Dukungan Sanksi Tegas untuk Iran Merosot

Hasil jajak pendapat yang digelar BBC menunjukkan, dukungan dunia terhadap sanksi tegas bagi Iran terus merosot.

Dari 30.000 responden di sejumlah negara yang dilibatkan dalam jajak pendapat itu sebagian besar di antaranya mendukung proyek nuklir Teheran. Hanya, hal itu jika dilakukan dengan pengawasan ketat Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Sepertinya semakin banyak orang di dunia yang tertarik untuk melonggarkan konfrontasi melawan Iran. Ini terkait laporan Estimasi Intelijen Nasional (NIE) yang menyatakan, Iran telah menghentikan proyek bom nuklirnya pada 2003,” papar Steven Kull, Direktur Pipa –lembaga yang dipercaya mengadakan jajak pendapat dengan Globescan atas nama BBC.

Selain laporan NIE, responden juga memercayai hasil laporan Badan Energi Atom Dunia (IAEA) awal bulan lalu, yang mengatakan bahwa belum ada bukti kuat Iran membuat bom nuklir.

Hasil jajak pendapat di Australia menunjukkan, sebanyak 42% responden menyatakan tidak sependapat ada sanksi tegas bagi Teheran. Angka ini turun 10% dari jajak pendapat serupa yang digelar di 21 negara pada Juni 2006.

Hasil tak jauh beda ditunjukkan pada jajak pendapat di Inggris dan Jerman. Hanya 7% responden yang setuju konflik nuklir Iran diselesaikan melalui pendekatan militer. (okezone/ Selasa, 11 Maret 2008 – 16:44 wib)

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply