NULIS NGAWUR DARIPADA BICARA SENDIRI’

Statistik Pemeluk Agama di Dunia

Masyarakat yang tidak beragama berada pada peringkat ketiga dengan jumlah persentase 16 persen dari keseluruhan penduduk dunia. Yang menarik adalah setengah dari kelompok ini percaya kepada Tuhan namun tidak mengikuti agama tertentu. Agama Yahudi yang jumlah pemeluknya memiliki persentase 0,22 % dari jumlah penduduk dunia berada pada peringkat terakhir dalam daftar agama-agama resmi dunia.

Walaupun di barat gereja-gereja yang tinggi menjulang banyak dibangun untuk menyebarluaskan ajaran-ajaran Kristiani, namun saat ini perkembangan agama Islamlah yang mengalami kemajuan pesat dan perselisihan serta perbedaan yang ada di tengah umat Islam pun semakin berkurang dibanding dengan agama-agama lain. Dengan mengingat segala permasalahan ekonomi dan berbagai problem lainnya yang terjadi pada negara-negara Islam, agama ini mampu berada pada peringkat kedua dalam daftar agama dengan jumlah penganut terbanyak.

Berdasarkan laporan situs Baztab Iran, hasil survei memperlihatkan agama Kristen menguasai 33 persen masyarakat dunia namun mereka mengalami perpecahan yang lebih besar dan lebih prinsipal dibanding agama-agama lainnya.

Agama Kristen sekarang terpecah menjadi berbagai macam aliran yang berbeda-beda seperti Katolik, Protestan, Ortodoks timur, Anglikan, Evangelis, Pantekosta dan lain sebagainya.

Islam yang dipeluk oleh sekitar 21 persen dari penduduk dunia termasuk Suni, Syi’ah dan beberapa mazhab lainnya menempati agama kedua dengan penganut terbanyak setelah agama Kristen.

Orang-orang yang tidak beragama berada pada peringkat ketiga dengan persentase 16 persen dari jumlah penduduk dunia, termasuk di antaranya mereka yang tidak percaya kepada Tuhan, orang-orang sekuler dan yang menyembunyikan keyakinannya. Yang menarik adalah setengah dari mereka ternyata percaya kepada Tuhan walaupun tidak meyakini agama mana pun.

Agama Hindu berada pada peringkat keempat dengan jumlah pengikut sebanyak 14 persen dari jumlah penduduk dunia. Diikuti agama Buddha, agama tradisional Cina dan kepercayaan-kepercayaan tradisional masyarakat Afrika yang masing-masing memiliki jumlah persentase sebanyak 6 persen.

Agama Sikh dengan 0,36 persen komunitasnya menempati peringkat berikutnya dan Yahudi ternyata menempati peringkat paling akhir dari daftar agama-agama dunia menurut jumlah pengikutnya. (Sumber: Baztab)

223 Comments

  1. Semoga Cahaya Islam akan terus menerangi dunia. Amin…..

    • semua org berkata “banyak jalan menuju ROMA, Bukan Banyak Jalan menuju MEKAH.. Agama aja uda gk jelas suka anggap remeh agama org lain.. Buktix kenapa banyak teroris?? Teroris tu semuax org ISLAM.. HEHEHE… Kasian dech.. AGAMA GK JELAS

      • maaf,, anda yang memicu perselisihan.. jadi menurut saya… anda yang sangat memprihatinkan… punya tuhan yang ga berdaya aja sombong lo…. monta berkat kok ke orang yang lagi di salib,, cman pake kolor lg.. ckckck….

      • Maaf utk nico > anda klow bicara jgn nico-nico alias sembarangan. jgn membandingkan agama dgn pribahasa, slah besar taw…. cino alias tekek jgn memancing kemarahan orang lain, alangkah baiknya jk kita salaing menghargai agama kita masing2, klow anda tetap bersikap seperti itu brarti bs dinilai memang moral agama anda seperti itu tw…..moral amburadol tidak jelas…

      • agama yg paling benar itu adalah agama ISLAM
        انّ الدّين اند الله للاسلام
        sesungguhnya agama yg diridhoi Allah itu agama islam

        ehhhhh,,,,,,,,,, nico, dasar setan mau-maunya nyembah tuhan yg gak ada nyawa, di salib, cuma pake kolor, bintang porno lagi,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, masa tuhan punya anak dan istri , hahahahahahahahahahahahahahahahahahhahaha……………. GILAAAAAA,,,,,,,,,,

        ISLAM AGAMAKU, AL-QUR’AN KITABKU, HADITS SUNNAHKU…………….

        masa mau-maunya kau membaca kitab yg di palsukaqn sama nabi gilamu (paus paulus),,,, dan penebusan dosa pake uang, gak salah tuh?

        hahahahahaa,,,,,,,,,, kristen itu gila ada 2 aliran lagi, kristen persetan dan kristen katolak…………………………………..

        • Mas Anugrah…Dari cara tutur katamu sepertinya anda tidak pemeluk Agama Islam, kamu hanya islam di kTP, kalau anda benar mengatakan hanya Agama Islam yg diakui Tuhan….apakah begitu kata kata yg diajarkan islam?????, untuk mas Niko biarkanlah yg teroris teroris…yg menjadikan mereka teroris karena merka tidak mengerti akan ajran agama itu sendiri jadi saya mohon saudara janganlah mempropkasi…oke!!! GBU

      • nico anda itu org mana dan orang macam apa?mana datanya semua teroris itu orang islam??anda yakin..???orang macam anda yg memecah belah…anda bilang islam agama ga jelas,…anda kan bukan orang islam..tentu saja islam belum jelas bagi anda…kalau anda mau kejelasan mengenai islam,..silahkan anda belajar islam, tanpa harus masuk islam…atau mkn aja kalau anda belajar ga bakaln ngerti2 juga..karna isi tengkorak anda ga ada otaknya..hanya berisi darah dan nanah..

      • Dear nico, kalau saya boleh menyamakan anda dengan sesuatu, anda tak ubahnya seperti hal yg tdk berguna. lebih rendah dari kotoran sapi. kotoran sapi masih memberikan kesuburan pada sekitar, sedangkan anda sepertinya TIDAK BERGUNA dan malah memecah satu sama lain. Artikel sudah baik dibuat tanpa menyinggung siapa pun, tapi anda memulai berpendapat dengan komentar tidak cerdas yang membuat forum yang harusnya baik ini menjadi ajang mencemooh.

        Saya bukanlah seorang muslim, tapi saya sangat menghargai umat muslim dimana pun berada, juga seluruh umat beragama lainnya, bahkan Ahmadiyah sekalipun. Saya tidak peduli apakah agama saya memiliki umat terbesar di dunia atau pun tidak. Kenyataannya jumlah umat tidak menjamin saya menjadi seorang umat beragama yang sempurna.

        Yang saya harapkan dari seluruh umat beragama di dunia, khususnya rakyat Indonesia, adalah TOLERANSI. Pada dasarnya adalah tidak mungkin kita hidup dengan satu agama saja di dunia. Mengapa harus memaksakan agama kita memiliki umat terbesar di dunia? Mengapa harus memaksakan agama kita dianggap paling baik sedunia? APAKAH HAL TERSEBUT MEMPENGARUHI KESEMPURNAAN ANDA SEBAGAI UMAT YG BERIMAN?

        Sudahlah, tidak perlu mengajarkan orang lain mana yang baik dan mana yang tidak. Terlebih lagi, tidak perlu mengajarkan orang lain untuk beribadah seperti Anda. Karena saya pun ragu, Anda beribadah dengan sempurna di mata Tuhan.
        Lebih baik, tanamkan bahwa KITA SAUDARA, memiliki satu Allah tapi cara yang berbeda. Niscaya damai kan tercipta.

        God in Heaven bless us.
        Untuk Nico dan mereka yang menghujat sesama, semoga Tuhan mengampuni Anda atas apa yang Anda perbuat.

        NB: Toleransi menjadi sesuatu yang amat mahal dan langka di dunia ini.

      • Anda memang termasuk orang2 yang tertipu dan sial and apes. taunya sedikit bicara ngawur. Baca dong artikel sejarah peradaban dunia. Perang Salib, yang katanya menyebarkan agama, tetapi sesungguhnya menyebarkan kekuasaan, agar setiap daerah yang dikuasai menyerahkan upeti. Berapa banyak orang yang dibunuh, dengan mengatasnamakan agama. Ngobrol dong dengan pendeta mu, bicara jujur. dan jangan ditutupi. Niscaya kamu akan merasakan keterkejutan yang luar biasa. Peristiwa Konstantinopel, Berapa ribu orang yang dibunuh, hanya gara2 Paulus agar bisa leluasa menyebarkan pahamnya. Penjajahan Belanda yang kristen, 350 tahun di Indonesia. Mungkin juga keluarga kamu terbunuh juga. Dasar !!! Udeh pendeta2nya ketipu paulus, pengikutnya pengikutnya percaya saja.

    • Kerja – Kerja Jangan Ribut Agama Aj ,, Gmn Negara Bisa Maju ,, sedangkan Rakyat nya Ribut Agama aj ,,, Semua Agama itu baik ,,, titik …

    • wkwkwkwkwk mimpi apa kata dunia klo dunia ini di penuhi penganut teroris?

  2. SEMOGA ALLAH SWT. MENJADIKAN AGAMA YANG HAK(ISLAM) MENJADI AGAMA DUNIA DAN DIANUT OLEH SELURUH UMAT MANUSIA DIDUNIA INI.
    ISLAM ADALAH AGAMA RAHMAT,AGAMA TERAKHIR DAN AGAMA YANG DI RIDOA OLEHNYA (ALLAH SWT.) SEBAGAI AGAMA PENYEMPURNA DARI AGAMA AGAMA RASUL TERDAHULU.

    • Kerja – Kerja Jangan Ribut Agama Aj ,, Gmn Negara Bisa Maju ,, sedangkan Rakyat nya Ribut Agama aj ,,, Semua Agama itu baik ,,, titik …

  3. Kita berdoa pada Tuhan agar diberi kepandaian, rezeki, dan berbagai kemajuan hidup dll. Orang Islam juga berdoa seperti itu, tetapi fakta menunjukkan negara Islam terbelakang… dan follower dibidang apapun.. ? teknologi , sport, kesehatan, kesenian….? Jadi ….biarkan dunia berkembang sebagaimana sekarang.. .. Lihat bedanya…!!!! agama yang diberkati kan dapat dilihat dari buahnya……OK!

  4. Untuk apa menghitung banyak atau sedikitnya jumlah orang yang beragama. untuk apa saling membedakan bukankah kita semua sama ? Buang jauh semua sikap primodalisme itu dari kepribadiaan kita….

  5. di eropa iya mungkin gereja tambah sepi, tapi tidak di Benua Amerika, Asia, Afrika :
    Di amerika serikat sendiri gereja selalu penuh dengan umat….karena gereja lebih dinamis (Kristen Karismatik lahir disana) di AS dan tata ibadah tidak kaku seperti gereja-2 eropa.
    Amerika latin, Kristen masih tetap eksis walau ada gejala sosialisme di negara-2 latin tapi tetap tidak mempengaruhi peran agama dalam sendi kehidupan dan malah berkolaborasi sepeti disalah satu negara latin “Paraguay” yg kepala negaranya adalah salah satu mantan Uskup/pemimpin umat katolik yg berpandangan sosialisme.
    Sedangkan di negara Asia Afrika perkembang Kristiani juga pesat dikorea selatan dalam kurun waktu 1 abad menjadi agama mayoritas, Taiwan & China daratan sangat pesat sekali, Filipina menjadi agama nasional, malaysia, india, indonesia, bangladesh setiap tahun persentase umat mengalami kenaikan..dan begitu juga Afrika khususnya bagian selatan..Kristen tetap bertumbuh pesat disana

  6. Puji Tuhan Kristen menduduki posisi 1 dunia, dimana sudah ditulis di Alquran dan di Injil bahwa Isa terbesar didunia dan diakhirat. Amin

    • bukan isa yang terbesar di dunia, tapi nabi muhammad SAW.
      umat kristen sekarang bukanlah umat isa as. yg sesungguhnya, umat isa dahulu mengakui bahwa tuhan itu esa(satu) dan mempercayai bahwa nabi isa as adalah salah satu nabi allah swt, dan mereka tidak mempercayai bahwa isa “anak tuhan”
      dan lihat lah pada akhir zaman nanti bahwa isa akan di turunkan Allah ke bumi untuk membenarkan agama Muhammad. Wass.

      • Yapz Dan sesungguhnya kitab injil yang masih digunakan sekarang tidak suci lagi dan isinya banyak yg campur baur,itu ulah orang’ yang tidak bertanggung jawab,
        so masihkah kalian menggunakan kitab itu sebagai pedoman hidup…. Jadikanlah Al-quran pedoman hidup mu yg sesungguhnya….

        • jangan membenarkan 1 agama utk memojokan agama yg lain.. kepercayaan orang islam tentulah berbeda dengan agama2 yang lain.. banyak orang yang menyebut “banyak jalan menujuh ROMA, BUKAN banyak jalan menuju MEKAH.. jd jangan anggap reme kepercayaan orang lain.. OK

          • Nico @ Mohon maaf, tarik kemabali ucapan anda. Apakah anda membandingkan agama dengan suatu Pribahasa ?
            Anda tak ubah seperti orang yang gila !

          • uey nico!!!!!!!!!!! jng semena-mena nyeramahin org y!!! lhoe aj menghina agama kmi sok jg nyeramahin org!!!!!!!!!!!! jd itu y ajaran agama palsu itu!!! smoga lhoe bs hdp smpai kiamat ,nanti biar lhoe bs lht sendiri isa as tsb meyakinkan bhwa! “islam agama ku dan ALLAH thn ku yg sesungguh’y!” smga itu terjadi!! AMIN……..

          • untuk nico…kyknya ada ga usah komentar di sini lg deh…komentar anda dari awal lah yg sudah memojokkan satu agama…anda bisa liat komentar anda..ga seperti komentar yg lain…yg lain walau berbeda tp lebih dari cara berkomentar anda…coba baca lagi komentar anda yg pertama…seperti orang bar – bar….

        • injil yang asli itu yg gimana sih???apakah anda bisa menunjukkan injil yang asli???pengen tau saya fotonya???

          • injil bkanlah suatu hal yang harus di pamerkan.

            anda belum membaca dan memahaminya jadi jangan meremehkan seperti itu.
            sebelum kalian semua ribut antar agama baiklah kalian terlebih dahulu memahami agama kalian semua.
            untuk yang muslim jangan hanya membaca al quran tpi juga mengartikan nya dan memahami setiap ap yang diajarkan,lakukan dalam kehidupan kalian semua.jagan meremehkan ataupun mengecilkan agama yang lain karena pandangan orang memeng berbeda

            untuk kita yang percaya akan KRISTUS
            tetap yakin dan percaya pada Nya juga pahami setiap firman tuhan yang ada.
            ingatlah tuhan menunggu kita apakah kia tetap setia sampai akhir nanti.apa yang kita rasakan sekarang memang menyakitkan, tapi tuhan akan memberi sesuatu yang inda pada umat nya yang tetap seti pada Nya.

            kayak gtu jga agama yang lain Tuhan kalian gak perlu diributin karena mereka yang berkuasa atas kita.mereka sedih melihat umat nya yang hanya bisa berbicara tapi tak dapat mendalami dan memahami firman nya

          • INJIL ITU UDH D’UBAH SM PENDETA AGAMA KRISTEN WKTU ITU.JDI ,INJIL YG SEKARANG ITU P-A-L-S-U!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

      • sok tw lo semua……kyk lo aj Tuhan.a….emang.a lo semua udah pernah liat Tuhan????mk,a lo semua brani ngomen???
        buat ap sih ributin it……yang penting jalanin aj agama lo masing2…
        agama di ciptakan untuk di anut dan mempersatukan sesama manusia n menciptakan kerukunan,bukan menjadi pembeda sesama manusia,mari lah berdamai….masalah di selesaikan dengan kebaikan lebih baik dari pada kekerasan…..n buat agama kristen n islam kan sama….isi kitap suci.a juga sama beda,a kristen memiliki perjanjian baru……ok jadi mari kita ciptakan kedamaian di dunia kita ne…ok…..by abdi ginting.

        • saya setuju . .

          • setujuuuuuu……
            sampe loe smua tinggal rangka pun, perdebatan soal agama gak akan ada abisnya.. lebih baik saling menghormati dan menghargai agama satu sama lain. bukankah di setiap kitab suci mengajarkan hal yang baik dan benar?

        • walaqod kafaroladjina qolu…. innallahahuwalmasihubnu maryam waqolalladjina ya bani isroila’budullaha robbi warobbukum Artinya…..telah kafir orang yang berkata : “bahwa Allah SWT adalah Isa as (anaknya bunda maryam) padahal isa telah berkata dalam al-qur’an : “ya bani isroil, sembahlah Allah sebagai tuhanmu & tuhanku juga.”). JELASLAH BAHWA ISA AS. BUKANLAH TUHAN MELAINKAN SEORANG ROSUL “UTUSAN ALLAH”.

      • tuhan yesus yg berada di atas dari sgala raja….
        mereka yg meninggalkan dia akan berakhir di neraka seperti yg di katakan di injil dan alquran

  7. siang malam, menag kalah senantiasa dirotasi olen-Nya. jangan lupa Islam pernah mengalami kemajuan gemilang selama beberapa abad, sampai akhirnya kemalasan umat Islam dan penjajahan barat mengantarkan Islam kemasa-masa kelam. Tapi sekarang Islam mulai bangkit kembali, tidak ada yang menyangkal pertumbuhan agama yang paling pesat adalah Islam. Kebenaran pasti menang.

    • ya

      • ustad itu hanya nabi palsu yg di katakan di alkitab

      • mantap..

  8. semoga allah senantiasa menolong hambanya yg terzhalimi,perlu kita ketahui islam pernah mengalami kemenangan yg gemilang seperti penaklukan konstatinopel,dibawah sultan muhammad al fatih,dan penaklukan sanyol dibawah mujahid thariq bin ziyad.

    • Ssstt, kenapa kalian perdebatkan urusan sengketa leluhur mereka di timurtengah, aneh, arab saudi aja nyante relax, lalu kalian berantem disini, emangnya kalo kalian kelaparan orang timur tengah yg beliin beras, Ngaca bosss.
      Ditempat lahirnya islam aja selalu kerjasama dengan dunia barat, itu dulu diurusin kalo mau,,,,ingat kalian lahir di indonesia hidup mati makan tak makan yg mempertanggungkan adalah indonesia bukan negara islam yg kaya raya itu, i am universal,realistis, mohon maaf

  9. semoga allah senantiasa menolong hambanya yg terzhalimi,perlu kita ketahui islam pernah mengalami kemenangan yg gemilang seperti penaklukan konstatinopel,dibawah sultan muhammad al fatih,dan penaklukan spanyol dibawah mujahid thariq bin ziyad.

  10. anggap aja kristen banyak yang terpecah belah karena masalah prinsipil, tetapi apakah diantara mereka ada yang saling bunuh seperti di Iraq (sunni & syiah)? Suka perang kok bangga, 1400 tahun peraaaaang mulu. Pake acara “darah lw halal” segala, halal dari hongkong?
    XD

    • Sejarah Kristen sendiri belum faham udah berani menjustifikasi. perbedaan memang ada, tapi yang perlu dilawan adalah tidak bisa menerima perbedaan. Sedangkan contoh Iraq, ada campur tangan US untuk mengacaukan Iraq supaya tentara mereka bisa berlama2 disana

      contoh terbaru Breivik, apa darah lw halal juga?

      • pantesan yang menjadi penjajah juga suka perang…untuk indonesia sudah merdeka coba kalow tidak mungkin agama anda yang suka menjajah, memeras, menindas…intinya menghalalkan segala cara…

    • pikir dulu bang pake akal sehat….orang mana yang terima Tuhannya di hina. Pasti akan maju demi syurga lah…kalo abang membunuh duluan kan hukumannya juga hukuman mati tho. nyawa di bayar nyawa lah….undang2 semua juga gitu…..tak ada asap jika tak ada api. pikir ye bang…jangan ditelen mentah2 info dari amerika….negara adidaya yang punya duit untuk menutupi kebenaran…..

    • Info apa aja ditelan mentah2 ya gini nih jadinya….gak tahu apa apa sok tahu…nyawa di bayar nyawa lah. jangan membunuh kalo gak mau dibunuh. jangan memfitnah kalo gak mau di ganjar….

    • anda benar~

  11. CAM MANANYA KLEN SMUA AGAMA PUN DIPERMASALAHKAN, ADA YANG HARUS KLEN PERHATIKAN : A = TIDAK GAMA = KACAU , JADI TUJUAN AGAMA UNTUK MEMBUAT KLEN SMUA TIDAK KACAU/TERATUR , SALING MENGASIHI DALAM PERBEDAAN , DAN SALING MENJAGA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA . OK BOCAH-BOCAH SALAM PERSAUDARAAN…

    • itu lah arti dari agama
      dan itu dari bahasa sansekerta

  12. banyak rancangan bawa diri mengakibatkn korban untuk buka mata sada……alam aja marah kok manusia jadi allah buktikan klebihanmutunjukan pada duniaklmmg bnar datanya.jgn bykkomen nnti bertmn dgn btol kosong. wa wawa

    • gini aja dech… dari pd dbat soal agama mnding kt mkrin ni msalah negara bgaimn cara y majuin negara kita tercinta ni…. kita bakalan tahu kok agama apa yg bner klu kt dah mati nanti… ajaran siapa yg pling bner kt kn tau kok nnt… jd jgn berdebat y… emang telat dr pd kita debat… psti tak kn berakhir msalah ni… akur ja y… yg mau mngejek y biarin… yg mau mnerima y silahkn… kt hrus toleransilah… jgn sperti ni… kt hdup di dunia
      ni emng gk da yg smpurna… cuma agama yg bisa menyempurnakn kt… klu kt mengakui agama yg kt peluk y kt jalani aja… kt bakal akan melihat agama apa yg pling bner stelah kt mati nanti… aku aja pnya tmen bkan orang islam, kristen pnya, orang hindu pnya, budha pun pnya tmen disini. klu kami membicarakan tentang agama kt msing2 y kt sling menghargai… ini memang bneran gk bohong saya… udah dech kt akur ja y….

  13. agama hindu agama tertua yang asli bersumber dari tuhan
    terbukti dengan tidak ada manusia di dunia yang memakai bahasa sanskerta, dewanagari dan bahasa yang ada di weda
    jelas bahwa itu memang bahasa untuk tuhan

  14. agama hindu tetap menjadi agama tertua di dunia dan kebenarannya tidak perlu diragukan karena memang bersumber dari tuhan
    terbukti dengan bahasa pemujaan yang di pakai (bahasa sansekerta) tidak ada manusia yang menggunakan bahasa tersebut
    ke murniaan agama hindu telah di uji dari berbagai zaman
    ajaran dari semua agama di dunia ada di hindu

    • Anda telah melupakan agama Zoroaster bung, agama ini juga memakai bahasa sansekerta

      yes! Pada masa jayanya agama Zoroaster adalah rival terberat agama Hindu.

      Akan tetapi ternyata agama Zoroaster jauh lebih unggul dari agama Hindu dalam menata kehidupan dan peradaban manusia. Pada zamannya, masyarakat Zoroaster di Persia lebih maju, teratur dan beradab. Sehingga pengaruhnya lebih luas dipeluk masyarakat dunia timur secara damai daripada Hindu. Dengan keunggulannya itu orang-orang yang dipengaruhi oleh agama Zoroaster tidak menjadi sombong dengan mengokupasi tetangganya yang relatif pada masa itu belum maju dan belum begitu beradab seperti India. Lain sekali dengan orang-orang yang terpengaruh oleh Hindu dan kemudian mampu membesarkan kekuasaannya seperti misalnya Candragupta yang kemudian memaksakan agamanya dengan kekerasan kepada pihak lain yang berbeda keyakinan dengannya.

    • TAI LOE (YANG BENER AGAMA ISLAM)

  15. hey ingat
    ada 4 agama dlm 1 garis besar dngn nama tuhan yg sma, yaitu ALLAH, yg beda kitab ama nabi, agamanya yahudi (taurat), islam (al-qur’an), kristen (injil), n atu lagi blom saya pahami. cba bgi yg kristen bca injil asli (tnpa prubhn) akan ada tntng islam d sna, sma halnya taurat (torah) n zabur, jga ada d jlskn tntng muhammad saw …
    jadi gk perlu ribut, smuanya JELAS ADA. . .
    (biar telat asal masuk)

  16. apapun agamanya…
    toleransi sangat penting agar tidak terjadi perang…
    yang terpenting adalah keimanan setiap individunya…

    lakukan dan jalanii yang dipercayai tanpa saling hujat dan saling hina…
    perdamaian itu indah kok
    Allah suka dengan Keindahan,,
    BarakaALLAH…

  17. semoga saja agama islam agama yang menaiki peringkat pertama di dunia…………..krena islam itu agama yang benar dan tdk memaksa…..

  18. Assalamu ‘alaikum…
    sebelumnye knalin gan, ane agama islam gan tapi belom tentu masuk surga gan, karna akhlak ane masih buruk gan, sifat ane masih jelek gan, tapi ane masih tetep berusahe jadi islam yang kaffah gan. (maap curhat..hehehe…)

    Bagi Saudara ane Muslim: kite umat islam gak perlu terlalu berkoar-koar islam ini rahmatan lil’alamin klo kite sndiri belum bise ngamalin konsep islam sebenernye gan. JANGAN sekali-kali mengkoreksi agama apapun sebelum islam ente dapet dibuktikan secara kaffah gan. islam gak perlu banyak gan, walopun dikit yang penting kaffah gan!!! gak terlalu penting bagaimana islam dulu(walopun pnting jg sih bwt refleksi n proyeksi) yang penting bagaimane kita MEMBUMIKAN AL QUR’AN!!! (maap menggurui)

    Bagi temen2 ane non muslim: ente semua bener gan, umat muslim saat ini terlihat n TERNYATA masih kafir gan, sok mengolok-olok agame lainnye gan (soal ini maap gan), terbelakang dalam hampir segala bidang gan, tapi ini UMATNYA gan bukan ISLAMNYA!!! ente ambil aje sana gan umat islam yang pade rendah imannye (termasuk ane kalo ente bise ya gan. hahaha…)islam kagak butuh status gan, tapi butuh pengamalam. kagak btuh agresifitas terhadap agame laen gan, tapi butuh dakwah, kagak butuh pengebom tapi butuh fi sabilillah!!! ane kagak berani bilang agama ente SALAH gan, biar ILLAH yang memutuskan!! mari kite berjalan pada konsep kite masing-masing dengan saling toleransi dan tenggang rasa. semoga Islam selalu jadi Rahmatan Lil Alamin bagi semua makhluk, baik yang seakidah ato yang gak. Salam Ikhlas for All Moslem In The World.

    • betul itu….makanya islam itu juga belum tentu masuk syurga ya bang. syurga untuk orang berhati suci, bukan orang yang ngerasa dirinya suci. betul betul. justru orang yang merasa selalu kotor mungkin yang akan menghuni syurga…..Hidup Tuhan Kita…Kalo gue Allah SWT….dan tak perlu kalian perdebatkan. Bagimu agamamu bagiku agamaku…tak ada pemaksaan dalam bentuk apapun.ok

      • NGELES AJA LU SMUAAAA….
        HAHAHAHAHAHAHA

  19. Untukmulah Agamamu dan Untukkulah Agamaku Islam Is The Best…

  20. buat denjaka, dari mana u tahu agama zoroaster, orang agama hindu, sudah di akui seluruh dunia, bahwa agama hindu agama tertua.

    • orang-orang hanya tahu umur agama Hindu dari perkiraan mereka tentang umur bahasa yang digunakan kitab weda. dan kitab weda menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa yang digunakan kitab avesta (kitabnya Zoroaster). he he so bagaimanapun tuanya usia weda dan hindu pasti akan sama usianya dengan usia avesta dan zoroaster.

      mengenai perbandingan prestasi antara hindu dan zoroaster pd peradaban manusia ini, cukup kita ikuti saja kisah kehidupan alexander the great. bagaimana alexander melihat kehidupan masy zoroaster di persia dan masy hindu di india.

  21. testttttttttttttttt

  22. janGan BeRdebat Kristen ato sapa pun yang Banyak…..tunggu aja tanggaL mainnya pada saat akhir Zaman tiba….siapa agama yg Benar……hahahahahah

  23. Hidup…kristen..3x ? Kristen akan tetap menjadi nomor satu sampai akhir zaman, pada seluruh masyarakat khusus nya yang beragama Kristen tetap lah percaya sampai ia datang kedunia ini yang kedua kalinya, karena penderitaan bagi orang Kristen memang akan terjadi karena kita memakai nama nya yaitu YESUS tapi itu tidak akan membuat kita menderita untuk selamanya karena Tuhan sudah mempersiapkan Tempat yang layak bagi kita yaitu Syurga, itu semua akan diberikan untuk semua yang mau menderita demi dia yaitu YESUS, Syalooom !!!!!

    • tunjukkan bukti kebenaran???

    • no satu..didunia…tapi nggk di indonesia….indonesia islam terbanyak no satu….alhamdulillah termasu gw…

  24. SETUJU ! hidup Kristen 3x ! Saya setujuh dengan Paskah Wijaya, karena yang dikatakan Paskah itu TErtulis di kitab injil “Matius 24″ Aku mencintai Mu YEsus Tuhanku berkatilah orang yang tidak mengenal Mu,

    • hey! lhoe tw ga! kitab injil thue udh d’ubh sm pendeta lhoe thue!!!!!!!!!!!!!!!!!! jng ngomg lw ga tw!!!!!!!! gini” gw belajar kle………… lw lhoe mati entar lhoe akn tw TUHAN sesungguh’y yaitu,ALLAH SWT!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  25. Syaloom Indonesia ! Sesunggu nya Agama yang benar adalah Agama yang Tuhannya Adalah Yesus !

  26. Kristen Is The Best Forever ! God Bless You

  27. Kristen Is The best ! kristen adalah pengikut kristus ! bukankah kalian sadari ia datang kedunia ini dengan rupa manusia untuk menggantikan kita menderita ! kalian harus sadari itu, dan kitab Injil adalah Firman nya yang dari dulu hingga sekarang tidak perna berubah, jadi jangan mengucilkan Tuhan Mu sendiri!

    • jika anda punya hati, tanyakan pada hati anda, sudah benarkah sikap anda? apakah sikap seperti itu pantas dipiara oleh makhluk beragama? apakah sikap buruk membawa ke syurga. mau islam mau kristen mau budha, mau hindhu…kalo jahat tetep aja masuk neraka. saya islam, juga meyakini bahwa syurga bukan untuk islam tapi untuk orang berhati mulia, dan beriman. malu gak kalian…..introspeksi yaaaa. sama2 di indonesia ko saling ribut???? ga malu kalian….

      • jenpol ka,, kalo bangga ma agama kristen pergilah sana keamerika yang katanya mayoritas kisten gitu aja repot

      • Saya setuju dengan saudari Ika, bukan Agama Kristen, Islam, Hindu, BUdha dan Agama lain yg membawamu kes Surga, tetapi Percaya akan adanya Tuhan yg maha Kuasa yg menciptakan langit dan bumi, berbuat baik terhadap sesama, Rajin ke Geraja bagi yg Kristen dan rajin sholat bagi yg muslim, jangan berbohong, jangan mencuri, jangan membunuh, yg penting berbuat baiklah agar kamu di kasihi Tuhan.

  28. Saking the bestnya / hebatnya kristen sampai-sampai gereja-gereja di eropa pada dijuali, nggak tahu kenapa? karena sudah hebatnya spiritual masyarakat eropa jadi nggak perlu gereja lagi? atau gimana?

    tapi yang jelas banyak gereja yang beralih fungsi!!

    ada yang jadi kafe, ada yang jadi minimarket. tapi ada juga yang dibeli untuk diubah jadi masjid!!

    pembelinya adalah jama’ah gereja tersebut yang kemudian berubah keyakinan menjadi islam! lalu mereka membeli dan mengalih fungsikan tempat ibadah lama mereka menjadi Masjid!!

    Dari fakta diatas, dapat kita tarik kesimpulan, bahwa orang-orang kristen eropa yang maju, setelah mendapatkan pendidikan dan cukup pula akal pikirannya, baik amal perbuatannya serta cukup spiritualnya, maka kemudian banyak yang beralih keyakinan menjadio pemeluk islam.

    beda dengan kondisi-kondisi sebaliknya di belahan dunia lain. yaitu kasus dimana banyak penduduk islam yang kemudian murtad menjadi pemeluk kristiani. mereka pada umumnya adalah orang-orang yang susah kehidupannya dan tidak sempat mendapatkan pendidikan memadai, melarat dan serba terbelakang. pada kondisi masyarakat seperti ini agama kristen tumbuh subur, melalui program utamanya yaitu: yaitu pemberian ‘bantuan’ kata bantuan saya beri tanda kutip karena biasanya bantuan tersebut tidak murni, tapi ada muatannya. kalau bentuk dan modelnya banyak dan bertingkat2, mulai diberi pekerjaan, indomie, uang, sampai pendidikan. tapi diajukan syarat!!, Aneh mau bantu seseorang yang kekurangan tapi juga diajukan syarat?!?!. jadi kayak Multi Level Marketing saja agama ini bagi mereka. makanya kata bantuan saya beri tanda kutip, karena bukanlah bantuan murni, tapi lebih cocok disebut: “Money Religi” ,

    • agama indomi dunk,..

    • Ah…itukan pendapatmu aja…cs

      • jgn brtengkar

  29. ISLAM itu sebenarnya bukan agama, tapi DIENULLAH. Jika diterjemahkan dgn kata “agama” tentulah belum terwakili.

  30. kalo semua agama merasa paling baik apa kbr dengan manuia purba!boro2 agama pendidikan aja ga blajar! y syukurlah kt hdp djaman yg mengenal agama. jd tw untuk berbuat kebaikan tanpa hrs membela tuhan krn tuhan itu tdk butuh pembelaan krn dia adalah “TUHAN”

  31. sudahlah kenapa ribut soal jumlah kristen&islam, yg hrus dipikirkan tuh apakah ajaran isa itu sama denga ajaran kristen??? apa iya,ritual ajaran isa sama seperti yg praktekkan orang keristen sekarang??jagan-jangan yg diperaktekkan bukan ajaran isa tapi ajaran semaunya para pendeta,paus atau pimpinan mereka. secara logika masa tuhan ada tiga, dan sejak kapan isa jadi tuhan, maria jga/kalo dibilang haya utk memudahkan bukan makna sesungguhnya, naip baget tuh. masa isa mau mangaku dirinya tuhan, kemampuannya setara tuhan. apa itu ajaran isa?? klo tuhan itu tiga berarti tidak kuasa dong?? klo liat ajaran dan sejarah kenapa kenapa ajaran keriten yg satu beda ama yg lain dalam cara ibadahnya??, gambar isa persi pengikutnya disetiap belahan dunia beda-beda juga tuh??. isa lahir di timur tengah/wilyah palestina, tidak ada pohon pinus,tpi setiap natal pohon pinus jadi yg utama ya?? pernah baca sejarah kristen???? mengerikan tuh.baca bagaimana sejumlah pendeta dibunuh gara-gara beda pendapat tentang trinitas pada masa urbanus.kira-kira injil yang utama sekarang dimana ya?? yg jelas isa tidak diutus dengan bahasa inggriskan,indonesia, belanda,lalu kalo ada beda penapsiran dalam injil yg satu dengan yg lain merujuknya ke injil persi yg mana kira-kira?? sekarang ada injil versi bahasa gaul tuh di belanda, jerman dn negara eropa lainya?? besok kalo beda pemahaman kamu sama mereka injil mana yg kamu ikuti??? mf iya pusing ama agama kristen nih, apa iya yg sekarang ini aajaran isa???ato jangan-jangan ini ajaran para pendeta. kamu tahukan copernicus ilmuan, gurunya galileo yg jga kena tahanan rumah hingga mati, oleh urban VIII pemimpin vatikan, gara-gara pendapatnya bertentangan dengan ajaran utama gereja yg menyatakan bumi pusat tata surya,tapi ajaran gareja ini salah tuh, malah yg benar matahari pusatnya,lalu diubah lagi tuh ajaran gereja. jangan-jangan besok-besok ajaran pokok gereja diubah lagi iya sama para pendeta.mf ye fakta yg lainnya baca aja sejarah gereja dan ajaran kristen, ato pikirin ni ye, tapi jangan literernya satu aje

  32. tapi tuh yg muslim katanya kalo ikut ajaran muhammad juga ikut ajaran isa?? yang mana maksudnye?? kenapa tuhan nurunin muhammad pada bangsa bar-bar tuh?? kenapa kaga satu bangsa saja sama isa ato nih bagsa yahudi nih.hebat tuh penguasa dunia, orangnya cerdas-cerdas orang kristen diperbudak yahudi tuh. tpi maaf ye ajaran yahudi mengjarin kami tuh bangsa terhebat yg diturunin tuhan. baca alqur’an,jangan-jangan orang islam kaga tahu ajarannya ye?? sedikit-dikit mau perang. ato emang sekarang ne zamannya orang ga mau mikir/males ye?? lebih seneng dibodohi pemuka agamanya. pikir mah ajaran yg disampein tokoh agama udah bener apa kaga?? baca tuh kitab masing-masing,tafsirnya jangan baca satu tafsir iye??? oh ye lupe krisren kaga puye bacaan aslinye injil, yg ade versi tafsir gereje ye. pinjem aje kitab yahudi ne. ajarranye ikut-=ikuttan juge

  33. Hihihihi yg tahu persis peribadatan kite kite ini diterima atau kagak kan Tuhan sendiri sbg penerimanya sekaligus penilainya,tugas kita kan beribadat menurut tata cara yg telah diberitahukan pada manusia melalui beberapa utusan yg tlah diturunkan buat manusia,tinggal pilih cara mana yg kamu suka. Kalo ada yg suka cara A atau B kenapa harus ada yg sewot,emang kalo ada orang yg gunakan cara yg gak sama dg diri kita apa efeknya bg diri kita,hehehe kagak ada kaleee…..contoh dlm hal ini ya…ketika kita diberi soal ulangan oleh guru kita di sekolah, nah yg tahu jawaban yg benar adalah guru kita itu krn ia yg bikin soalnya. Mengenai bagaimana cara kita menjawab soal soal itu terserah kita kita aja,kan dulu juga udah diajarin gimana caranya untuk menghasilkan angka 9, bisa di dapat dari 8+1,bisa dari 3×3,bisa dari 10-1 dan laen laen dan laen…nah kalo ada yg pake cara yg laen2 ntu kan gak ngaruh toh buat yg gunain cara yg gama sama dg kita,toh hasilnya tetep 9,trus mengenai penilaiannya ya terserah pak gurunya aja,mau dikasih A plus kek,B min kek,C min plus kek,tokek kek..wkwkwkwk itu terserah dianya aje yg penting murid murid kagak berantem,jadi anak manis manis dan pinter pinter,aman deh satu sekolah. Nah tugas kita di dunia ini kan sbg khalifah yg harus bisa menjaga keselarasan hidup dimuka bumi ini dg perbagai perbedaan, emang sebenernya bg Tuhan bisa aja membikin dunia ini semua sama,tapi itulah Tuhan membikin umat yg ada dimuka bumi ini beraneka warna,coba bayangin kalo semua sama…pasti monotone..gak asyik ah…ngebosenin.

    • apalagi kalau Sampai Tuhan tadinya menciptakan wajah wanita diseluruh Dunia sama dan pria sama, bisa dibayangkan orng yg suka ngacau akan cari kesempatan…heheeee

  34. COMMENT TAK PERLU PANJANG LEBAR. CUKUP SAYA BERITAHU, TAK ADA SURGA BAGI ORANG BERHATI BUSUK YANG SUKA MENCACI, MEMFITNAH, DZALIM, MENGHUJAT. JIKA KALIAN MERASA AGAMA KALIAN BAIK, KENAPA SIKAP KALIAN TAK MENCERMINKAN MAHLUK BERAGAMA. AGAMA KTP KALIAN BELUM TENTU MEMBAWA KALIAN KE SURGA. SURGA HANYA UNTUK ORANG BERHATI SUCI. BUKAN PENCELA. APA KALIAN ANGGAP KALIAN ORANG SUCI? DENGAN BERKATA KOTOR SEMAKIN TERLIHAT HARGA DIRI KALIAN YANG RENDAH. SAYA ISLAM, SAYA TIDAK SUKA DIHINA, JUGA TAK SUKA MENGHINA. SIAPAPUN AKAN MAJU BERTARUH NYAWA JIKA TUHANNYA DI HINA. KARENA SURGA YANG KAMI INGINKAN. TAK ADA ASAP JIKA TAK ADA API. BAGI PARA PEMFITNAH, ADA SURGA MENANTI. SILAHKAN DICICIPI,MONGGO….

    • ika say setuju banget tuh ..,,, saya tetari ama islam
      mudah mudahan secepat nya saya masuk islam ,.

  35. KALO MEMNG MUHAMAD NABI pasti d alkitab di sebut namanya tapi dia gak pernah d sebut sekalipun.datngnya ke dunia ini setelah berapa abad masehi sehingga ajarannya d ambil dri alkitab dn di balik faktakan…islam di indonesia khususnya di jawa sangat fanatik ..TERORIS ITU ASALNYA DRI JAWA dan agamanya islam…semoga roh kudus menerangi kamu dan sadar bahwa kaum muslim tertipu oleh muhammad nabi palsu…..

    • TIDAK BAIK KAMU MENGHINA AGAMA YANG LAIN !!!!!!!!!!!!!
      ASTAGFIRULLAH ALADZIM ….

      YA RASULLULLAH ,,, NABI MUHAMMAD ADALAH NABI AKHIR ZAMAN .

    • Nabi Muhamad adalah nabi mulia..dan nabi terakhir..beliau hanya menyerukan ,..firman Allah..
      Agar manusia kembali kepada fitra nya ,.
      dan Beliau tidak perna minta disembah ,bahkan fhotonya pun dilrang untuk dipajang ,..agar supaya manusia tetap lurus pada fitra nya.
      ketika pada waktu itu banyak manusia yang menyembah berhala ,dan lebi gawat nya lagi adamanuasia yang menyembah manusih.. dimana kitab INJIl yang dibawa ole Nabi ISA AS tela dikotori ole tangan tangan manusia yang tidak mau mengakui kebenaran dikarenakan mereka takut kehilangan kedudukan duniawi nya .
      masihkah anda menuhan kan manusia ,.sunggu sedi nabi Isa AS melihat umat sesat dan diambang kebodaohan dan keserakahan yang segala sesuatunya diukur dengan materi,..semoga ALLAH memberikan kalian Hidaya

    • kristen hny setan yg selalu fitnah…gk mlu pny tuhan gk pke bju…pak g sanggup???

      • DARIPADA KITA MENGHINA AGAMA LAIN,LEBIH BAIK KITA MENGOREKSI DIRI APAKAH KITA SUDAH MENJALANKAN AJARAN AGAMA KITA DENGAN BENAR?
        TIDAK ADA PERINTAH AGAMA UNTUK MENGHINA AGAMA LAIN,BAHKAN ITU ADALAH LARANGAN AGAMA,..

  36. Yesus adalah anak Allah.sedngkan muhamad bukan dia manusia biasa….bunuh saya klo d al-quran ada tertulis seperti d ALKITAB injil Yohanes 14:6 KATA YESUS kepaanya:”Akulah jalan kebenaran dan hidup ,Tidak seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku..ARTINYA KALO KITA TDK MEMILIKI YESUS ANAK ALLAH KITA TDK DAPAT MENGENAL ALLAH BAPA.imanilah y tdk engkau lihat krna upahnya luar biasa….akan indah pada waktuknya JELOU…

    • Qs: Ali Imran ayat 31: ” Katakanlah wahai Muhammad, ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku…niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah maha pengampun lagi maha penyayang.

      kalo ga tau tentang Alquran…sebaiknya jangan banyak omong.

    • uey aqw kzh tw y biar otak’y g bodoh!!! d’ajaran islam yg islam itu agama paling benar ,ALLAH GA PUNYA ANK,OR SUAMI ISTRI.ALLAH ADLH CAHAYA YG MEMBUAT ALAM SEMESTA! YOU KNOW TUHAN YG LHOE SEBUT YESUS OR ISA ITU BKN NABI ISA ALAISALAM TPI TMN’Y YG TEGA MEMFITNAH NABI ISA! IA D’JDIKAN TUHAN OLEH ORG YG MENANGKAP DY.. ISA LALU D’ANGKAT K’SYURGA DAN TINGGAL BERSAMA ALLAH DAN NABI MUHAMAD SAW!! KLW GA PERCAYA PAS KIAMAT NANTI LHOE TANYA AJHA THUE KEBENARAN’Y DNG ORG YG LHOE ANGGAP SBGAI TUHAN!!!!!!!!!!!!!!

  37. dan ingat lah teroris-teroris yang beragama islam,mereka hanyalah orang-orang yang tidak bertanggungjawab atas perbuatannya,agama islam bukan agama yang banyak dianut oleh teroris,teroris hanya tidak dapat mengatur hidupnya dengan biak
    ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR

  38. SURAH YANG MENERANGKAN KEJADIAN PADA AKHIR ZAMAN
    AL-QURAN SURAH AL-ZALZALAH

    idzaa zulzilati al-ardhu zilzaalahaa wa-akhrajati al-ardhu atsqaalahaa waqaala al-insaanu maa lahaa yawma-idzin tuhadditsu akhbaarahaa bi-anna rabbaka awhaa lahaa yawma-idzin yashduru alnnaasu asytaatan liyuraw a’maalahum faman ya’mal mitsqaala dzarratin khayran yarahu waman ya’mal mitsqaala dzarratin syarran yarahu”

    Artinya :

    Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”,pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

  39. PENDUDUK ISLAM DI INDONESIA
    83.5 PERSEN ISLAM=198.730.000 JIWA

    ALHAMDULILLAH YA AGAMA ISLAM DIANUT TERBANYAK

    PENDUDUK KRISTEN PROTESTAN DI INDONESIA
    9,0 PERSEN=21.420.000 JIWA

    PENDUDUK KRISTEN KATOLIK DI INDONESIA
    4.6 PERSEN=10.948.000 JIWA

    PENDUDUK HINDU DI INDONESIA
    2 PERSEN=4.760.000 JIWA

    PENDUDUK BUDDHA DI INDONESIA
    0.75 PERSEN=1.785.OOO JIWA

    PENDUDUK KONG HU CHUE DI INDONESIA
    0.10 PERSEN=238.000 JIWA

    PENDUDUK ANIMISME,DINAMISME DI INDONESIA
    0.05 PERSEN=119.000 JIWA

  40. SABARLAH ISLAM DALAM MENGHADAPI MENGHINAAN,PENCELAAN,DAN PENGZHALIMAN ATAS KAUM KRISTEN YANG BERTUHAN 3

    YESUS,MARIA,ROH KUDUS,ALLAH APAAN
    MANUSIA MENJELMA MENJADI TUHAN

    YESUS IS THE WEAK GOD AND THE WEAK HUMANS IN THE WORLD

    MEREKA SEMUA AKAN MENDAPAT COBAAN YANG SUDAH SAYA JELASKAN SEBELUMNYA

  41. BETAPA HEBATNYA ISLAM DI DALAM AL-QURAN YANG MENJELASKAN DARI AWAL ZAMAN,SAMPAI AKHIR ZAMAN YANG KITA TIDAK KETAHUI
    BACA;LAH AL-QURAN NISCANYA KAMU AKAN SELALU BERMANFAAT

    AYAT 1Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan

    AYAT 2Dia telah Menciptakan manusia dari segumpal darah.

    AYAT 3Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah

    AYAT 4Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.

    AYAT 5Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

    AYAT 6Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas,

    AYAT 7karena dia melihat dirinya serba cukup.

    AYAT 8Sesungguhnya hanya kepada Tuhanmulah kembali (mu).

    AYAT 9Bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang,

    AYAT 10seorang hamba ketika dia mengerjakan shalat

    AYAT 11bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu berada di atas kebenaran

    AYAT 12atau dia menyuruh bertakwa (kepada Allah)?

    AYAT 13Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakan dan berpaling?

    AYAT 14Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?

    AYAT 15Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya,

    AYAT 16(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.

    AYAT 17Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya),

    AYAT 18kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah

    AYAT 19
    sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan).
    AYAT 12

  42. TAN LOE NGACO BANGET YA
    YESUS TIDAK ADA DIJELASKAN DI AL-QURAN BAHWA YESUS ADALAH YANG TERBESAR
    YANG TERBESAR YANG DIJELASKAN DI AL-QURAN ADALAH ALLAH SWT YANG PALING BESAR

    umat kristen akan menanggung perbuatanya dia alam kubur,alam akhirat,dan neraka karena agamanya yang ga jelas

  43. kasian ya orang kristen makan babi
    kan babi makanan haram,makan cacing,mandi di lumpu,bau,jelek

    • kaya ce punk dlm muka badaki,lebe biadap dari pada babi lai,,,anjing ce

  44. BACALAH SEMUA KOMENTAR SAYA UNTUK PERDEBATAN AGAMA
    AGAMA ISLAM LAH YANG PALING BENAR
    AGAMA KRISTEN LAH AGAMA YANG SESAT
    SABARLAH ISLAM
    MATILAH KRISTEN
    ALLAH SWT AKAN SELALU MELINDUNGIMU

    KETAWA YUKK SANTA CLAUS TERBANG PAKE RUSA-RUSAAN,NGASIHIN KADO

  45. jangan gtu dong,,,, mz di blng muhamad nabi,,, padahal kelakuannya bejat bangt.. ga contohin dia jadi nabi tapi gila sexs ,, banyak istri dan memperkosa tawanan.. gaa deh,, nanti aq di bawa muhamad ke nereka!!!!!!!!!!!

    • TERKUTUKLAH ANDA ,,,, WAHAI CRIST !!!!!!!!!
      KAMU TELAH MENCELA NABI KAMI ..
      NABI YANG BEGITU MULIA..
      SURI TAULADAN KAMI..
      NABI MUHAMMAD SAW.
      YA RASULLULAH,,,,
      YA ALLAH .. AMPUNILAH KAMI ….

    • Astagrfll

      mas mas tobat mas …
      muhamad datang buat memberikan ajaran yang baik buat kalain kristen,..bukan menuhan kan manusia,.
      dan mengajarkan kalain pakai pakaian yang sopan ,.. bis kalian punya tuhan burung nya nyelip keluar malua in aja pun sexi banget,..*rasian loe

    • gila luuuuuuuuuuuuu

  46. nabi Isa a.s itu adalah pembawa keselamatan di bandinng nabi muhamad S.a.w yang meminta keselamatan ,berhubung,orang islam banyak yg buta aksara,alquranx sendiri cman tau lavalkan ja tp g tw artix,tp banggax luar biasa. klw bgini gimana iman islam itu bisa tumbuh,orang2x juga banyak yang jadi teroris karna mereka menjalankan perintah alquran….kasihan ya…trus orang islam bangga dengan nabinya memiliki gelar 3 huruf (s.a.w)sedangkan org nasrani cman 2 ja(a.s),itualah kebodohan yg terbesar u, yg g mengerti gelar nabimu……jd kesimpulanx aq lebih memilih agama kristen yg jelas di selamatkan di akhirat nanti…

    • APA MAKSUD ANDA MEILIKI ANGKA 3 HURUF ??? ANGKA 2 DAN 3 ???????

      ASTAGFIRULLAH ALLADZIM,,,,,,,

    • kamu emang paham gak ama injil ,..
      injil yan kamu pakai versi siapa ,..soal nya banyak banget lo injil ,, karena sesuai dengan selera masing
      kasian baget ya Umat kristen .. dari dulu sampai sekarang masi saja menuhan kan manuasi ,.coba bayangkan ketika tuhan kalian lagi EE.,,, iii
      ayo kalu kalian memang berbakti padanya berni gak makan ee nya HHaaa… berfikir dunk kalau mau ngomong ,, kalau dibalas kayak gini gmn ,.. untuk mu agamu dan untuk ku agamu ku ,..

    • al quran ga pernah menyuruh muslim utk mnjadi teroris. jk mreka mnjadi teroris, itu sbnrnya krn ktidakpahaman muslim itu sndiri ttg makna jihad yg sbnrnya. & kami jg ga mmprmasalahkan antra gelar s.a.w dan a.s. yg trpenting bagi kami, nabi2 tsb mrpkn utusan Allah kpd manusia, supaya manusia HANYA menyembah kpd Allah SWT.
      Allah SWT jg sangat mencintai Nabi Isa a.s, dan nabi Isa a.s tidak lain hanya seorang manusia & nabi yg dilebihkan oleh Allah SWT bbrp derajat dengan izin Allah SWT. contohnya, nbi Isa a.s dpt brbicara ktika msh bayi, dpt mnghidupkn org mati, dpt mmbwt burung dr tnh, dpt mnyembuhkan org brpnyakit kusta,,, namun smw hal tsb terjadi atas kehendak Allah, BKN kehendak nabi Isa as sndiri..

  47. kata Orang semua agama sama….?????? Bohong…..
    Injil adalah wahyu dr Tuhan ,
    sedangkan yang lain cuman ciplakan saja….
    Jalan Keselamatan Hanya melalui Isa Almasih….
    sedangkan yang lain cuman ngomong doank…..
    Jesus is The only God ……..

    • anda percaya sama isa almasi ,..apaka anda suda menjalani seperti yang dia jalani ,..
      isa almasi diangkat kelangit ketika dia masi perjaka dan belum menika ,.dan saya tanya lagi untuk domba domba kristen yang kesasar ,,mengapa kalian menikah sementara tuhan kalian aja gak kawin ,, dan bahkan tidak ada tatacara menikah dari nya ,, semuakan ahanya akal akalan paus

    • Iya, injil adalah wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kpd Nabi Isa Almasih. Kami umat Islam mengakui adanya Nabi Isa Almasih putra Maryam yang merupakan perawan suci (karena selama hidupnya TIDAK pernah trsentuh laki2).
      sesungguhnya PENCIPTAAN nabi Isa almasih yg TANPA ayah, amat mudah bagi ALLAH SWT, seperti halnya penciptaan Nabi Adam as, yg tanpa Ayah & Ibu.

  48. Pemeluk Agama tidak perlu dibahas jumlahnya mau banyak atau sedikit yang penting kualitas moralnya, gimana kita bilang bener jika Negara kita sebagai penganut muslim terbesar dunia tapi ; koruptor kian jadi, daging sapi gelondong, ikan diformalin, tikus dibuat bakso, timbangan dikurangi. Apakah itu kebenaran yang kita banggakan. SEHARUSNYA KEBENARAN ITU DICERMINKAN DARI PRILAKU DAN MORAL YANG BAIK ( CONTOH YANG BAIK ). Sekolah dan guru yang baik pasti menghasilkan murid berkualitas baik.

  49. Bargahum smolensk makenchurrrr!!!!

  50. beda pendapat gak ap-ap….
    tpi jgan nyolot gtu donk…….

    isa bukan lah tuhan jika dia tuhan ngapa juga dia mau mau di siksa……. n kenapa dia tidak menyembah dia sendiri?????? malah ad yang lebih berkuasa dari dia????
    Allah itu adalah tuhan semesta alam…..
    mukzijat itu ad banyak bung….
    jgan lu hnya menggemborkan isa aja lah…..
    Nuh a.s (bkan yahudi) musa a.s dll banyak yg dpt mukzijat apakah mereka tuhan gak kan?????

    loe tw kan yang membunuh nabi Isa a.s itu sapa???
    itu adalah kekaisaran roma bego…
    setelah Isa dan murid murid nya dead ….
    kekaisaran roma n bangsa yahudi mengubah nya(injil) yang menurut mreka tidak sesuai dgn pandangan mereka…
    dan mereka buat catherdal d roma tw ap tu…..
    knpa bkan d yerusalem kn???
    mka nya jgan bego dech…. islam tu lahir d mekah ea berjiarah nya d mekah dong…. bukan nya d hongkong….
    gak kya loe…
    n tentang perperangan sekarang antara 2 agama besar d dunia….. itu adalah peranakan dari perang salib loe tw gak yang nyerang duluan tu sapa???
    itu adalah kerajaan kristen d eropa yang tak mau wilayah nya terenggut islam…. karna islam agama yang benar dan misalkan penduduk dari negara jajahan mereka (seperti israel n dll) masuk islam pasti gak akan orang orang pergi ke roma…!!!!!!!
    karna d serang terus kerajaan islam d timur tengah dak tahan ea mereka serang balik seperti perintah yang ad d alquran (jihad, n jgan brpndgan bruk pda jihad, bca d surah albaqah d stu byak cerita ttg d ats) jihad itu hampir sma dgn prinsip kesatria templar…..

    n satu lagi pertanyaan gue k loe loe pada…

    apakah tuhan itu layak punya anak..??????
    n apakah layak dia serupa seperti manusia yang hina ini??
    misalkan kw seorang pembuat kursi apakah kw mau sperti sebuah kursi n untuk apa juga tuhan capek capek turun k dunia untuk d siksa oleh ciptaan dia sendiri?????
    yang kta nya tu menghapus dosa loe pde…

    tuhan gak sebego loe kali….
    mka nya krna itu tuhan(Allah menurunkan perantara pembenaran akan ada nya tuhan(Allah) n hari akhir pda nabi nabi n mengapa tuhan menurunkan isa ke bangsa yahudi krna sebelum nya musa juga telah dturunkan kitab n bangsa yahudi menyelewengkan nya… dan isa pun begitu… oleh karna mereka(yahudi) menganggap mereka orang pilihan tuhan karena dari mereka banyak lahir nabi nabi…
    bkan nya begitu bung tuhan menurunkan nabi nabi karna loe loe pda banyak yg nyimpang setelah kematian nabi nabi sebelom nabi yg lahir…
    oleh krna itu tuhan menurunkan Muhammad s.a.w n alquran dari arab ketrn nabi ismail… ea lw d trun d bangsa yahudi ea d seleweng kan lgi.. oleh karna itu juga gak kn ad nabi nabi lgi karna alquran tidak akan pernah d seleweng kan umat muslim…

    lw menurut mu pastilah agamamu benar…
    aku jga prcya tapi itu sudah bnyak d rubah….
    mka nya keluar agama bru sebagai penyempurnaan..(ISLAM)

    n 1 lagi dri mna dtang nya kta yesus itu??
    yg sebenarnya isa??
    kya game d ps aja GOD OF WAR…????

    ALLAHHU AKBAR….

    mgkn sma dgn haleluya x ea??????
    hahahahahaha

    • SORRY ADA-AM,ada banyak agama didunia tp cuma 3 agama samawi didunia, kristen,islam dan yahudi punya latar belakang dan sejarah yg 99% sama,perbedaan kultur,perkembangan zaman beda pendapat terlebih kehendak TUHAN yg membuatnnya seperti skrng ini,saya mempelajari beberapa sejarah agama2 muslim,kristen,dan yahudi sebenarnnya punya hubungan erat dlm sejarah perkembangannya,dan mungkin utk semua para coment, sebelum berargumen hendaknnya kita belajar dulu apa yg kita bahas dimasing2 pihak, jangan anggap diri sendiri benar,saya percaya baik muslim,kristen,yahudi, skrng mungkin2 masing ada disurga, agama bukanlah yg mengantarkan kita pada surga,tp kepercayaan kita dan siapa yg kita imankan itulah yg membawa kita kesana krna pada awalnya bumi diciptakan TUHAN tdk menciptakan agama tp dia perkenalkan dirinnya pd ciptaannya itulah keyakinan sebenarnnya. kalau saudara merasa perlu membela TUHAN saudara itu tdk perlu krn TUHAN saudara lebih dari mampu membela dirinnya sendiri.

  51. saya sebenarnya HERAN ma orang kristen, kenapa sich mereka begitu bencinya sama Islam sampe ngatain yang seharusnya tidak boleh…..

    katanya Kristen adalah agama kasih sayang nya tuhan jesus….
    tetapi kenapa malah kebencian yang keluar dalam hati….??

    saya mo tanya ma orang2 kristen , adakah di dalam perjanjian baru itu untk mengajar kebencian ??

    Ok klo benci ma Islam, tapi beri alasan yang jelas yang masuk akal…Tapi jangan benci karena seperti sudah DI DOKTRIN ??

    Hal seperti itu bukanlah sidaf manusia yang berakal.

    • itu mah masing2 pribadi aja bukan krna doktrin/kekristenannya, kadang sesuatu pasti ada asal muasalnya, masing2 kita yg marasa lebih waras ckp keluarkan kata2 perdamaian dan positif saja menyikapinnya.

    • pa gk malu pny tuhan telanjang….tuhan gk sanggup beli baju

  52. eh, cerita2 tentang injil dan alquran. aku punya pengalaman menarik kali. ada orang kerasukan jin (jahat). temanku yang pendeta bacakan injil. syeithan nya(jin jahat) biasa aja,tak bergeming. lalu temanku yang satu lagi ustadz, bacakan Alquran, syeithan (jin jahat) menjerit-jerit kepanasan.akhirnya keluar. cobalah, aku pernah lihat langsung ! barangkali bisa jadi salah satu bukti dialog kalian. entah cemano itu…

  53. waduh2..
    kenapa nieh pada ribut??
    gak perlu saling menjelek2an agama juga kali..
    yg kristen nieh terutama, bener tuh kata’a kristen agama kasih sayangnya tuhan jesus??
    tpi ko perkataannya bgtu banget yah??
    astaghfirullah..
    klo emang kitab kalian paling bener gak perlu membakar kitab lain juga kali..
    waduh takut kitab’a di saingin yah?
    kasian banget..
    sabar yah..
    klo ngomong di fikir dulu pake otak jngn cuma mentingin diri lu2 pada yah, klo mau tau agama apa yg bener, lu tnya sama hati lu pada, apa iya lu nyaman di agama lu??
    lu semua tuh pertama lahir dari agama islam, tpi krna kebodohan lu pada aja, yg gak tau apa2 tpi sok tau dan sok bener dan sok mendeskriminasi agama lain, klau pnya dendam kesumat yo mbo ditahan saja, agama yg penuh kasih sayang gak kyk bgtu mas..
    legowo..

    Untukmulah Agamamu dan Untukkulah Agamaku..
    santai saja yah..
    tidak perlu harus pakai otot, kasian keyboard’a bisa rusak nnti, kan sayang banget tuh.. :)

  54. buat smua’y,,?dlam stiap agama pasti terkandung nilai2 yg baik dan luhur,baik tu agama islam,kristen,hindu,budha,atau yg lainya pasti selalu mengajarkan tentang indah’y kbersaman,kita semua ni manusia dciptakan oleh yang maha kuasa bkan utk sling menjatuhkan,melainkan saling tolong menolong,karena pada dasarnya kita tercipta sbgai mahluk sosial,yg selalu membutuhkan satu sama lain,klu dlam islam da istilah arrohim,dan kristen da islilah kasih,tu mrupakan satu bentuk penafsiran yg hrus kita lestarikan, jika kita selalu mengedepankan perbedaan maka kita akn selalu dikuasai nafsu setan,tp klu kita mngedepankan kasih sayang sbgai ssama manusia pasti akn trcipta k’indahan dan perdamaian.karena kita adlah manusia bukanlah hewan…….!

  55. huahhh… pd ribut soal agama.. ngak malu sama gw apa ya hahahahaha

  56. dan sampai saat ini gw bingung masi aja ada blog sampah yg di buat untuk menghujat agama lain… dan gitu di bales .. dan di bales lagi dan akhirnya sampai kiamat juga ngak bakal ketemu ….. mending pd ngaca deh dah bener blum sikap kalian…. merasa diri dewa sedang baca buku agama cuma 1 doank dah buat blog sampah yg suka ngehasut para orang2 bodoh (dah kaya domba jaman belanda kalian yg ribut)… mending kaya gw nehhh semua buku agama gw baca jadi gw tau semua ajaran2 agama2 yg kalian yakini…. tanpa gw gembar gembor bwat blog sampah kaya gini…. krn keyakinan tu untuk di yakini bkn untuk di perdebatkan

  57. berbagai cara dan berbagai jalan mereka memuja-Ku ..kujadikan keyakinan mereka menjadi mantap bagi mereka yang mau menjalankanya …manusia merupakan mahluk yg paling mulia di antara ciptaan-Nya …krn mmpu mebedakan mana yg benar dan man yang salah ( wiweka ) tapi tatkala mereka sudah mulai sombong ,dengki,iri hati,meras paling benar,paling tingi statusnya,paling sempurna , paling tinggi derajatnya,,, saat itulah ternyata manusia itu paling hina dari seekor binatang ……binatang aja masih punya cinta kasih … knp manusia tidak …SIAPA YANG MERASA PALING SEMPURNA ,SIAPA YANG MERASA PALING HEBAT , SIAPA YANG MERASA DIA LAH YANG PALING SUPER DARI SEGALA – GALANYA …BELUM TENTU DIA BISA MELAWAN ALAM …( tsunami, badai , topan , gunung meletus, gempa bumi ) adakah yg bisa melawanya … mana katanya yang sok suci , sok sembhyng , sok bicara agamais,,, telan juga d hantam tsunami . d sapu lahar gunung merapi,,,cobalah kita merenung kawan …berjalanlh d jalanmu,,,toleransilah,, ( TUHAN SUDAH MUAK DENGAN MANUSIA2 PICIK ) kamu adalah aku ( aham brahma asmi ) = semua umat manusia adalah sama

  58. Tahukah kalian
    Tuhan Kristen = Allah (Tuhan Islam)(Tuhan Orang Yahudi)
    Yesus = Nabi Isa Almasih
    Maria = Maryam
    Jadi barangsiapa menghina Yesus Kristus adalah menghina Nabi Isa Almasih

    • Kawanku, jangan ribut karena itu tiak baik. Jangan emosi karena itu tiak sopan. Tuhan mengasihi semua umat manusia. Tuhan Jesuspun amat mengasihimu sekalipun engkau telah menghinaNya dengan kasar.

  59. Mari tengok diri masing masing, apakah ucapan kita ungkapan kita udah sesuai anjuran sikap yg di anjurkan oleh agama atau kepercayaan yang kita anut.Sikap yang baik itu sesungguhnya yang membuat agama kita di akui baik oleh seagama atau antar agama. Ajaran benci kepada agama lain itu tidak ada.Lalu kita liat kedalam kok ada rasa benci ya di hati kita.klo itu terjadi kita yang tersesat berpegang agama.klo memang kita baik relakan orla menghina agama kita relakan klo ada yang berusaha menhancurkan agama kita.Kan kita yakin ni klo tuhan kita itu maha hebat.tanpa bantuan semua manusia sedunia amat enteng mengatur alam semesta.Klo kita bener di hina rela maka tuhan yang tidak rela ciptaannya di hina.Tidak dalam porsi saya menilai hati yang baik dan benar.Yang benar yang bisa membawa lisan dan hatinya untuk menyayangi dan melindungi.Bagi yang islam nabi kalian melindungi kaum kafir yang zimni( tidak menyerang).klo ada yang menyerang wajib mempertahankan.Bagi yang kristen kalian jalani ajaran yang di anjurkan alkitab.klo ada perintah atau doktrin yang tidak sesuai alkitab harus di tolak. Bagi yang hindu budha atau yang lain semua ajaran agama mengajarkan kebaikan.mari kita eratkan persaudaraan antar agama.semua boleh merasa agamanya paling baik karena kalau merasa kurang baik pastipindah agama.dan semua pasti tidak rela pilihan terbaik kita di lecehkan orla.maka ajaran agama kita tidak mengajarkan pelecehan terhadak orla baik se agama atau antar agama.Klo yang saya amati yang merusak citra agama itu sesungguhnya pemeluknya sendiri.Ungkapan yang kurang bijak makin menunjukkan pada orla siapa kita dan sepatuh apa kita dalam beragama.Ungkapan yang kurang bijak itu menyakiti orla,kalau mau agama kita di peluk agama yang lain adalah tergantung bagaimana kita bersikap.Saya ambil contoh orang baik satu di jutaan manusia lebih penting dari pada org biasa yang sejuta.Agama tidak melihat kuantitas tetapi kualitas.Klo tak ibaratkan lampu semilyar mati lebih berguna satu lampu kecil yang masih nyala. karena yang 1 milyar tidak kan pernah mampu menerangi. namun satu lampu kecil bisa jadi penuntun 1milyar manusia.Yang banyak di larang sombong yang sedikit di larang minder,di hadapan tuhan laku kitalah yang menuntun jalan kita, klo baik menuntun kita ke surga kalo buruk menuntun kita ke neraka.Nah kita pilih jalan kita tanpa mencela dan menyalahkan pilihan org. Warna hidup itu mesti banyak pilihan.sama halnya seandainya di dunia ini cuman ada satu macam buah duren misalnya. pasti yang suka pro dan yang benci kontra dan bilang tuhan tidak kreafik. Demikian sahabat dan salam buat semua.

    • Setuju. Buat apa ribut dan saling serang. Tuhan sedih melihatnya. Lebih baik, kerja, ibadah, doa dan mengasihi sesama manusia. Imanuel,

  60. AGAMA ISLAM ADALAH AGAMA YANG DIRIDHAI OLEH ALLAH SWT
    BAGIKU AGAMAKU BAGIMU AGAMAMU…
    SEHARUSNYA KITA HIDUP BERDAMPINGAN DAN SALING TOLERANSI.

    ASTAGFIRULLAH ALADZIM… YA ALLAH .

    • Benar itu. Tuhan memberkati dan mengashimu selalu. Amin.

  61. teman2 pengikut Kristus yg saya hormati. sebagai Kristen saya minta tolong anda untuk tidak menghina agama Islam. mereka yang Muslim bisa sakit hati karena hal itu, dan ujung2nya malah menimbulkan kebencian. lagipula, penghinaan seperti itu terlihat sangat memalukan.

    saya pikir, Yesus sendiri akan sedih jika melihat pengikutnya melakukan tindakan tidak terpuji yang juga tidak sesuai dengan ajaranNya. bukankah kita diajarkan untuk mengasihi sesama manusia. jika anda dilempar kampak, saya pikir anda sudah tau harus membalas dengan apa. jika pipi kanan anda ditampar, saya juga yakin anda sudah tau harus melakukan apa.

    lagipula, Yesus juga akan tetap mengasihi orang yang membenci Dia. jika Yesus saja bisa bermurah hati terhadap orang yang menghina Dia, lalu mengapa seorang Kristen bisa menebar kebencian karena mendengar hinaan terhadapNya?

    • mantap……ok…..Peace…..

    • Mantap. Orang Kristen harus jadi berkat, karena hal itu merupakan ajaran Tuhan Jesus. Kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri. Ampunilah sesama manusia. Jangan kasar, jahat dan saling menghina. Tuhan Jesus Memberkati dengan limpah.

    • setuju gan…………

  62. Sunggu hina kalian yang beragama kristen ,.. segala sesuatu kalain ukur pakai materi ,dikarena kan amerika negara kaya ,..terus mentah mentah kalain bela ,.. katanya kristen cinta kasi ,..dimana cinta kasi nya ,..apakah kalian tidak taw diarab apayang terjadi dan perbuatan siapa ,dengan senjata fitnah..
    coba kalian renungkan bangsa indonesia ini miskin jkarena siapa,..
    Sunggu kalain agama ,,yang sangat hina .,,..semoga kalian diberi rahmat agar secepat ya tobat,..Amin Y ALLAH

    • Kawanku yang baik. Jangalah kita saling menghina. Itu tiak penting dan tidak disukai oleh Tuhan. Amerika memang mayoritas Kristen, tapi kejahatan o
      “orang-orang Amerika”., melukai hati Tuhan. (Tidak semua orang Amerika). Tapi mari kita urus hati kita dengan baik, jadilah tenang, sabar an pengampun. Tuhan Jesus Mengasihimu, apapun agamamu.

  63. Ada hal yang harus diluruskan tentang Kristen dimata umat islam. Kristen tidak pernah mengajarkan Kebencian.Apalagi membenci umat lain, solidaritas umat kristen sangat tinggi. Tidak pernah umat kristiani mengebom atau menjadi teroris. Tidak pernah bertantangan dengan agama lainm seperti hindu, budha, tionhoa atau agama lainnya. Hanya agama islam yang terlihat tidak suka dengan umat Kristen, selalu ada setiap natal terjadi pengeboman digereja oleh umat islam, bahkan oleh uztad.
    Umat islam buka mata hati kalian, saya yakin banyak yang merasa Ajaran kristen lebih baik. Demi kedamaian negri dan dunia.

    • demi kedamaian negeri dan neraka y bung!!! sadar bung jng tidur dlu tanya thue ame tuhan lhoe mana yg benar! terserah org donk mw agama ap? lagian jng menghasut sm kyx iblis lhoe!!!!!!!!!! lhoe tw TUHAN lhoe thue benci kyx gitu! coba aja lhoe pikir klw kristen lebih baik knapa byk org kristen yg mencaci tuhan kami!!!!!! hah kta’y org kristen bijaksana! ternyata asli’y BEJAT ,MUSRYK ,MUNAFIK ,PENGHASUT/SETAN ,GA TW DIRI ,DAN GA PUNYA RASA HORMAT!!! SADARLH DAN BUKA MATA ISLAM LH YG LEBIH BAIK LW GA PERCAYA ,BUKTIIN PAS KIAMAT NANTI!!! TANYA SAMA NABI ISA YG BENAR! YESUS LHOE THUE PALSU TW!!!!!!!!!!!!!

    • Betul itu kawan. Ke-kristenan menurut ajarannya, tidak menyebut Islam itu salah. Kalau kebetulan teroris itu agamanya Islam, pasti si teroris salah terjemahkan perjuangan islam itu sendiri. Dalam ke-Kristenan yang benar, si terorispun harus di ampuni oleh si Krsiten. Bahkan si Kristen berkewajiban berdoa pada Tuhan Jesus agar si teroris diampuni dosanya dan bertobat. Jesus cinta segala bangsa.

  64. horeeee seruuuuu masing-masing membela keyakinannya dan membenarkan ajaran nya tapi apakah kita2 menjalankan agama kita dgn sebenarnya ????? bukan kah akhir perjalanan kita dimuka bumi ini adalah kematian yang pada akhir nya akan menghadap kepada apa yg kita yakini berdasarkan agama dan keyakinan nya pada saat kita dimuka bumi pertanyaannya sudah berapa banyak amal ibadah yg kita miliki
    sholawat

  65. Agamanya semua baik, yang bikin jelek itu justru penganutnya karena semua agama ajarannya baik namun mengapa setelah berdampingan jadi tidak baik.Karena masing2 tidak bisa membawa hatinya sehingga mulutnya di pinjam utk mengungkapkan perasaannya.Adakalanya yang bahaya di pemuka atau tokoh agama ini terbawa oleh kebencian hatinya dgn pemeluk agama yang lain, maka ketika menyampaikan dakwah atau orasi atau pandangannya di tuntun oleh hatinya yang benci dgn pemeluk agama lain, maka yg terjadi pengikutnya tanpa berfikir luas panjang ikut aja apa tokohnya dan lupa cros cek kitab yang kita punya. Saya tidak menyalahkan semua perdebatan karena setiap perbedaan pasti ada manfaatnya klo kata islam ada hikmahnya.Dari perbedaan pandangan kita, kita bisa melihat di diri masing2 apakah benar yang kita lakukan sudah sesuai kitab yang kita banggakan.atau apa laku kita sudah sesuai dgn prilaku nabi yang kita jadikan rujukan laku.Wahai umat islam mana rahmatmu buat alam semesta, mengapa laku kalian tidak menunjukkan rahmat buat agama yg lain,mengapa kalian seagama juga masih belum bisa rukun dan damai, terutama bagi yang aliran keras, prilaku kalian itu dimata umat manusia justru menghancurkan nilai agama kalian di mata agama lain menegakkan agama tidak dgn cara kekerasan atau teros bom,jihat tertinggi menurut agama kalian itu justru jihat memerangi hawa nafsu,bukan agama lain.Wahai kaum kristen atau katholik bukankah agama kalian menonjolkan ajaran kasih,mana rasa kasih kalian kepada yang beda pandangan.E maaf aku tidak komentar sama hindu dan buda karena dia tidak terlihat terdengar baik di media atau tv mengganggu agama yang lain, dia duduk di hatinya masing2.Saya pernah menyampaikan yg menghinakan agama ya pemeluknya sendiri, namun sering mencari kambing putih.

  66. agama itu cuma buatan manusia.
    gak bener agama itu, buat kalian sesat aja. gak masuk akal agama itu : yang laut terbelah lha, yang bisa bicara dgm binatang, yang datang malaikat, yang jatuh batu dari langit.
    cerita anak-anak tuh cocoknya

  67. mari tinggalkan kebodohan.
    hidup atheis.

  68. islam adalah agama ngak benar. krn islam xlalu mengajarkan umatx saling mengejek agama orang lain yg tdk berdosa maka dr tuch saiia pindah agama saya tdk mw mzk islam lg agama islam agama kafir……di atas segala agama d dunia…

    • anda tidak menyadari bahwa yang kafir sebetulnya itu Anda……………..

      • Anda memang termasuk orang2 yang ketipu dan sial and apes.atau mungkin udeh turunan kali ye. taunya sedikit bicara ngawur. ! Udeh pendeta2nya ketipu paulus, pengikutnya pengikutnya….ya sesat.

  69. .Agama yang benar itu diambil dari bukti dan isi kitabnya… Al-Qur’an itu sudah menerangkan Kitab2 yang lain. Dan Agama Islam adalah agama yang MENYEMPURNAKAN ajaran agama dalam kitab2 sebelumnya… Walaupun kita beragama berbeda-beda semua diajarkan untuk hidup DAMAI dan harus percaya TUHAN. AGAMA yang dianut masing – masing yang berbeda itu BENAR. hanya saja Belum Sempurna. Oleh karena Muhammad datang mengajarkan Agama Islam dan AL-QUR’AN sebagai penyempurnaan dan kebeneran agama di bumi ini. Bukti ISLAM adalah AGAMA yang SEMPURNA ada di dalam ayat didalamnya.(Bisa kalian buka sendiri Alqur’annya).. AGAMA LAIN ITU BENAR, TETAPI AGAMA YANG PALING SEMPURNA adalah ISLAM… Allahu Akbar…

  70. sesungguhnya islam telah menjawab dengan Al-quran saat kita kata-kata pertama dalam membacanya adala Bismillah dan diakhiri dengan alhamdulillahirabbil alamin Islam berjaya……Allahu Akbar

  71. Semua pandangan itu tergantung di otaknya di isi apa oleh diri dan lingkungannya. Ada yang milih ateis monggo ada yang milih islam monggo atau milih kristen budha hindu atau yang lain.Namun klo kita tengok kesimpulan kita kadang sempit gara gara kita menutup diri oleh informasi yang baru kita dengar atau kita lihat.Setiap kita di bebaskan memilih keyakinan masing masing, namun keyakinan kita sangat tidak bijaksana klo kita paksakan buat orla untuk mengikuti yang menurut kita benar.Contoh sederhana klo kita lahir di lingkungan yang keras pasti membentuk karakter kita keras walau ada juga yg tidak.Tidak memilih beragama juga demikian karena kecewa dgn org yang beragama tapi menghianati kita,maka muncul tekat gak bergama gak pate en.Setiap agama mengajarkan kebaikan yang tidak mengajarkan kebaikan itu justru penganutnya.Agamanya tidak salah penganutnya yg membuat keadaan jadi bertentangan.Klo kita fair org ateis itu pasti org yang kecewa.Adakah ajaran ateis itu adakah panduannya adakah tuntunannya. Yang ada adalah kebebasan melakukan sesuatu yg menurut diri benar.Namun di pastikan banyak mengganggu kepentingan org lain. Contoh klo tidak ada aturan agama maka tidak ada sedekah tidak ada toleransi tidak ada peduli tidak ada kebaikan buat org lain. Klo org beragama ada yang sangat mengecewakan kita itu adalah personnya atau kelompoknya.Coba deh sama sama kita liat adakah didalam kitab mengajarkan keburukan.Saya yakin klo agama ini tidak ada pasti kejadiannya jauh lebih buruk.Contoh lagi apapun lembaga atau departement itu semua aturanya baik namun yg tidak baik adalah pelakunya. Kita sangat tidak bijaksana bila kita menilai di agamanya. Klo islam kristen katolik ata hindu dan budha serta kepercayaan itu yang tidak baik pasti manusianya.Klo yang ateis pilihan terbaik tunjukkan dong sikap yang baik bukan ucapan yang gak nyaman yg keluar. Atau kalau agama yang kita yakini baik sampaikan dong kebaikan itu melalui lisan dan hati kalian yang di tuntun oleh ajaran kalian.Mengapa kalian bilang agama kalian paling baik kok justru ucapan kalian kurang baik buat agama lain.Coba deh yang ateis pake hati.yg islam kristen budha hindu pakai kitab kalian.mengapa pake emosi kalian.keadaan bukan makin baik tapi makin jelek.Setiap agama mengajarkan kebaikan mengapa kalian mengajarkan permusukan.Apakah dgn permusuhan hidup kalian lebih tenang damai. Pasti tidak.mengapa saling menyakiti klo kedua2nya saling sakit.Agama itu pasti hubungan diri dan penciptaNya.agar bisa bergaul dgn baik.Bagi yg ateis siapa yang menciptakan janin. Coba liat ibu dan bapak kalian hanya menyalurkan hawanya, tau tau jadi kalian, pernahkah ortu kalian bilang sekarang buat kaki sekarang buat telinga sekarang buat jantung.Tidak sangat tidak,kalian terlahir atas kehendak pencipta.Coba liat lagi apa kalian merasa menumbuhkan rambut dan lain2. Dan kalian pasti bilang automatis. Coba deh kita liat adakah dunia ini yang automatis pasti tidak ada. Pasti di otomatiskan.Contoh jam automatis itu pasti di program. Lantas kita jantung automatis tentu ada yang buat otomatis.Mengapa kita menutup diri dgn kenyataan yang kita liat.Sudah sangat keraskah hati kita.Coba liat lagi siapa yang bangunkan anda dari tidur.Sedang dokter sedunia tidak bisa menyadarkan manusia dari komanya.

  72. Coba lika liat di jalan aja kalau tidak ada rambu atau lampu merahnya semua pake aturan masing2. pasti dimana2 terjadi kecelakaan.ketika kita taati aturan lalu lintas bukan berarti bebas kecelakaan namun sangat berkurang.Nah itu funsi agama memberi rambu2 yang merah atau hijau. Contoh lagi klo tidak ada aturan agama anda suka dgn anak cantik terus kita menuruti hati kita di pastikan merugikan banyak fihak.iya klo memang sudah profesi sih itu nggak papa.Contoh di masyarakat mau ngurus pasfor misal klo kita tidak patuhi syarat dan aturannya pasti tidak dapat pasfor yg kita harapkan.Hidup ini butuh orla dan butuh pencipta.Setiap bangsa butuh bangsa lain.tidak boleh pakai aturan sendiri walau merdeka.

  73. Coba dihayati dulu keaslian injil baru percaya sama Kristen.. Injil sekarang sudah diubah ubah manusia sesuai kebutuhan dia…. makanya marthin Luther mendirikan agama baru (protestan).. banyak ahli /pemikir yang dihukum mati karena menemukan hal2 tentang ilmu yang bertentangan dengan dengan injil yang sudah diubah sesuai selera oleh gereja.. masihkah kau saudaraku umat kristen percaya dgn injil yang menjadi pedoman hidupmu .. bertobatlah keluar dari kristen sebelum terlambat… KEPADA SAUDARAKU PAUS,PENDETA ATAU YANG LAIN BERIKAN INFORMASI YANG BENAR TENTANG KEIMANAN JANGAN MENJERUMUSKAN UMAT.. apa ya tuhan waktu disalip tak bisa membela diri.. bagaimana dia bisa mengatur alam yang begitu luas.. membela dirinya sendiri saja tak mampu… wass

  74. Memang kalo kita bicara masalah agama tak kan ada habisnya, tetapi setidaknya harusnya kita kita gunakan akal sehat.. tak mungkin BAPA punya anak pasti repot mengurus anaknya/tentu saja selain maria.. Tuhan(Yesus) waktu dibunuh ( disalib) dalam keadaan telanjang kok juga diam saja ..paling tidak khan BAPA nya harus nolong dong,lagian mana mungkin dia bisa nolong kalian ( kristen), menyelamatkan dirinya sendiri saja gak mampu.. Dan banyak sekali yang sangat bertentangan dengan akal sehat.. INI SEMUA AKAL2AN GEREJA (GEREJA MACAM2 LAH, KATOLI,PROTESTAN, ORTHODOK,ANGLIKAN DAN BANYAK LAGI YANG LAIN) UNTUK MEMBOHONGI KALIAN… cepat saudara-saudaraku cepat keluar dari agama kristen sebelum tersesat lebih jauh…. itu adalah ajaran yang paling pokok tentang ketuhanan..

  75. gua merasa Bahwa saat ini Agama kristen lah agama yang paling terbesar Dunia Hampir semua daratan Eropa dan Amerika penyebaran kristen sangat lah maju Namun Kita Harus Antisipasi yang nama nya propaganda karna biasanya orang di Luar sana ketika mereka melihat adanya kemajuan mereka selalu merasa irih bahkan jengkel Tapi TTP Semangat dan maju aja

  76. Semoga demikian,, Islam menjadi agaman terbesar dan termasyur

  77. agama tidak pernah dan tidak bisa menyelamatkan, yg menyelamatkan mu adalah Tuhanmu, bukan krn usahamu, bukan pula krn kebaikan, kebajikan, tapi krn penyelamatan oleh Tuhan terhadap dosa dosa manusia. maka sebagai pengikut Kristus ada harga yang harus dibayar, menjadi pengikutNya bukan hal mudah, menjadi pengikutNya berarti harus siap menderita di dunia demi menopang salibNya dan menyebarkan kabar keselamatan itu. Tuhan itu baik dan maha baik, Syalom

  78. Bagiku agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu,,,,

  79. menarik juga… hhe..

  80. ALKITAB & AL-QUR’AN BERBICARA
    TENTANG KEHANCURAN KITAB SUCI INJIL

    Orang Kristen seringkali menyebut kitab-kitab kanonik di dalam Alkitab/Bible seperti Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes dengan sebutan Injil. Namun demikian, apakah kitab-kitab tersebut benar-benar merupakan Kitab Suci Injil yang diturunkan oleh Allah dan diajarkan oleh Nabi Isa/Yesus kepada umat Israel?

    Keterangan dari ketiga kitab kanonik tersebut (kecuali Yohanes), yang kemudian dikenal dengan sebutan kitab-kitab sinopsis karena seringkali berisi cerita yang sama tentang Yesus, memberikan penjelasan yang sangat terang berikut ini (cetak biru ditambahkan):

    Kitab Markus:

    1:14 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
    1:15 kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”

    1:38 Jawab-Nya: “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang.”
    1:39 Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.

    3:14 Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil

    8:35 Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya.

    10:29 Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya,

    13:10 Tetapi Injil harus diberitakan dahulu kepada semua bangsa.

    14:9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.”

    16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

    16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

    Kitab Matius:

    4:23 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

    9:35. Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

    11:1. Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.

    24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

    26:13 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.”

    Kitab Lukas:

    4:43 Tetapi Ia (Yesus) berkata kepada mereka: “Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus.”
    4:44 Dan Ia memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat di Yudea.

    8:1. Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,

    9:6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

    20:1. Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allah dan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ,

    Keterangan dari ketiga kitab yang diduga orang Kristen sebagai Injil di atas, tampak jelas bahwa Yesus ketika masih berada di tengah-tengah umat Israel mengemban misi untuk menyebarkan ajaran yang tertuang dalam Kitab Suci Injil. Tentu saja, Injil yang dimaksud oleh para pengarang kitab-kitab kanonik di atas, yang diajarkan Yesus kepada umat Israel, adalah Kitab Suci Injil yang sebenarnya. Sedangkan kitab-kitab kanonik seperti Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes bukanlah Kitab Suci Injil yang sebenarnya, karena kitab-kitab kanonik tersebut ditulis jauh setelah masa kehidupan Yesus di tanah Israel. Berikut ini daftar kompilasi kitab-kitab kanonik menurut para sarjana alkitabiah1:

    Kitab Kanonik Waktu Kompilasi

    Markus 65-85 M2

    Matius 80-90 M3

    Lukas 80-110 M4

    Yohanes 85-115 M5

    Sementara itu, Yesus diduga “disalib” pada pertengahan masa pemerintahan Pontius Pilatus, atau sekitar tahun 30 M. Asumsi ini didasarkan pada kurun waktu Pontius Pilatus menjadi pejabat gubernur Yudaea dari tahun 26 hingga 36 M.6 Pontius Pilatus konon menyerahkan Yesus kepada orang-orang Yahudi untuk disalibkan.7 Jadi, antara Injil yang diajarkan oleh Yesus dengan kitab sinopsis pertama (Markus) berjarak sekitar 40 tahun!

    Jelasnya, keterangan dari kitab-kitab sinopsis di atas membuktikan bahwa kitab-kitab kanonik yang diduga Injil itu bukanlah Kitab Suci Injil yang sebenarnya, tetapi merupakan kitab-kitab biografi tentang Yesus yang memiliki nilai seni tertentu pada masa penulisannya. Sedangkan Kitab Suci Injil yang diajarkan oleh Yesus kepada umat Israel jelasnya sudah hancur oleh sekelompok tangan-tangan umat Israel sendiri. Hal ini dijelaskan oleh Kitab Suci Al-Qur’an mengenai kebiasaan buruk Bani Israel (orang-orang Yahudi) terhadap kitab suci mereka (cetak biru ditambahkan):

    Apakah kamu masih mengharapkan mereka (Bani Israel) akan percaya kepadamu, padahal segolongan dari mereka mendengar Firman Allah, lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui? (QS. 2:75)

    Yaitu orang-orang Yahudi, mereka mengubah kalimat (Allah) dari tempat-tempatnya. Mereka berkata : “Kami mendengar”, tetapi kami tidak mau menurutinya. Dan (mereka mengatakan pula) : “Dengarlah” sedang kamu sebenarnya tidak mendengar apa-apa. Dan (mereka mengatakan) : “Raa’ina”, dengan memutar-mutar lidahnya dan mencela agama. Sekiranya mereka mengatakan : “Kami mendengar dan menurut, dan dengarlah, dan perhatikanlah kami”, tentulah itu lebih baik bagi mereka dan lebih tepat, akan tetapi Allah mengutuk mereka, karena kekafiran mereka. Mereka tidak beriman kecuali iman yang sangat tipis. (QS. 4:46)

    (Tetapi) karena mereka (orang-orang Yahudi) melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah kalimat (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (QS. 5:13)

    Keterangan dari tiga ayat Al-Qur’an di atas, yang menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi (Bani Israel) gemar merubah kalimat/firman Allah di dalam kitab suci yang diturunkan kepada mereka seperti Taurat, Zabur/Mazmur, dan Injil, semakin memperjelas fakta bahwa kitab-kitab wahyu yang orisinal tersebut benar-benar sudah hancur dan tidak dapat dikenali lagi sebagai kitab-kitab yang tunggal dan utuh. Sebutan Taurat, Zabur/Mazmur, dan Injil yang seringkali kita dengar dari mulut golongan ahli kitab (Yahudi & Kristen) untuk mengklaim kitab-kitab tertentu di dalam Alkitab/Bible mereka, sebenarnya merupakan sebutan terhadap kitab-kitab wahyu yang sudah berkali-kali dirubah dan ditambah oleh masing-masing pengarang/penulisnya. Lebih jauh, Allah tidak pernah menjamin kemurnian ketiga kitab wahyu tersebut hingga akhir masa. Ini berbeda dengan Kitab Suci Al-Qur’an yang secara tegas Allah menjamin kemurniannya hingga akhir masa (QS. 15:9). Namun demikian, melalui pemeriksaan yang hati-hati, kita mungkin masih dapat mengenali beberapa ayat tertentu dalam Alkitab/Bible yang patut diduga merupakan ayat-ayat Taurat, Zabur, dan Injil yang sebenarnya atau serpihan-serpihannya.

    Adapun klaim orang Kristen bahwa yang dimaksud Kitab Suci Injil adalah kitab-kitab seperti Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes, adalah klaim yang sangat lemah, karena orang Kristen hanya mendasarkan pada satu ayat Markus berikut ini (cetak tebal ditambahkan):

    Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. (Markus 1:1)

    Padahal, ayat-ayat Markus lainnya (berjumlah 11 ayat di atas) secara tegas menyatakan bahwa Kitab Suci Injil adalah kitab suci yang diajarkan oleh Yesus kepada umat Israel dahulu, jauh sebelum ditulisnya Kitab Markus sendiri.

    Keterangan:

    1. Harus dibedakan pengertian antara “sarjana alkitabiah” dan “penganut Kristen”. Seorang “sarjana alkitabiah” belum tentu seorang penganut Kristen, demikian pula sebaliknya, seorang “penganut Kristen” belum tentu seorang sarjana alkitabiah.
    2. A) Duncan GB (1971) B) Davies JN (1929a) C) Moffat J (1929) D) Sundberg AC (1971) E) Pherigo LP (1971) F) Asimov I (1969) G) Mack BL (1996) H) Nineham DE (1973) I) Leon Dufour X (1983)
    3. A) Duncan GB (1971) B) Sundberg AC (1971) C) Kee HC (1971) D) Leon Dufour X (1983) E) Mack BL (1996) F) Fenton JC (1973)
    4. A) Mack BL (1996) B) Asimov I (1969) C) Duncan GB (1971) D) Baird W (1971) E) Sunberg AC (1971)
    5. A) Mack BL (1996) B) Duncan GB (1971) C) Shepherd MH (1971) D) Leon Dufour X (1983)
    6. A) Josephus F (1988) B) Asimov I (1969) C) Baird W (1971) D) Duncan GB (1971) E) Leon Dufour X (1983)
    7. Markus 15:15; Matius 27:26; Lukas 23:25; Yohanes 19:16

  81. ALKITAB MENGUTUK POHON NATAL !!!

    Tidak ada perayaan Natal tanpa pohon Natal. Inilah yang saat ini dirayakan oleh orang-orang kafir dari golongan Kristen setiap tanggal 25 Desember. Padahal, sebagaimana dapat dibaca dari buku-buku sejarah, perayaan Natal dan pohon Natal sudah ada semenjak zaman dahulu kala, jauh sebelum Yesus dilahirkan. Perayaan Natal ini sesungguhnya merupakan tradisi lama dari para penganut penyembah berhala.

    Barulah pada abad keempat Masehi perayaan Natal ini diadopsi menjadi perayaan kelahiran Yesus oleh orang-orang kafir Kristen. Padahal, bukan saja tidak mungkin Yesus dilahirkan pada tanggal 25 Desember, akan tetapi, tanggal 25 Desember itu sendiri diyakini sebagai tanggal lahirnya para berhala (tuhan-tuhan buatan manusia) yang disembah oleh orang-orang kafir pada masa jauh sebelum Yesus.

    Secara tegas, Alkitab/Bibel mengutuk keras perayaan Natal dan pohon Natal, berikut petikan ayat-ayatnya:

    Yeremia 10:2-4:

    “Beginilah firman Tuhan: “Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak, orang memperkuatnya dengan paku dan palu supaya jangan goyang.”

    Jadi, Alkitab/Bibel sendiri dengan tegas mengutuk keras pembuatan pohon Natal. Mengapa umat Kristen yang mengklaim Alkitab sebagai pedoman hidupnya malah justru menodai firman Tuhannya sendiri?

  82. AGAMA KRISTEN BUKAN AJARAN YESUS

    Umat Kristen selalu mengklaim bahwa “Kristen” adalah ajaran Yesus. Klaim ini sesungguhnya tidak memiliki dasar sama sekali selain hanya angan-angan dan omong-kosong belaka.

    Pokok-pokok pikiran di bawah ini, tanpa bisa dibantah oleh siapapun, membuktikan bahwa “Kristen” sama sekali bukan ajaran Yesus!

    1. Yesus tidak pernah mengajarkan atau memberi nama “Kristen” pada misi dan tugas yang diembannya.

    2. Yesus tidak pernah memerintahkan umatnya (umat Israel) untuk sembahyang (kebaktian) di “gereja”.

    3. Yesus tidak pernah menyatakan dirinya sebagai “Tuhan Pencipta Semesta Alam”.

    4. Yesus tidak pernah memerintahkan umatnya (umat Israel) untuk menyembah dia.

    5. Agama Kristen baru benar-benar eksis setelah kanonisasi Perjanjian Baru. Sebelumnya, Kristen sama sekali belum eksis di muka bumi ini.

    6. “Kristen” adalah istilah Yunani dari kata “Christos” yang merupakan terjemahan dari kata Ibrani “Mesiah” yang berarti “yang diurapi” atau “yang ditahbiskan”. Sementara Yesus adalah seorang Israel yang berbahasa Ibrani. Jadi, bagaimana mungkin Yesus mengajarkan “Kristen” yang notabene bukan istilah bahasanya?

    7. Selama hidupnya di dunia, Yesus tidak pernah menyeberang ke negeri lain kecuali hanya muter-muter di negeri Israel. Bagaimana mungkin Tuhan hanya mondar-mandir di negeri Israel saja? Memangnya manusia pada waktu itu cuma ada di negeri Israel?

    8. “Kristen” menemukan identitas dirinya melalui propaganda Paulus Tarsus. Sebagaimana diketahui, Yesus, tidak pernah kenal, tidak pernah melihat, tidak pernah menyebut, dan tidak pernah berbicara dengan manusia yang bernama Paulus dari Tarsus.

    9. Yesus disunat, sedangkan umat Kristen tidak perlu disunat (sesuai ajaran Paulus).

    10. Yesus meninggal diberi kain kafan, sedangkan umat Kristen meninggal berpakaian pengantin (seperti meninggalnya Paulus).

    Dari pokok-pokok pikiran di atas, jelaslah bahwa “Kristen” bukan saja tidak pernah diajarkan oleh Yesus, tetapi istilah “Kristen” sendiri baru muncul puluhan tahun kemudian setelah dugaan penyaliban Yesus (Kisah Para Rasul 11:26), yakni resminya setelah kanonisasi Perjanjian Baru.

  83. UMAT KRISTEN, PEMBANGKANG PERINTAH YESUS/TUHAN !!!

    Konon, di dalam Yohanes, Yesus berkata:

    14:15. “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

    Konon pula, Yesus berkata menurut Matius:

    5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

    Setiap orang Kristen yang ditanya, “Apakah kamu mengikuti hukum dan firman-Nya?” Mereka akan menjawab, “Tidak!” Jika ditanya lagi, “Mengapa tidak?” Jika ia adalah seorang yang tidak taat pada Alkitab, maka ia akan menjawab, “Hukum tersebut sudah kuno dan dibuang. Kita hidup dalam zaman modern sekarang.”

    Setiap kali diingatkan dengan apa yang dikatakan Tuhan Yesus-nya, mereka akan mendebat dengan kata-kata dari Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, dan lain-lain. Jika ditanya, “Siapakah mereka?” Mereka akan menjawab, “Paulus, Paulus, Paulus.” Tetapi jika ditanya, “Siapakah Tuhanmu?” Mereka serentak menjawab, “Yesus!” Namun demikian, mereka akan segera membantah bahwa Yesus sama dengan Paulus.

    Tak seorang pun umat Kristen yang memperdebatkan kenyataan bahwa pendiri sebenarnya dari agama Kristen adalah Paulus Tarsus. Oleh karena itu, wajarlah apabila Michael H. Hart menempatkan Yesus pada urutan ke-3 setelah Musa dan Muhammad (Michael H. Hart [1978]: The 100: A ranking of the Most Influential Persons in History. New York, Hart Publishing Company, Inc.).

    PERNYATAAN TUHAN VERSUS PERNYATAAN PAULUS

    Pernyataan Tuhan:

    Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku. (Kejadian 17:14)

    Pernyataan Paulus:

    Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. (1Korintus 7:19)

    (Menurut Tuhan, sunat itu hukumnya WAJIB dan merupakan hukum Allah yang teramat penting. Sebaliknya, menurut Paulus, sunat itu tidak penting karena ia sama sekali bukan merupakan hukum Allah. Pernyataan Paulus inilah yang diikuti umat Kristen.)

    PERNYATAAN TUHAN VERSUS PERILAKU UMAT KRISTEN

    Pernyataan Tuhan:

    Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya… (Keluaran 20:4-5)

    Perilaku Umat Kristen:

    Membuat patung Bunda Maria, patung Yesus, patung salib, dan patung tokoh-tokoh Kristen. Sebagian umat Kristen juga memuja-muja kepada patung Bunda Maria dan patung Yesus.

    (Perilaku umat Kristen dengan membuat dan memuja patung-patung tersebut, bertolak-belakang dengan pernyataan Tuhan dalam Keluaran 20:4-5 dan Ulangan 5:8-9.)

  84. UMAT KRISTEN TIDAK PERNAH MENYEMBAH TUHAN !!!

    UMAT KRISTEN, bukan saja merupakan umat terkutuk di dunia, akan tetapi, umat Kristen juga merupakan umat yang TIDAK PERNAH menyembah Tuhan.

    Tatacara ibadah umat Kristen, sebagaimana diuraikan secara singkat di bawah ini, meski beberapa diantaranya diduga diajarkan oleh Yesus, akan tetapi, yang paling penting adalah bahwa umat Kristen TIDAK PERNAH menyembah Tuhan, meski mereka memiliki 3 Tuhan. Kasihan memang, tak satupun dari 3 Tuhan tersebut yang disembah oleh umat Kristen. Berikut tatacara ibadah umat Kristen:

    1. Menyanyi.

    Menyanyi merupakan ritual umat Kristen paling penting yang harus dilakukan pada setiap kebaktian Minggu atau kebaktian lainnya di gereja atau tempat lain. Menyanyi, bukanlah prosesi penyembahan kepada Tuhan, tetapi merupakan bentuk puji-pujian kepada Tuhan.

    2. Berdoa.

    Berdoa juga merupakan ritual penting kedua dalam ibadah umat Kristen. Sebagaimana berdoa dalam ritual umat-umat agama lain, berdoa dalam Kristen juga sama sekali bukanlah bentuk penyembahan kepada Tuhan, tetapi merupakan bentuk ritual permohonan/permintaan kepada Tuhan, sama sekali bukan bentuk penghambaan/kepasrahan secara total (menyembah) kepada Tuhan.

    3. Puasa.

    Puasa secara khusus diwajibkan kepada umat Katholik, akan tetapi, tatacara dan waktunya sepenuhnya ditentukan oleh gereja. Jelas, tatacara ini berbeda dengan puasanya umat Israel dimana Yesus mengemban misinya. Puasa ini tidak ada hubungannya dengan ritual menyembah Tuhan.

    Jelaslah sekarang, Kristen bukanlah agama yang berdasarkan Alkitab secara total, tetapi ia berdiri berdasarkan kesepakatan antara tokoh-tokoh masyarakat paganisme yang berbeda-beda pada masa lalu dengan mengadopsi surat-surat Paulus sebagai pembenarannya. Singkatnya, Kristen sama sekali tidak ada hubungannya dengan Yesus maupun Perjanjian Lama, baik dilihat dari aspek ritual keagamaan maupun sejarah kelahirannya. Karena sebagaimana dapat dibaca dalam berbagai literatur, misi dan tugas kerasulan Yesus hanyalah terbatas kepada umat Israel, sementara agama Kristen secara resmi baru menemukan identitasnya tiga abad kemudian setelah dugaan penyaliban Yesus.

    Diikhtisarkan dari artikel: Kanonisasi Perjanjian Baru, Injil atau Bullshit, Kristen Kontra Yesus, Kristen Pembangkang Yesus, Kebohongan Paulus Tarsus, Misi Kerasulan Yesus, Tugas Kerasulan Yesus, dan Kebohongan Natal 25 Desember.

  85. sebenarnya masih banyak lagi gan’ kebohongan2nya’ akan tetapi ndak saya muat karena kasihan sama keyboard ane’ wkwkwkwk kalau saudara2 semua pada butuh silahkan pelajari sendiri perjanjian lama dan perjanjian baru’ nanti akan mncul kebohongan2 dari umat nasrani berikutnya’ untuk kaum nasrani sebelum terlambat’ silahkan kalian mengucapkan 2 kalimat syahadat’ dan untuk saudara2 seiman saya pesan ane’ kalian jangan berdebat terus’ karena sudah jelas semuanya’ yang bohong siapa dan yang tidak siapa’

    • dibeberkan aja mas Hen,
      Biar Kafir2 ini terbuka mata hati nya..

  86. Kenapa ribut-2 gak jelas?
    Padahal Surga, Neraka dan bahkan Tuhan-pun nggak jelas ada atau tidak.

    Agama, Demonstrasi Kredibilitas Para Nabi

  87. Maaf pak Judhi yang koment di sini hanya orang2 yang mempunyai Agama dan bukan orang yang tidak punya Agama’ jadi benar tidaknya Agama biarlah kami yang menentukan’ karena dunia kita sudah berbeda’ anda atheisme dan saya beragama’ dan walau bagaimanapun juga anda tidak berhak koment seperti itu karena dunia anda memang sudah berbeda dengan dunia kita2 ini yang beragama’ ANDA YA ANDA DAN SAYA YA SAYA’ DAN KAMI YA KAMI’ DAN KITA YA KITA’ dan jangan jadikan saya sebagai anda’ karena itu sudah melanggar HAM’

    • - Maaf saya bertamu ke blog Pak Muhsin Labib.
      Pak Hendri apanya ya?
      - Saya SATPAM disini *SambilMelintirKumis*
      - Waduh mohon maaf pak Satpam …, saya mau jalan-jalan lagi…

  88. Jadi, mereka sembah patung..?
    wakwakwakwak…

  89. sepi …….

  90. Sudan Ada tertulis di Alkitab seluruh pengikut2 dan ksatria2 kaum KEDAR (islam) dengan panah2 dan pedang mereka.suatu saat Akan musnah Dan hanya sebagian kecil saja yg tersisa.Lambat laun Akan habis..Memang Inilah away kebangkitan Islam.Umat agama ini semakin pesat pertumbuhan Nya.Tapi pada saat Nya nanti Lambat laun meerkat Akan habis.Kenapa ? Karena Memang sudah Ada tertulis di Alkitab selain itu ya Karena ulah sesama mereka sendiri yg saling perang seperti Syrian Dan sunni Dan ahmadiah…Lg pula para mualaf yg baru masuk Islam tidak Akan secara instan memahami seluruh isi Dan arti Dari alquran mereka.Ya maklum tulisan Nya saja bahasa arab.Ya walaupun qurannya Ada terjemahannya.kebanyakan sudah di ganti atau dirobah kata katanya Dari tahun ke tahun.Dan lg pula menurut Orang Islam hanya membaca

  91. Sudan Ada tertulis di Alkitab seluruh pengikut2 dan ksatria2 kaum KEDAR (islam) dengan panah2 dan pedang mereka.suatu saat Akan musnah Dan hanya sebagian kecil saja yg tersisa.Lambat laun Akan habis..Memang Inilah away kebangkitan Islam.Umat agama ini semakin pesat pertumbuhan Nya.Tapi pada saat Nya nanti Lambat laun meerkat Akan habis.Kenapa ? Karena Memang sudah Ada tertulis di Alkitab selain itu ya Karena ulah sesama mereka sendiri yg saling perang seperti Syrian Dan sunni Dan ahmadiah…Lg pula para mualaf yg baru masuk Islam tidak Akan secara instan memahami seluruh isi Dan arti Dari alquran mereka.Ya maklum tulisan Nya saja bahasa arab.Ya walaupun qurannya Ada terjemahannya.kebanyakan sudah di ganti atau dirobah kata katanya Dari tahun ke tahun.Dan lg pula menurut Orang Islam hanya membaca Quran Nya saja tanpa mengerti arti Nya pun itu sudah Ibadan Dan berkah..Padahal mungkin yg pas dibaca ayat Qurannya artinya membunuh orang kafir disekitar mu atau penggal kepalanya.atau nikahi budak2 mu.is menjijikan.Saya mantan Muslim atau murtad.saya tau semua kebusukan Islam.ISLAM ITU ADALAH AGAMA YG PALING SOMBONG,KEJAM,BODOH DAN ANEH.Sombong(mereka menyebut non Muslim dengan Istilah kafir,apa agama lain Ada Istilah untuk Islam ?),KEJAM(Ada banyan tertulis ayat di Quran tentang mengharuskan membunuh orang kafir,atau meminta jiyah(uang keaamanan)kepada orang kafir,Kawin cerai bebas Aja,Kawin sirih pun bisa,menikahi anak dibawah umur pun boleh,Taunya suka tawuran atau ribut2 sambil teriak aulohwakbar,sambil bawa pedang.dll)BODOH(Maunya di tipuin AMA Muhammad disuruh nyembah nungging2 5 Kali sehari.doa pair TOA bikin polusi Suara Aja,emang Tuhan budeg apa ya,Disuruh naik haji ke mekkah untuk keliling2 kaabah(berhala berbentuk kotak Hiram yg mengerikan) Dan mencium Hajar ashwad(batu yg mirip vagina perempuan).Aneh(kok mau2nya ya dibodohin AMA Muhammad padahal dulu yg menyatakan Muhammad sebagian nabi utusan auloh itu ADALAH istri Nya,yg sebelum Nya Muhammad sehabis bertapa di gua hira Dan di Cekik Oleh malaikat”katanya sih,Masak malaikat se KEJAM itu,setan Kali tuh ya” Dan Muhammad langsung berlari menuju istri ya Dan menceritakan kepada istrinya apa yg telah dialaminya di gua tsb.)….Saya bukannya orang yg sok suci Saya hanya orang yg mencari kebenaran Dan jalan keselamatan.Kalau lewat muhammad Saya yakin tidak Akan selamat masuk surga,”Wong dia Aja masih didoakan ama umatnya,Bahkan Ada hadist mencertikan sebelum dia meninggal krn diracuni Oleh istrinya,dia memos on kepada auloh agar didekatkan kepada sahabat yg paling mulia derajatnya di surga yaitu YESUS KRISTUS…Harapan Saya mudah2an para Muslim mau meninggalkan Islam segera.sebelum terlambat..Syallom Tuhan YESUS memberkati kits semua Dan negri tercinta Kira ini.Salam Damai..WASSALAM

  92. bagaimana pun Kristen adalah agama terbesara di duna, islam cuman sedikit kwodonkzzzzzzz… :P

    • NAMUN ISLAM ADLH AGAMA YG BENAR! DASAR GA NYADAR HDP LHOE! MK’Y MATI LHOE BIAR TW YG SESUNGGUH’Y D’NERAKA SNA!!!!!!!!!!!!!!!

  93. yang bikin ganjilnya kenapa org kristen mau nymbah patung…!! yg tak bernyawa…..!!!!

  94. hehehehe , sekarang jaman 2012 . .
    dimana KEYAKINAN kalian ???

    ISLAM DAN KRISTIAN ITU BERSAUDARA !!!

    JANGAN MAU DI ADU AMA ORANG2 YANG GAK BERTANGGUNG JAWAB . .

    ISLAM , KATOLIK , HINDU , BUDHA , KRISTEN TUJUAN 1 . .
    SANG PENCIPTA , ALFA AND THE OMEGA . .

    KOK MAU DI ADU2 GINI . .

    SKARANG TH 2012 , BUKAN JAMAN NABI . .

    IKUTILAH , ANUTLAH , PERCAYA AMA AGAMA KALIAN . .JNGAN MENGHAKIMI AGAMA ORANG LAIN . .

  95. Bagaimana bisa Islam dan Kristen mengaku jumlah pengikutnya terbesar di Dunia?, coba saja Hitung : Penduduk dunia (2011) sekitar 7 miliar, 1,5 miliar ada di RRC+1,2 miliar ada di India+200 Juta ada di Jepang dan 250 juta ada di Thailan, Birma, Laos,Vietnam,korea, jadi total ada sekitar 3,5 miliar bukan muslim dan kristen, silahkan bagi saja yang 3,5 miliar berdua. Umat muslim terbanyak di dunia ada di India, sementara di India Muslim Minoritas, kedua terbanyak ada di Indonesia, terus di Pakistan, sementara di Timur tengah sedikit-sedikit, paling 1 juta di kuwait, 500 ribu di Brunei, Sementara kristen terbanyak di USA dan Rusia kali ya…..

  96. kristen nomor satu di dunia jadi kita harus jadi agama kristen amin!!!!!!!!

  97. Silahkan kalian banggakan agama kalian (Yesus), tpi jangan sekalipun menhina kebanggaan agama islam. jika trus melakukan hal tersebut.. niscaya kami (islam) akan menjadi saksi kalian di ” hari pembalasan” dan melihat kalian manyesal.

  98. SAAT KITA BICARA KEYAKINAN/ DIBUTUHKAN SATU KEBIJAKSANAAN/ BUKAN
    KECERDASAN YANG ADA DI KEPALA// KEBIJAKSANAAN AKAN MENUNTUN KITA DALAM SATU KESADARAN YANG ADA DI HATI//

    SEMUA BOLEH DAN TIDAK ADA MASALAH MENGKLAIM APA YANG DIYAKINI BENAR// NAMUN MENJADI MASALAH JIKA SALING MENYALAHKAN//

    SAYA SEORANG MUSLIM/ SANGAT MENGHARGAI DAN MENGAKUI ADANYA AGAMA AGAMA LAIN DI LUAR ISLAM//

    DALAM ALQURAN DISEBUT “INNADIINA INNDALLAHIL ISLAM” :
    SELAMA INI AYAT TERSEBUT SERING DIARTIKAN “AGAMA YANG PALING BENAR ADALAH ISLAM” PADAHAL JIKA DIARTIKAN APA ADANYA ADALAH “AGAMA PADA ALLAH ITU ISLAM”//

    AYAT TERSEBUT MENGANDUNG BEBERAPA PELAJARAN/
    1-ALLAH MENGAKUI ADANYA BEBERAPA AGAMA SELAIN ISLAM
    2-NAMUN DARI BEBERAPA AGAMA/ HANYA ISLAM AGAMA ALLAH
    3-AYAT DIATAS TIDAK BERBUNYI AGAMA PALING BENAR ADALAH ISLAM/ NAMUN MENEKANKAN BAHWA ISLAM MERUPAKAN DIN ALLAH// KARENA ISLAM DIN ALLAH MAKA SUDAH TENTU BENAR//

    LANTAS BAGAIMANA DENGAN AGAMA AGAMA SELAIN ISLAM?
    ALLAH MENGAKUI KEBERADAAN DAN EKSISTENSI AGAMA AGAMA LAIN/ NAMUN ITU BUKAN AGAMA ALLAH//

    JADI SEMUA CLEAR…TIDAK ADA YANG PERLU DIPERMASALAHKAN// SOAL ADA YANG MEYAKINI AGAMA ALLAH BOLEH/ YANG TIDAK MEYAKINI AGAMA ALLAH JUGA BOLEH// ALLAH MEMBERI KEBEBASAN/KAMU MAU IMAN SILAHKAN/ MAU KAFIR (MENUTUP DARI KEBENARAN ALLAH) JUGA SILAHKAN//

    DALAM FIRMAN ALLAH/ RASULULLAH MENGATAKAN DALAM ALQURAN/
    “KATAKANLAH/ BAHWA ALLAH MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG/ NAMUN SIKSA ALLAH JUGA AMATLAH PEDIH”//

    • Dan Allah menyediakan Surga dan Neraka, Silakan bebas memilih manasuka.

  99. Salam Perdamaian,
    kalian memperdebatkan apa? TUHAN itu 1 adanya, dan dia ada dimana-mana, kapanpun dan dimanapun, TUHAN adalah bentuk kasih, bentuk cinta, ketika kita menghargai agama lain, tidak berdebat, beragama dan tidak terfanatikkan, agama dibuat agar kita menghargai, saling menghormati, menjaga keharmonisan, bukan nya malah mengejek agama lain, bilang agama lain tidak benar, sesat dan agama sendiri yg paling benar.
    fakta-fakta/ hal2 buruk/jelek/tidak benar dari agama :
    Kristen : menjadi fanatik dan menghina agama islam, menghina Nabi Muhammad, terpecah belah menjadi beberapa bagian, bahkan sesama kristen pun saling mengejek, fanatik tinggi, suka nyuruh orang lain masuk agama kristen padahal itu tidak benar!
    Islam : menganggap islam agama yg paling bnr krn Nabi Muhammad, dll, padahal tidak! smw agama benar adanya, cuman berbeda cara dan tradisi ingt itu!, mengatakan yg lain musrik, jgn seperti itu tai!!!, menganggap islam adalah agama yg plg baik, ga jg, nungging2 mu itu gmn? tiada tuhan selain oloh, sakit kamu ya? hallo?? sblm agama islam dimana oloh mu itu!!!!!!!!!!!!! jangan sok ya, diolas, please, tolong, ! trus suka ngina kristen jg (sama j sih ky kristen :/), mau buat seluruh orang di dunia yg 6 miliar org utk masuk agama islam? itu hal ter TAI yg pernah akku tau, haha :D bayangkaan!
    mau buat semua jadi agama islam diibaratkan seorang pembuat sepatu membuat semua sepatu dalam bentuk yg sama ukuran yang sama model yang sama, mau ga? ada yg minat? ga bosen? mikir pake otak ya, jgn pake dengkul (kebanyakan makan tai tuh welehxx) mana speaker diidupin keras-keras lagi, tau TELInga orang lain terganggu? bnyk teroris jg
    Hindu : jgn blg tri kaya parisuda tapi ga pernah diterapkan, buktinya saat saya melancong ke bali msh bnyk yg berkata kasar, berbuat yg tidak baik, nyuruh harmonis dg alam tp buang sampah? trus ada sesajen untuk siapa? ku dengar untuk arwah, dan penjaga, berarti kalian berdoa kepada siapa? kalo di india lain lagi, apa-apa pasti dandutan tak sukka akku!
    trus sok-sok berkuasa ini wilayah q jgn ksni mengotori pdhl dy sndiri sprti itu, dia yg mlh mengotori umatnya, ckckkckcckck, parah ga? ini daerah q, ini sungai ku (akku jg lo yg ngotorin :p ) itu manusia TAI!!!!!!!!, jadi ga boleh
    Budha : tenang aja -_- g d gairah idup ya, duduk hening trus jg ga nyelesein mslh
    atheis : klo ga ada tuhan siapa yg nyiptain bumi ini hah?
    aliran : hati-hati, siapa yg kalian puja, ntr menuju Neraka lo!

    tapi di balik kesalahan styp agama ada baiknya :
    Kristen : selalu tampil rapi dan cantik, bersih, tidak terpaku ke gereja dg pakaian suci, banyak orang kaya, pintar nyanyi,, dari yesus mrk belajar
    Islam : ramah, polos, baik hati, penyayang, rajin solat
    Hindu : berusaha tidak mau perang, selalu mencari jalan keluar, kekeluargaan nya sangat bagus ditiru, menyatu dengan alam
    Budha : hidup menjadi tenang, sabar, santai tpi ttp waspada, jiwanya damai
    atheis : ga usah repot2 hrs sembahyyang, selalu bersenang-senang trhdp org yg g sembahyang

    semoga dg adanya agama-agama kita bisa saling menghargai perbedaan yang ada, tidak menghina, dan tetap menjaga keharmonisan.
    PEACE, Harmony in the world.

  100. Tulisan bung Hendri sangat bagus, saya apresiasi deh …

  101. untuk semuanya…setia ada tulisan mengenai agama ,…pasti komentar kebanyakan pada jelek2 semua…pada berantem yang islam,..yang katolik…yg protestan….padahal kenyataannya banyak diantara kita yg punya temen dan sahabat yg berbeda keyakinan dengan kita…misalnya saya..saya punya byk teman yg katolik…yg protestan…tapi kami baik2 aja…krna kami ga ngomongin soal agama…agama itu milik masing2..keyakinan masing2…kalau pun ada pertanyaan temen saya mengenai islam,..ya jawabannya yg ringan2 aja…misalnya…pas lebaran haji itu ngapain aja sih…jwbnya…yg ringan 2 aja…atau saya nanya misa itu ngapain aja…di jawab temen saya..begini2…ya udah sampai di situ aja tanpa harus saya perdebatkan jawaban dari temen saya itu….
    jadi walau pun pada forum ini,..tujuan adminnya cuma untuk diskusi,…tpi kan komentar2 yang ga sehat…kan ga bisa di kontrol…jadi deh saling menghina…
    udahlah kawan2…agama itu milik anda masing2,…tanpa harus memperdebatkan agama orang lain…

  102. Sebagai umat beragama seharusnya kita melaksanakan ajaran masing masing dengan baik.
    Setiap orang pasti mengatakan agamanya benar, karna sudah dari dasar sifat manusia adalah begitu.
    Merasa semua yg dilakukannya itu benar.
    Tuhan itu menciptakan dunia dengan dua unsur yaitu salah dan benar dan biasanya mereka menyebutnya keseimbangan.
    Termasuk agama, ada yg benar ada yg salah (menurut pandangan Tuhan bukan pandangan saya) karna semua kembali pada keseimbangan.
    Mungkin juga agama (Islam, Katolik, Hindu, Kristen, Budha dll) yg kita anut dan saya percayai ini adalah salah. Tetapi saya diciptakan dan ditakdirkan untuk menganutnya.
    Siapa yg tau? Karna Tuhanlah yg menghakimi agama.
    Karna unsur dari semuanya adalah keseimbangan. Kecuali Tuhan.

    • Setuju! Kita dilahirkan oleh orang tua kita yang sudah memiliki keyakinan sebelumnya (takdir), dan kita sebagai keturunannya otomatis akan ikut. Tapi untuk berpindah keyakinan itu adalah pilihan setiap orang dan memiliki hak yang sama tanpa ada tekanan dari pihak lain. Agama apapun bebas dianut siapa saja, agama mungkin memiliki sejarah atau cara beribadah yang berbeda, tapi TUJUAN utamanya adalah agama yang mengajarkan KEBAIKAN kepada semua orang. Mari kita ber-TENGGANG RASA sesama manusia. Tidak usah membandingkan AMERIKA atu IRAN sebagai negara terbaik berkedok agama tapi, buatlah INDONESIA sebagai negara yang patut dicontoh negara lain.

  103. bagiku agamaku bagimu agamamu…..
    coba di ralat wahai saudaraku
    siapa sebenarnya teroris di dunia
    islamkah? atau yg lainnya..
    coba andah pikirkan pembunuhan,penmbakan yg tidak bersalah
    di irak dsb, siapa sebenrnya dalang disna kalau bkan amerika dri golongan kristen ke 2 bagaimana mungkin kitab injil akan menyempurnakan agma islam sementara Al-qur’an datang setelah injil. ingatkah anda? ketika isa berkata” bahwah akan datang seorng nabi setelalh aku. dan adakah tertulis di dalam injil yg lama mengenai kehidpan muhammd tentu tidak, tpi di dalam Al-qu’an byak kisah tenttg isa.as
    ke 3 knpa bnyak jln menuju roma?
    dan tidk di mekkah,?
    jelas donk di roma itu bebs agma mnapun bisa ksna’
    selain itu di roma jga sbg pusat sex dunia lihat aja kalau sudah valentin wah engk kebayang susah beda’in yg sdah merid dan belum, sementara mekah adalah pusat untuk org muslim.

  104. mas nico. lihat deh motivasi dari Dr. yahya waloni dan timba pengetahuannya di yutoob biar mas tau agama yang mas anut itu. gini mas kita memang disuruh menjadi orang pintar tp jangan kepintaran entar jadinya miring. yaaaa silahkan mas komentar apaaja tapi mas harus komitmen mendalaminya, setelah mas mendalami nanti, saya yakin mas akan dapat jawaban mana agama yang bener… !!!!!.

  105. Ingin ikut setan harus mengikuti islam ajaran Muhammad bin Abdulah.
    ———————————————————————————————–
    Bapak segala penipu adalah Muhammad yang telah tercipta didunia ini,
    dan Allah SWT islam tercipta oleh bapak Muhammad raja penipu.

    Kata IBN WARRAG dalam bukunya (Leaving islam)dia mengatakan;
    Muhammad adalah manusia pembohong, penipu, dan tukang kawin,
    dan pemimpin haus darah.

    Saya dapat memberikan contoh tentang penipuan Muhammad,
    ‘SIAPA YANG MENJAMIN KEPADAKU KELAMINNYA (vAGINA) DAN LIDAHNYA,
    NISCAYA AKU MENJAMIN SURGA KEPADANY. (HSB 1816)

    INI penipuan Muhammad pada muslimah, setelah mereka memberikan kepuasan seksuel vagina dan lidahnya bagi seks suci islam Muhammad….?
    surganya tidak nampak, padahal Muhammad sudah tumpahkan air jam-jam yang keluar dari syahwat Muhammad kepada kalimin muslimah…?
    surga menghilang…?

    Ini penipuan ajaran islam Muhammad dari bangsa Arab biadab…..sama saat terjadi perkosaan di Arab Saudi terhadap TKI, begitu syahwat Arab tumbahkan air ‘Jam-Jam’ yang keluar dari kontol Arab, TKI nya dibunuh dan dibuang ketong sampah. Muhammad bangsanya adalah manusia biadab.
    Dari pohonya, kita mengenal buahnya….dari Muhammad kita mengenal perilaku muslim.

    • Hai sobat! Caramu berkomentar sangat fulgar, kasar dan tak beretika. Sobat menyebut diri pengikut Kristen tapi, gaya tulisannya provokatif dan memancing di air keruh. Sadarlah itu tidak pantas dan tidak dibenarkan. Mengertilah dan hormatilah sesamamu dengan cara yang cerdas dan bermortal.
      Teman Muslim. Jangan terpancing dengan cara murahan dan provokatif seperti di atas. Tetap jaga kehidupan yang manis an damai. Tuhan Jesus memberkati.

  106. Ketika kita MATI. Kita di adili oleh TUHAN.

    Ketika di adili TUHAN tidak akan tanya “Agama kamu apa hai manusia?? agama A kah? agama B kah? atau agama C kah?”

    Tetapi ketika diadili menurut saya, TUHAN hanya menanyakan 2 pertanyaan yang HARUS dipersiapkan JAWABANNYA dari SEKARANG.

    1. Apakah KAMU selama hidup di dunia, KAMU mengasihi AKU (TUHAN)??
    jawabannya YA (masuk SURGA) atau TIDAK (masuk SORGA).

    2. Jika YA,
    pertanyaan TUHAN ” Jika KAMU mengasihi AKU (TUHAN), mengapa KAMU tidak mengasihi MANUSIA ciptaan AKU (TUHAN) dengan cara membunuh, menghina, (Sebutkan sendiri SIFAT negatif yang dapat menghilangkan nyawa orang lain tanpa atau dengan alasan yang lain)/dll, ??

    APAKAH JAWABAN SAUDARA??

    • maaf maksudnya……
      jawabannya YA (masuk SURGA) atau TIDAK (masuk NERAKA).

  107. Kesimpulan dari macam-macam komentar di atas :
    1. Agama yang di anut orang terbanyak di dunia belum tentu agama yang benar.
    2. Setiap pribadi mengaku agama yang dianutnya adalah yang terbaik.
    3. Islam adalah agama yang BENAR.
    4. Dalam soal jawaban BENAR hanya ada satu.
    5. Jika ada jawaban yang BENAR maka …….. ( pikir sendiri )
    Kalau ada dua jawaban BENAR berarti soalnya SALAH.

  108. buat saudara-saudaraku semua, nanti kalau kita sudah mati akan mendapat jawaban yang nyata siapa sebenarnya orang-orang yang paling rugi???
    bagiku agamaku bagimu agamamu !!!!

  109. Sebenarnya yah, saya hanya ingin menengahkan saja masalah Tentang agama didunia ini. Saya netral2 saja.
    Saya sendiri sebenarnya seorang pemeluk Agama Abrahamik (ntah itu Katolik Roma, Islam, atau Yahudi saya gk mau ngasih tau pada kalian), tetapi pada hakikatnya, semua agama itu Tuhannya Satu (Monotheis) dan Maha Esa.
    Hanya saja karena konsep salah satu agama mengenai Ketuhanan yang Maha Esa itu yang dianggap salah/melenceng itu lah yang mengakibatkan orang yang beragama lain menganggap itu Musyrik/Politheis atau apa.
    Sebagai contoh saja = Agama Hindu.

    Agama Hindu dikenal oleh banyak orang dan dipandang oleh orang2 diluar Hindu sebagai agama yang Tuhannya paling rendah dan paling hina.
    Kenapa saya bilang begitu, karena banyak orang diluar Hindu mengatakan bahwa Hindu itu Politheisme, Tuhan Hindu ( bagi yang bukan Hindu menulisnya “tuhan”) lebih rendah dari Kristen, Tuhan Hindu lebih rendah dari Islam, atau Tuhan Hindu lebih rendah dari Katolik Roma atau semacamnya, Tuhan Hindu lebih Rendah dari Yahudi karena semacamnya lah begitu. Itu karena mereka (orang-orang yang bukan Hindu) menganggap Tuhan Hindu itu banyak karena Hindu memiliki banyak Dewa.
    Tetapi tidak demikian, ada Hindu yang Monotheis seperti Hindu Dharma, Veda, sama Filsuf Adwaita Wedanta yang menekankan Hindu itu Monotheis, meskipun Hindu yang lain ada yang monisme, panteisme, dan Politeisme itu sendiri.
    Hindu dikenal Musyrik atau Politeis gitu, itu karena mereka yang bukan Hindu merasa bertentangan dengan ajaran Hindu yang mengenal Dewa.
    Bagi sebagian besar yang beragama Abrahamik mungkin merasa jijik atau menganggap rendah dan hina, tapi mereka yang beragama Abrahamik sendiri tidak meneliti konsep Ketuhanan Hindu secara utuh. Meskipun meneliti bahwa ada Dewa meskipun Dewa itu hanya makhluk manifestasi dari Tuhan juga, tapi mereka jelas2 para Dewa itu bukanlah Tuhan tersendiri dari Hindu seolah2 Agama Abrahamik menganggap Hindu percaya terhadap Dewa2 gk jauhhhh beda dengan orang2 Paganisme Arab Pra-Islam yang percaya terhadap Dewa2 meskipun Paganisme Arab juga disamping percaya Dewa juga percaya terhadap Allah.
    Maka dari itu mengapa Hindu tidak salah lagi dipandang sebagai Agama Politeisme karena sama dengan Paganisme Arab Pra-Islam, sama2 percaya Dewa dan menyembah Dewa sebagai Manifestasi dari Tuhan(Kalau Hindu menyembah Krishna dan Siwa sebagai pribadi dari Brahman Tuhannya Hindu itu sendiri), disamping itu juga mereka baik Hindu maupun Paganisme Arab percaya kepada Tuhan yaitu Allah.

    Begitu juga antar sesama agama Abrahamik, orang Islam menganggap Kristen Kafir karena tidak mempercayai Muhammad dan Al-Qur’am atau karena orang Islam menganggap Kristen itu Mengesakan Allah S.W.T dengan Nabi Isa Al-Masih dengan Ruhul Kudus dengan menganggap Tiga-tiganya Esa, jadi banyak orang Islam menganggap Kristen itu gak jauh beda sama orang-orang Kafir karena masalah Trinitas (Mengesakan tiga pribadi itu menjadi Satu Allah yang sejati).
    Maka dari itu sebagian Islam menganggap Kristen itu Monotheis yang Syirik karena menganggap tiga-tiganya Esa jelas2 Tuhannya tiga bagi Islam.
    Nahhhh,,,, begitu pula bagi Kristen, Islam dianggap Politeisme berkerudung Monoteisme karena Islam dianggap memelihara ritual pagan, yaitu berhaji.
    Orang-orang Kristen menganggap Islam masih memelihara ritual pagan Arab kuno dan memandang Islam itu Politeisme.
    Seperti seorang Santo Yohanes Damascus menganggap Islam itu agama berhala dan masih banyak Tokoh2 penting Kristen yang menanggap Islam itu agama berhala yang berbungkus Abrahamik.

    Nahhhh dari pandangan2 diatas inilah kita harus belajar untuk toleransi .
    jangan sampai masalah2 seperti ni terus-terusan berlanjut karena pada hakikatnya Tuhan sangat tidak suka dengan orang yang suka menggunjing atau menghujat agama satu sama lain.

    Cobalah wahai kalian semua, Tuhan tidak pernah mengajarkan bahwa agama lain mengajarkan buruk atau agama lain mengajarkan yang jelek dan menjerumus ke Neraka.
    Tuhan itu pada hakikatnya juga mencintai seluruh umat manusia didunia ini.
    Tidak ada agama yang mengajarkan buruk atau apa, itu hanyalah orang2 lain yang tidak tahu saja akan agama. Kita introspeksi diri saja terhadap keyakinan kita masing-masing.
    Saya sendiri mau saya Katolik, mau Islam juga saya tetap menganggap Agama lain itu sama-sama mengajarkan baik dan berTuhan yang Maha Esa(Satu) :-).
    Kalau saya Islam, saya hargai Kristen itu Tuhannya Maha Esa (Satu) karena meskipun Trinitas pada hakikatnya juga Tuhan yang pokok dan paling bersumberkan dari pribadi Bapa (Sang Pencipta), meskipun menganggap Isa itu Tuhan atau Roh Kudus itu Tuhan karena mereka berdua sehakikat juga dengan Bapa, tapi pada hakikatnya Tuhan Kristen yah jelas2 satu.
    Yesus disalib dibilang sebagian kalian yang Islam Tuhannya gk bisa nolongin, itu salah bagi Kristen. Karena bagi Kristen sendiri Isa disalib untuk menebus dosa, dan Kristen menyembah Isa juga bukan pribadi manusianya atau jiwanya yang mati disalib, tetapi Roh Allah dan Kalimullahnya yang hidup dalam jiwa Isa itu sendiri yang dimaksudkan oleh Kristen, bukan Jiwa manusianya yang gk berdaya itu. Bagi Kristen kan Firman dan Roh itu satu dengan Allah itu sendiri, makanya Esa(Wahdaniyah), Firman dan Roh Allah jelas2 tidak diciptakan, begitu juga Roh Kudus. Mungkin saja meskipun saya sebagai Islam menghargai dan menjunjung tinggi akan Keesaan yang Ajaran Kristen ajarkan juga, tapi kalau ada yang bertentangan dengan Islam bagi saya sendiri, itu gak usah diributkan.
    Buat apa diributkan kalau saya sebagai Islam buat apa diributkan, karena tidak baik Mempeributkan Sifat Allah. Jangankan Allah,Kita saja menghina berhala yang disembah orang2 penyembah berhala saja tidak baik dan dilarang oleh Allah

    وَلَا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ كَذَلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّهِمْ مَرْجِعُهُمْ
    فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُون
    Baca Surat Al- An’am ayat:108.

    Menghina sesembahan lain aja gak boleh, apalagi menghina Konsep Ketuhanan baik itu menghina Kristen ataupun Yahudi yang Tuhannya sama dengan Islam, yang Nabinya sama dengan Islam(meskipun Kristen dan Yahudi tidak mempercayai Muhammad).

    Begitu juga kalau saya sebagai seorang Katolik, kalau saya sebagai Katolik, saya hargai kok Muhammad itu sebagai suri tauladan Islam yang bagus.
    Kenapa?????
    Karena Nabi Muhammad itu seorang yang sangat sabar dalam menghadapi cobaan meski sering dihina sering dicaci maki, tapi Muhammad itu sabar dalam menghadapi orang2 Kafir yang membencinya. Buat orang2 Kristen disini biar kalian sadar, Nabi Muhammad pada masa di musuhi oleh Yahudi dan Kaum Musyrikin, siapa yang menjadi teman dekat bagi umat Islam???? Sudah pasti orang2 Kristen/Nasrani pada masa itu kan?????
    Tapi kalian sendiri yang Kristen tidak menghargai dan mencaci maki Nabi yang memiliki kesabaran yang tinggi seperti ini. Kalian orang2 Kristen gk jauh beda dengan orang2 yang gk beragama kalau begitu.
    Karena dalam Alkitab kalian saja tidak baik bersangka buruk terhadap orang lain bukan?????
    Coba kalian lihat,,,,, Raja Najasyi yang beragama Katolik Timur ritus Ethiopia saja mau menolong dan memuji serta menghargai Muhammad sebagai seorang Nabi Islam ini sehingga orang2 Katolik Ethiopia sana pada menolong kaum Muslimin dari cengkeraman orang2 Kafir Paganisme Arab Mekah yang jahat dan berperilaku kasar terhadap Kaum Muslimin.
    Seharusnya kalian yang Kristen harus meniru donk suri tauladan Raja Najasyi ini.
    Memang meskipun dalam Katolik sendiri, Nabi Muhammmad bukan lah Nabi atau Rasul Tuhan, tapi setidaknya kalau ia seorang yang baik, apa kita harus melecehkannya????
    Kan tidak juga.
    Tidak Baik.
    Maka inti dari yang saya sampaikan, urusi agamamu sendiri karena setiap agama itu bersumber dari Anugerah Allah yang Maha Kudus dan Maha Esa.
    Tuhan Yang Maha Esa sangat mencintai umat manusia apabila umat manusia itu mau saling menghormati dan menghargai dan saling berbaik hati.

    • Dari sekian banyak nabi, dari sekian banyak agama..hanya Kristus lah yg naik ke surga dan turun dari surga..dan Kristuslah yg akan datang saat akhir zaman sbg hakim yg adil..Pertanyaannya kenapa yg datang pd saat akhir jaman bukan nabi lain atau misal kenapa bukan nabi Muhamad yg datang nanti? ……Dan tidak ada 1 nabi pun yg berkata bahwa “Akulah jalan kebenaran dn hidup,tdk ada seorangpun yg dpt datang kepada Allah kalo bukan melalui Aku(Yesus)”. Apakah ada didalam Alquran ayat yg menyatakan dimana Muhamad berkata sama seperti Yesus mengatakan hal itu. Malah di Alquran tertulis..muhamad sendiri tdk dpt menjamin masa depan dirinya apalagi umatnya..Lah kenapa harus kita ikutin?? Dan di Alquranpun tertulis ada” 3 berkat ” buat org Kristen.. Silahkan cari ayatnya sendiri..sementara untuk org Islam hanya ada” 1 berkat”. Di Alquran juga tertulis bahwa Yesus adalah Roh dn Firman Allah..mengenai kematiannya dn kebangakitannya tertulis jg di Alquran..monggo baca kembali ayat demi ayat. Semoga mendapat hidayah dari Gusti Yesus

  110. Sahabat Indonesia!
    Melihat semua debat di atas, apa gerangan koment dari yang kita sebut sebagai Tuhan? Kita sama tahu bahwa:
    1. Tuhan Maha Kuasa. Ia sendiri yang mendirikan agamanya. Ia memberi hidup an memberi mati.
    2. Tuhan Maha Tahu. Ia tau agama yang benar dan siapa penganutnya yang taat dan mengasihi-Nya. Ia tahu isi hati dan keberagamaan kita.
    3. Tuhan Maha Hadir. Ia melihat semua tingkah pola kita dari dekat.
    Apakah kita beragama secara benar dan berkelakuan benar? Jawabannya ada di kita dan di Tuhan.
    Tolong! Jangan kita saling hina, saling caci, saling mengutuk, saling mempermalukan, saling ejek. Itu dosa dan tidak penting. Lebih baik jalani ajaran dengan benar an bertangung jawab.
    Sebagai Kristen saya katakanan bahwa: “Tuhan Jesus mengasihimu apapun suku, status an keadaanmu”. Sayapun mengasihimu. Tuhan memberkati.

  111. ” Maaf kita umat beragama.kita semua manusia biasa yang di takdirkan di dunia untuk tahu bagai mana caranya kita hidup bahagia,Manusia di ciptakan dengan kecerdasan luar biasa dan di ciptakan untuk “BERFIKIR”,saya sebagai Muslim menghormati 1 sama lain,koreksi masing-masing agama kalian,apakah kalian yang menjelekan agama 1 sama lain itu merasa telah menjalankan apa yang telah di gariskan dalam agama kalian tersebut?
    dan manusia di ciptakan untuk “BERFIKIR” apa kah kalian berfikir bahwasanya Agama kalian benar ada nya?

    Logika yang besar dan sangat menonjol dari agama-agama yang ada menceritakan dan menafsirkan bahwa setiap agama mengajarkan kebaikan setiap umat beragama,dalam hal ini berdasarkan Fakta-Fakta yang ada yang mengulas dan membuat kita berfikir antara 2 agama besar..
    untuk kristiani apakah kalian merasa agama kalian benar?berfikir lah lebih dewasa dan matang,sebelum terciptanya jagat raya atau alam semesta siapakah yang menciptakan itu semua?bukan kah Tuhan kalian belum ada?
    kelas di kitab kalian tercantum Allah ada tuhan ku dan aku adalah utusan mu,
    bukan kah jelas ia adalah manusia biasa yang hanya di Utus,berfikir jika MANUSIA bisa menjadi tuhan.Berarti kita MANUSIA bisa menjadi Tuhan?
    Siapa yang menciptakan Tuhan kalian?Bukan kah tuhan pencipta segalanya?

    Mengapa sudah ada tuhan lalu menciptakan tuhan?.Hal ini tidak bersifat memojokan atau menjelekan,Berfikirlah.Agama kita saling berkaitan,Nabi Muhammad bersaksi tiada tuhan Selain Allah,dan aku bersaksi aku adalah utusan Allah(Hanya utusan dan hanya manusia yang di utus)jadi mari kita berfikir dan saling bertoleran antar umat beragama,saya hanya membenarkan
    terserah anda dan anda yang mempercayainya,jalani dengan gemilang dan penuh dengan ke-Ridhoan dari agama kalian anut.

  112. Untuk nico and tan,nyadar donk…tuhan loe itu palsu.loe belum taukan siapa isa itu?isa adalah nabi agama islam,dan isa ciptaan tuhan gw Allah SWT tuhan seluruh umat manusia (asli)!Mana mungkin tuhan punya ibu,mustahil!!!
    Liat aja loe semua yang non-islam,hari kiamat nanti nabi isa a.s akan menghancurkan salib.Yang digantung di salib itu bukan nabi isa a.s,tapi zudas askariot.Allah mengganti muka zudas seperti nabi isa a.s,oleh karena itu pengikut nabi isa a.s menyangka bahwa yang di salib adalah nabi isa,sangat SALAH!!!Nabi isa a.s itu diangkat kelangit oleh Allah SWT dan dihari kiamat akan diturunkan kebumi.Sekian yang hanya bisa saya sampaikan,wass……….!

  113. Betul sekali itu Ridho,Kristen (NERAKA),Islam (SURGA) !!!

    Nico and Tan manusia brengsek!

    • Ada yg bisa jawab gak? ?? Kabah itu isinya apa? Kenapa harus menghadap kabah ? Setahu saya, kabah itu bertahta sebuah batu metor yg konon katanya itu salah satu dewa sekian banyak dewa arab yang tidak dimusnahkan…kalo gitu berhala mungkin ya..dan kenapa harus solat menghadap kabah? Bukankah Tuhan itu ada dimana-mana??

  114. Wey,mr. nunusaku sok tau loe.kata siapa Muhammad penipu,ada buktinya kok!Buktinya islam bila perang melawan kafir selalu yang menang pengikut nabi muhammad SAW.dan nabi Muhammad pun meminta kepada Allah SWT agar pengikutnya masuk surga.
    GUWE CUCU ADAM A.S,DAN NABI MUHAMMAD PUN CUCUNYA.DAN ALLAH SWT TUHAN GUWE!!!ALLAHU AKBAR.WASSALAMUALAIKUM WR.WB

  115. Bener tu Rizki.dasar mr.nunusaku mau aja masuk kedalam agama sesat,hahahaha……..!mau aja percaya ma IBN warrag dan bukunya yang sesat itu(Leaving islam).adanya juga, yang ngomongnya yang penipu,pembawa ajaran sesat lu.Neraka ada di mata loe,liat aja loe kalau dunia sudah berakhir,gue ngomong bener nih,ASLI!!!DEMi ALLA<DEMI TUHAN GUWE ALLAH SWT…..!

  116. Sesungguhnya Allah itu Tuhanku/yg telah menciptakanku dan Tuhanmu/yg telah menciptakanmu juga, maka beribadahlah kepada-Nya, itulah jalan yg lurus/jln kebenaran untuk menuju surga. ibadah artinya segala ucapan, tindakan/perbuatan yang diridhai Allah dan menjauhi segala sesuatu yg dilarang Allah. ini berarti orang yg tidak beribadah kepada Allah, teramat sangat pasti akan masuk neraka. pertanyaannya, sudahkah kita beribadah kepada Allah? baik yg islam, kristen, hindu, budha, atheis, dll?… kalau merasa belum kita dipastikan akan menjadi suluh neraka.
    satu hal lagi orang yang selalu beribadah adalah orang beriman, dan tidak semua orang islam, kristen, hindu, budha, yahudi, dll beriman. tapi orang yang beriman sudah pasti dia orang Islam

  117. untuk semua yang saling menyerang dalam konteks agama tolong dengar :
    jika mengangap agama anda yang benar, atau yang terbesar,” pertanyaanya Apakah agama anda yang membahwa anda pada keslamatan.?. ya bukanlah..
    tetapi bagaimana sikap hidup anda, yang menetukan anda untuk mempertanggung jawabkan semuanya kelak.
    saya, seorang kristen tetapi teman-teman saya bukan saja kristen tetapi juga islam, hindu, bahkan kong hucu, semuanya sangat berhrga ketika kita bersama dan saling mengormati, kalau ada yang mengatakan cemooh, nasihati dia dengan sabar dari situlah iman anda di uji sebesar apa…………?
    salam untuk semuanya..
    syalom…..
    GBU.

  118. Khatolik/ kristen itu tetap nomor 1..!!

  119. Mantap Bro…..Kalian jangan heran …….. ketika kita melihat sorga hari ini, kita akan menjumpai Yesus, Muhammad dan sang Brahma yang sementara berpelukan dan menangisi keadaan kita saat ini. jangankan masuk surga, nama-nama kita saja tidak ada tercatat di sorga………..Kalau kita diciptakan oleh Allah/Tuhan/Sang Yang Whidi (maaf jika salah) yang berbeda, pasti saat ini mereka sementara berkelahi dan saling membunuh. Yang jelas kita diciptakan oleh SATU PENCIPTA, yang mengasihi kita. ………Yang aku kuatirkan jikalau yang kita perdebatkan adalah OKNUM YANG SAMA………Keyakinan itu ada di dalam hati,dikeluarkan di dalam perbuatan. Selamat berkarya………..dan melalui sisa kehidupan kita bangun toleransi…………kita harusnya belajar dari sejarah……..apapun maksudnya peperangan hasilnya adalah sengsara, bukan saja terhadap kita tetapi anak cucu kita. ……..Nico dan lainya lebih pekalah kalian terhadap rencanaNya. Tuhan mengamouni-MU

  120. perbedaan bukan untuk saling bermusuhan
    semua agama mengjarkan kebaikan

  121. Bukan agama menyelamatkan manusia dari dosa tapi Dia lah sang penyelamat Tuhan Yesus Kristus yang aku puja dan kusebah

  122. eaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    gak nyadar menurut sejarah agama kristen lebih senior dari islam
    sadar klean penulisan alkitab itu lebih awal dari al”quran
    isi kitab muslim tu 100% jiplak dari alkitab
    dasar agama plagiat
    \

  123. Yesus I love you

  124. hai para MANUSIA..perbuatanmulah yang menentukan aku menganugrahi sesuatu….tidak AKU perkenankan kalian mengatasnamakan AKU atas nama agama apapun.bagi kalian yg tdk mengakui keberadaanKU slama berbuat atas nama nilai,susila dan norma buat kebaikan peradaban manusia.AKU datang memberkati…AKU tdk gila hormat karna AKU tdk ternoda.

  125. Perbedaan membuat segalanya lebih indah. kita sebagai umat beragama harus rukun, saling mengasihi & saling menghormati. junjunglah rasa nasionalisme kalian percuma usaha pahlawan nasional bwt merdekaan negara kita kalau kalian masih idialisme, ayok buktikan pada dunia meskipun kita bangsa yang berbeda-beda ras, agama, dan budaya kita tetap satu. ^^

  126. Semua AGAMA itu beda tapi satu …

  127. Lagi rmai nhei, pada dasrx tidak ada agama apa pun yg mngajarkan tntang kejahatan, iman dan prbuatan kita yg mmbawa kita kehadirat bpa ϑi surga, Tuhan Yesus blesing!

    • dgn dalil pasti semua benar,krn memang yg dicarikan yg paleng benar,tpi dari kesimpulan kita aja buat pertimbangan,contohnya : semua kan percaya alam gaib juga penghuninya yg anak turun iblis dan jelaslah iblis itu pernah lansung bicara dgn Allah/Tuhan,dan skrg,membuktikannya mudah saja,usaha ambil gaib dimasukkan ke salah satu org.ajak komunikasi ttg gaib yg beriman pasti Muslim,yg bukan muslim pasti kafir.jadi intinya yg ada hanya Muslim dan kafir aja gak ada yg beriman itu kresten,katulik,Hindu atau budha,jelaskan kiranya.

  128. SURGA HAK SEMUA AGAMA

  129. Lol bgt si lu pada semua agama itu anggep aj kya lu mw makan ayam goreng ad kentucky aw cfc dll yah tgl pilih agama yg lu suka dan lu anggap nyaman… Lagian yesus disalib untuk menebus dosa manusia kok… Lu pda ga bca alkitab ato alquran ap klo adam dan eva tu diciptain telanjang… Trus alqurran isinya mirip alkitab kok kya yesus jdi ishak wkwk lgian klo misalnya yesus ga ad koq ad penampakan bunda maria dan gereja bsa trus berjalan… Tanpa tuhan bapa putra dan roh kudus greja ga ad koq… Yah ywdah slow aj kita jga perdmaian aj… Sling menghormati stu sma lain…. Ok???

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>