Inilah 10 Kriteria Aliran Sesat versi MUI

 

 

 aliran-sesat.jpg

Bagaimana caranya menentukan suatu kelompok merupakan aliran sesat? Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan 10 kriterianya.

Pedoman identifikasi aliran sesat dikemukakan dalam penutupan rakernas MUI di Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta, Selasa (6/11/2007).

Berikut kriterianya:

1. Mengingkari salah satu dari rukun iman yang 6.

2. Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Alquran dan sunnah.

3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.

4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran.

5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.

6. Mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam.

7. Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.

8. Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir.

9. Mengubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syariah, seperti haji tidak ke baitullah, salat wajib tidak 5 waktu.

10. Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.

Walau termuat kriteria-kriteria sesat, Sekretaris Umum MUI Ichwan Syam mengatakan, tidak serta merta seseorang atau kelompok dikelompokkan sesat.

“Butuh waktu dan pengkajian mendalam untuk mengeluarkan fatwa sesat. Kita teliti, dikaji dulu, baru dikeluarkan fatwanya,” ujarnya.

Ikutilah Poling “Siapakah Yang Menentukan Aliran Sesat” di blog ini.

 

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

30 Responses to Inilah 10 Kriteria Aliran Sesat versi MUI

  1. sahril says:

    hak asasi adalah dapat dinilai dengan manusia .TAPI hak ke Imanan hanya Tuhan/Allah subhana watalla yang menentukan ….

  2. sahril says:

    Dulu MUI Pernah mengeluarkan spiral KB adalah haram tapi besoknya berubah jadi halal dan dibolehkan…..(Piye toh…MUI)

  3. ilma says:

    Saya pikir, yang berhak mengatakan sesat atau tidak sesat itu TIDAK ADA, karena ini berhubungan dengan keyakinan orang lain. Jika orang tersebut telah meyakini keyakinannya maka pihak lain tidak boleh menghakimi dia sebagai orang yang tersesat!, ini hubungannya orang yang bersangkutan dengan Tuhan yang diimaninya. Negara seharusnya menjamin hal tersebut bukan berarti negara mendiamkan sehingga banyak pihak yang seharusnya tidak membahas hal ini jadi ikut-ikutan berbicara, padahal dia tidak punya kompeten apapun. Ajak dialog terlebih dahulu, pahami dari dekat seperti apa sih orang atau komunitas yang dianggap sesat itu? dan apakah kriteria yang dimaksud adalah keinginan semua orang? hati-hati loh…belum tentu mewakili semua umat dan bukan representatif suatu umat tertentu.

  4. ulfa says:

    MUI dalam menentukan suatu kelompok itu bukan asal saja, tetapi melalui proses yang panjang. Allah menurunkan alquran melalui Nabi Muhammad SAW. Al quran dijaga keasliannya hingga akhir zaman. Apabila berpegang pada Al Quran dan Hadis niscaya tidak akan pernah tersesat. Jika anda mengaku sebagai orang beragama Islam, dan benar-benar mempelajari dan memahami agama Islam, anda tentu memahami kriteria yang dimaksudkan MUI tersebut. Jika seseorang ingin membuat keyakinan baru, buatlah yang lain dari ajaran agama Islam, jangan mengusik agama Islam kalau tidak ingin dihakimi. “UNTUKMU AGAMAMU, UNTUKKU AGAMAKU”

    ML: Apa hubungan news diatas dengan komentar ‘menggebu-gebu’ ini? Berpegang pada Al Quran dan Hadis itu jelas wajib, tapi penafsirannya banyak. Anda hanya mengikuti salah satu dari mereka. Tau ngga siiiiihhhhh?

  5. Moch hudan M says:

    Allah menurunkan Muhammad saw sbgai utusannya dan pemegang amanat syariat-Nya sehingga Rasul mempunyai otoritas penuh menentukan hukum Syariat , namun hari ini Muhammad saw tidak ada dan yg menjadi penerusnyapun gak jelas siapa, hari ini banyak ulama yang menjadi penerus Mazhab dan mengklaim sbg penerus Rasulullah. Pertannyaan Apakah MUI bisa menjamin bhwa keputusannya sesuai dengan Rasulullah yang sebenarnya bukan Rasulullah versi MAZHAB manapun??!!

  6. ika says:

    saya ingin tanya tentang aliran wahidiyah? tolong jelaskan secara detail trima kasih

  7. Dwianto says:

    Ass…Saya cinta islam karena allah swt dan cinta nabi muhammad saw. Alqur’an dan sunnah nabi. Pegangan hidupku wass…

  8. indri says:

    gue sebagian besar nggak percaya ama hadist, apalagi yang berhubungan dengan habluminalloh…saya membaca hadist dan saya compere dengan AL QUR’AN, kok malah bertolak belakang ya?
    contoh hadist yang sangat di yakini adalah hadist penajisan anjing. atas dasar apa dan refer kemana ini hadist? tolong bagi yang bisa memberikan jawaban….
    terima kasih…

    salam…
    #im…

  9. indri says:

    saya sejutu dengan kang Syahril

  10. Ihdam says:

    apa yang mui katakan itu benar karena merujuk pada hududallah.

  11. kadal says:

    la wong kaya gitu aja pada bingung.

  12. tethe says:

    ya gitu dehh
    skrang kehidupan dah mbulet
    yang penting kuatklan iman
    jangan sampai terjerumus ke hal2 yang melanggar agama za
    hehe…

    semoga keputusan benar2 bisa jadi keputusan yang baik
    amiennn

  13. pak dul says:

    Utk teh indri akan lbh bijak kalo bljr hadist n Quran tdk hanya dr trjmahan,soalnya masing2 ada asbabul wurut n asbabul nuzulnya. Quran berisi larangan n perintah Alloh menggunakan bhs sastra yg tinggi nan indah. Saya skr sdg bljr jg kok…Slmt berselancar ruhani yg dasya..at bersama wahyu agung nan suci!!!

  14. pika says:

    Islam itu sudah sempurna dan lengkap pada saat Al-Ma’idah ayat 3 diturunkan pada saat Haji Wada, sehingga bila ada yang menambah dan mengurangi maka dia telah tersesat dan ini bukan manusia, badan, atau golongan yang berbicara dan menentukan tetapi Allah dan RasulNya yang menyatakan melalui Al-qur’an dan Hadist. Kalau mau membuat ajaran atau pemahaman baru keluar saja sekalian dari Islam. Karena Agama Ini sudah ada aturannya yang sudah sempurna yang berasal dari Allah dan RasuNya…Walahu a’lam bissawab

    • muhammad says:

      assalamualaikum….alhamdulillah…saya sangat sayang kpd orang yang patuh pada awloh dan rosulnya ….melalui perbuatan dan perkataan mereka membela dan menerapkan alquran dan hadist yang shohih dalam kehidupan sehari2nya,serta terus belajar, baik melalui ulama2 tedahulu dalam kitab2nya spt bukhori dan muslim ataupun melalui yang lain…yang tentunya merujuk pada hadist shohih yang berasal dari nabi muhammad saw….awloh swt senantiasa melihat kita, mendengar kita,,,te2p semangat…dan semoga bagi yang muslim tapi belum beriman dengan tauhid yang benar sgr mndpat hidayah dan petunjuknya,agr hatinya tdk keras, dan bs menerima dan menyayangi awloh dan rosulnya scr lahir dan batin.amin…tiada yang bisa diucapkan orang yang beriman kepada awloh dan rosulnya terhadap ayt2 Nya kecuali sami’na wa atho’na…kami mendengar dan kami taat…terpaksa ataupun tidak dengan terpaksa..kiranya hanya itu yang saya bs ucapkan wassalamualaikum wr.wb

  15. hery says:

    yah… gitu aja kok repot1!!!!!!!!!!!!1
    coba dah loe logika aja darimana kata sesat MUI tu????a loe jgn menodainya
    SESAT CZ DIA MENGATASNAMAKAN ISLAM!!!
    lo gak mau dikatakan aliran lloe sesat (yg tersinggung) yah jgn bawa islam lah…!!!!
    islam tu rahmatan lil ‘alamin
    makanya loe jgn menodainya…!!!!!1

  16. gigiez says:

    islam itu rahmatan lil alamin.

  17. joko says:

    Alquran………?????????????
    tidak ada yang tau apa arti elquran yg sesungguhnya, soalnya lain orang – lain pula pengertiannya tanya si A bada dgn si B, trus mana yg benar?????????

  18. Rudiman says:

    Saya berharap kepada PEMERINAH hukuman yg pantas bgi pemimpin aliran sesat di HUKUM MATI karena lebih berbahaya dari TERORIS

  19. DEDY says:

    ASS…,kt bs blg sesat atau tdknya harus berpedoman al qur’an dan sunah,bkn dgn hawa nafsu belaka,jgn mling teriak mling

  20. ROYAN says:

    “TAROKTU FIKUM AMROINI LANTADILLU MATTAMASATKUM ( KITABUWLOH WASUNNATIN NABI )”
    artinya:” KU TINGGALKAN DI ANTARA KALIAN 2 PERKARA YG MANA KALIAN TIDAK AKAN SESAT KLO BERPEGANG DNGAN KE2 NYA YAITU KITAP ALLAH(ALQURAN) SUNNAH NABI (AL HADIST) HRBUKHORI
    banyak di indo yg ngaku aliran2 agama islam yg paling bener . pdahal mereka masih mengerjakan BID’AH dlm ibadah nya .
    aku mau tanya:
    APAKAH MENGUCAPKAN LAFAT NIAT KETIKA AKAN SOLAT ITU WAJIB ??

  21. marwan mh says:

    awas hati-hati ULIL ngobok2 ISLAM

  22. RAZZAN says:

    Kebenaran itu hanya milik Allah. Saya tidak pernah mendengar Hindu sesat, Budha sesat, Kristen sesat, yang ada Cuma Islam yang sesat…!!!!. Ingatlah musuh sebenarnya kita adalah Iblis La’natullah yang sudah bertekat akan menyesatkan manusia sebanyak2nya, dan menurut saya dia telah mengadu domba kita agar saling tuding dengan kata “SESAT” karena merasa dirinya yang benar. Padahal Ilmu Allah itu Luas… bagaimana mungkin orang yang doyan sayur menyalahkan orang yang tidak doyan sayur demikian juga sebaliknya

  23. udiei says:

    hai poro sedulur2, kita telah melakukan bid’ah dari dulu, kenapa? sebab hari kemerdekaan kita 17 agustus 1945 masehi. Jadi bukan hijriyah, Kenapa waktu itu tk pakai hijriyah saja,padahal itu tdk ada perintah dlm Qur’an dan hadist, ada jum’at wage, kliwon dll apa itu jg bid’ah?
    Ah…sy kira Indonesia buakanlah Arab.
    Arab jg bukan Indonesia
    hanya karena perbedaan-perbedaan budaya
    Tapi Islam adalah Hidayah yg tk dibatasi oleh ruang dan waktu
    kenapa anda mengatakan ini dan itu bid’ah, dg dsr tak ada dlm Qur’an
    Ah…..betulkah tak ada dlm Qur’an?
    Apakah anda sdh menguasai betul itu Al Qur’an?
    Betapa bodohnya diriku ini yg mengatakan ini dan itu bid’ah

  24. iyan jaya says:

    alham dulillah yah syahrini….. ini pertempuran antara kyakinan ma negara yah? sudah susah mencari titik temunya… yang penting punya iman… dibanding gak punya iman sama sekali… sukses dah buat semua.. jangan lupa mampir di blogku ae. yang memilih jalan kita itu kita sendiri makanya jalan di kotaku saja bwuuuuuaaaanyak…. renungkan sudah..jangan ssaling mencela. kalu begitu jadi tidak jelas mana yang beriman dan tidak…

Leave a Reply