Pesawat Tempur Iran, Saeqe, Lulus Uji Terbang

saeqe.jpg

Generasi baru pesawat tempur jenis Azarakhsh yang bernama Saeqe akhirnya dinyatakan lulus uji terbang. Kantor berita IRNA melaporkan, pesawat tempur canggih ini adalah hasil produksi bersama Lembaga Industri Dirgantara di bawah Departemen Pertahanan dan Angkatan Udara Republik Islam Iran. Uji terbang pesawat tempur Saeqe dilakukan hari ini dengan disaksikan Menteri Pertahanan Mostafa Mohammad Najjar dan sejumlah perwira tinggi Republik Islam Iran.

Rencananya pesawat tempur Saeqe (yang berartii Halilintar) akan diikutsertakan dalam parade militer Iran hari Sabtu yang digelar untuk mengenang pekan pertahanan suci, dan setelah itu secara resmi akan dioperasikan.

Setelah menyaksikan keberhasilan uji terbang pesawat tempur Saeqe, Menteri Pertahanan Mostafa Mohammad Najjar mengatakan, jika terjadi serangan musuh, Saeqe layaknya petir akan membumihanguskan pangkalan musuh dengan roket dan bom-bomnya. Dikatakannya, pembuatan Saeqe oleh tenaga ahli dalam negeri adalah contoh nyata dari persatuan nasional bangsa Iran.

Najjar yang menyebut Saeqe sebagai generasi baru pesawat pemburu canggih, mengungkapkan rencana untuk membuat pesawat tempur baru jenis tupolev 100. (IRIB)

This entry was posted in *Dunia Islam, News. Bookmark the permalink.

40 Responses to Pesawat Tempur Iran, Saeqe, Lulus Uji Terbang

  1. Hakim says:

    Bravo Iran… Kiprahmu membuktikan bahwa Islam tidak identik dengan kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan etc. (atribut-atribut yg negatif dan menyakitkan). Satu hal yg jadi premis menyakitkan seolah untuk menjadi negeri muslim yg maju dan modern seolah harus meninggalkan syari’at terbantahkan dengan kasus Iran, Hasil teknologimu milik dunia islam karena mulai saat ini kita justru dg kembali kepangkuan islam bisa tegak berdiri sejajar dg bangsa2 besar . Kami menunggu dan berbenah untuk menyongsong kembalinya islam ke ranah puncak peradaban dunia yang gemah ripah loh jinawi…

  2. adji says:

    Dear Mr President .
    Would you please request that your colleague Mr.Ahmadi Nejad the President of The Islamic Republic of Iran share their advance technology ( nuclear for development and hitech arsenal ) with us for the development of our capacity?

  3. Abu Afkar says:

    Sayang PTDI indonesia kolaps…
    Padahal punya potensi seperti Iran.

  4. dhia says:

    PTDI tidak kolaps… tetapi dikolapkan karena tunduk dengan IMF. Inilah pemerintah RI yang beda dengan para pendahulunya. Sukarno maksud ane.

  5. muhammad ajib says:

    senengku mendengar kemajuan demi kemajuan yang di raih iran sampai lupa kalau negeriku ku semakin terpuruk dalam cengkeraman agen agen cia

  6. denjaka syiah says:

    saeqeh pesawat yang canggih, dengan penggunaan mesin baru, dan twin tail. twin tail menyebabkannya bisa menentukan sudut belok dibandingkan dengan single tail. sebagai analogi dengan membandingkannya antara cara belok tank dan mobil. tank bisa menentukan sudut belok, sedangkan mobil melintas membentuk lingkaran. F-16 adalah single tail plane, maka ia disebut G-plane, karena ia akan bergerak membentuk lingkaran. apabila dilakukan dengan kecepatan tinggi, pilot akan merasakan G-force atau efek sentrifugal yang sangat besar. seharusnya saeqeh sangat lincah. Faktor yang paling penting dalam dogfight adalah kemampuan avionik dan radar. ternyata saeqeh telah menggunakan radar awg-9 seperti punya tomcat, radar ini sangat kuat (seperti AWACS mini), dan telah disempurnakan dg metode digital (yg punya tomcat masih analog). radar ini bisa mengunci 24 sasaran sekaligus dari jarak 160km. kemudian mesin saeqeh menggunakan mirip j-85 seperti punya F-5 tapi buatan sendiri, dan iran memodifikasinya menjadi turbofan!, sebelumnya adalah turbojet, suatu pekerjaan yg amat sangat sulit. shg kecepatannya hampir dua kali lipat, f-5 adalah mach 1, saeqeh mach 1,8.

  7. winarsono says:

    nggak ada komentar. tapi seneng mendengarnya

  8. harsana says:

    cayooo ahmadinejad (maaf klo salah tulisan na) kau buktikan bahawa islam itu saudara semua,wakwakawkakw sory membias…….!!!!!

    kirim lah pesawat’na ke indonesia biar bisa binasakan negara cilik yg songong2…….!!!!

  9. suryo says:

    indonesia negara mayoritas islam tapi tidak bisa bersatu seperti iran moto duwiten kesroh meluluk.ayo kita meniru persatuan iran maka kita bisa kalahkan negara2 yg mau hancurkan kita.

  10. yudi says:

    salut,
    Inilah gambaran bangsa yang punya kepercayaan serta harga diri tinggi. Menjadi sebuah kerinduan jika indonesia bisa berhasil dalam alih teknologi seperti iran, karena selama ini bangsa kita untuk mengurusi masalah korupsi dan HAM masih belum serius, sungguh malang. Untuk Iran, terus maju dan jangan takut akan ancaman negara2 yang memang tidak ingin negara2 islam maju dan berkembang.

  11. puguh moslem says:

    allahu akbar!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    jayalah iran
    jayalah islam
    jangan takut pada negara 1001 dajjal(USA)

  12. wied says:

    semoga kemjuan iran menjadi kebangkitan kejayaan dunia islam

  13. Frodo says:

    Gimanapun juga … ini sebuah perkembangan yang positif. Berlepas diri dari ketergantungan siapa pun, baik China dengan J-Series dan Russia dengan Sukhoi, Tupolev ataupun Mig MAPO.

    India dan Jepang, juga Taiwan juga lebih dulu membuat pesawat tempur Mitsubishi T series dan Ching Kwo. Meskipun ketiganya menggunakan platform dari pesawat2 lisensi 2 kutub superpower, sperti spacecat jaguar dan F-16.

    Sepintas, pesawat buatan Iran ini bisa dibilang lincah dalam manuver, namun bila melihat secara keseluruhan leadingedge-nya sudah sangat tua dan usang (old model F5 dan ngambil Ruder seperti F-20 tigershark). Penyempurnaan disana-sini nampaknya bukanlah hal yang ditujukan untuk mengangkat kemampuan pertempuran udara (dog fight) bila musuh datang. Hanya saja, bila hal itu terjadi, Close Air Support bagi kemampuan pasukan darat Iran bisa–paling tidak–dilakukan dengan lebih aman. Jelas bukan tandingan Raptor atau JSF.

    Yang menjadi pekerjaan berat sekarang adalah gaya pertempuran masa kini lebih pada air superiority. Kemampuan radius terbang, service ceiling, engine thrust, weapon payload, radar range, AoA, serta yang terbaru Stealth Capability dan Thrust Vector (Nozzle). Gerakan pesawat yang tidak terdeteksi radar (low observeble) dan gerakan2 lincah seperti lumba2 atau cobra juga menjadi syarat.

    Belum lagi perang tombol. AGM-84 Harpoon dan beberapa rudal jelajah AS dan sekutu seperti Tomahawk bisa seenaknya dikirim gratisan lewat laut atau diluar teritory darat laut Iran. Yang lebih dari itu seperti Trident dan Poseidon, yang sering tak diberitakan pada perang Irak, juga pasti dilibatkan. Bahkan bila kegilaan itu datang kelas ICBM Minuteman dan midgetman dikirim juga.

    Yang beruntung dari Iran, …

    Angkatan Darat yang sangat besar dengan kemampuan tempur yang relatif masif. Mesin perang darat yang lumayan update, short range SAM, Fire Control MLRS versi timur. Bisa jadi lebih baik dari pihak AS, karena keterlibatannya dengan model perang grilya hezbollah.
    Kemampuan rudal2 jelajah Iran yang bakal diluar dugaan pihak barat.
    Senjata penangkis serangan udara SAM Iran sekelas S-300V yang di impor langsung dari vladivostok.
    Meriam2 kaliber besar (howitser–barat) yang self propelled kelas 120-155mm dengan jumlah sangat banyak. Dan yang automatic seperti system ASTROS II di barat, juga dimiliki IRAN.
    Tank2 tipe T-72, T-80 dan terakhir banget T-90, kabarnya sudah di sebar diperbatasan2 yang dianggap rawan.
    Assault Craft yang sudah terkenal itupun juga bisa bikin repot infiltrasi pasukan darat.

    Plus,….
    Etos perang yang diatas segalanya dengan ridha ALLAH dan para Ma’sumin.

  14. Ordinary Man says:

    eagle mother… eagle mother, this is eagle one, boogey on my six, two saeqe’s locking us, request RTB, need back up…

  15. BRIYAN A.K says:

    alhamdulilah akhirnya pembuatan pesawat iran selesai juga

  16. Aden Rachmatullah says:

    I was read a book about President of Iran Mr. Mahmoud Ahmadijed and that make me verry porud with his personal. January 7, 2008 my wife bourn a child and I give him name FARREL AHMADINEJAD. I hope may son ca be the greatest man like Mr. mamoud Ahmedijed…Amin ya robbal allamin.

    I wish Iran Republic Islam can be the big super power country.

  17. hanggo says:

    way to go iran!never say impossible,beat america

  18. irwandarmawan says:

    semoga apa yang telah diperjuangkan oleh bangsa iran bisa di tiru oleh bangsa qt…qt tidak harus tunduk pada asing lagi, qt mampu kita kuat hanya perlu satu persatuan nasional yang kuat,,usir asing yang bercokol di negri qt ini….qt bangun sendiri……peradaban bangsa qt sendiri…di bawah naungan panji-panji islam………trimakasih kepada maisyah….(icha) q akan selalu setia kpd mu meski kesetiaan q gak berarti apa2 bagimu…jangan sia-siakan apa yang telah di berikan Allah kepada mu…..karena itu adalah anugerah dari Allah

  19. irwandarmawan says:

    qt adalah bangsa yang berdaulat penuh atas negeri ini…..jangan biarkan asing….merongrong kekayaan alam bangsa qt lagi…tirulah negeri paramullah yang satu ini….perbaiki sistem tatanegara qt…harusnya kekuasaan tertinggi bukanlah di tangan presiden melainkan di ahli spiritual yaitu ulama’ yang tunduk kepada syariat islam secara penuh dan menyeluruh……Salam Untuk Maisyah di trunojoyo university…..di madura….seandainya kamu tau isi hatiku yNG tedalam?????Tapiiiiii apalah daya q nasi sudah menjadi bubur….semoga Allah menjadikan Qt menjadi lebih baik……Amieeen

  20. joo says:

    appun kondisinya yang namanya pesawwat/jet mbaa bom… ya menakutkan lawan lah.

    ketakutan lawan lebih pada kesatuan rakyat, bukan pada tekno saja.
    coba kita bersatu… kembalikan kejayaan ptdi, ga usah beli sukoi/f16. angkatan udara pegang kendali ga usah minder. inyaallah 10 – 20 tahun lagi akan jaya.
    lihat teknologi mobil kijang kotak awal–dalam 20 tahun kini menjadi inova…. artinya kalo kita pd selalu berinovasi… ga konsumtif kan maju.. delengen iran 20 tahun lalu dg kini

  21. acit says:

    wuiiih mantaaap

    kpn ya indonesia bisa bwt pswt tempur ndiri????

    anekadunia.blogspot.com

  22. berti says:

    indonesia juga sudah buat senjata sendiri itu semua karena boikot amrik terahadap mliter kita kan. tapi kita berharap indonesia juga bisa lebih hebat dalam membuat senjata2 yang super canggih yang membuat musuh tidak bisa berbuat apa2 sekalipun musuh punya senjata yang sangat mematikan dan kenderaan militer baik darat, udara dan laut yang canggih. kita ngga butuh senjata dan alat2 seperti itu. dan saya juga berharap kepada seluruh dunia untuk membuat senjata dan senjenisnya. bukan untuk membunuh tp menyuburkan tanaman dan menyehatkan bisa kaga ya……..????????????? heheheheheh

  23. berti says:

    ga soal warnanya itu barangkali disesuaikan dengan kondisi disana. yang penting targetnya kena amerika dan sekutunya pada modar kabeh ya kan…..?apa itu kelebihan pesawat dan senjata canggih amerika /sekutunya yang pada kenyataannya dalam setiap perang mereka, justru masarakat sipil tidak bersenjata yang banyak jadi korban. kencanggihan mereke hanya mampu membunuh orang2 yang tidak bersenjata. memalukan…..!

  24. Selamat untuk Negara Iran atas pesawat tempurnya..
    Seharusnya negara Indonesia mengimpor dari negara iran untuk teknologi militernya.

    Ngapain beli sama Amerika Serikat dan Negara Barat (kecuali Rusia), dikit-dikit embargo militer.

  25. Samoe says:

    Moga iran dapat mengembang senjata ya.Pendapat yg blg iran cuma boong.Mgkn orang yg kuper.Hidup dunia islam

  26. p41jo says:

    salut buat iran….bisa jadi contoh buat indonesia……ayoooo bangkit indonesia..bikin kerjasama dengan sesama negara islam aja..dijamin halal dan barokah..daripada kerjasama dengan negara2 barat yg suka ngatur2 n membodohi bangsa ini…

  27. Abu Jihad says:

    Bravo Iran, Ini membuktikan bahwa Iran merupakan salah satu kekuatan negara islam yang tidak mau didikte oleh Dajjal, tidak seperti negara arab lainnya seperti mesir dan arab saudi, pengecut !!!!!

  28. abu turab says:

    iran gitu loh…………. kapan yah indonesia apalagi arab jauh kaliiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  29. ana says:

    indonesia akan menyusul insyaallah

  30. tiojanet says:

    HARTA KEKAYAAN NEGARA DIJUAL OLEH PENGUASA SEJAK JAMAN SOEHARTO, CONTO FREEFOT /USA/EXON/USA , KEMUDIANTAMBANG EMAS JUGA SUDAH DIJUAL KE ASING OLEH PEMERINTAH DAN OKNUM PEJABAT ( DIRAMPOK RAME RAME ) JADI MANABISA INDONESIA MAJU APALAGI BIKIN PESAWAT.
    YANG ADA MALAH HABIS UNTUK JURAGAN AMERIKA,
    MEREKA BANYAK BICARA KEMAJUAN EKONOMI TAPI PENGANGGURAN MAKIN BANYAK, YANG MISKIN NAMBAH UTANG JUGA SIAPA YANG HARUS BAYAR, NANTI MONAS JUAL SAMA SINGAPUR, BIAR KELIATAN MISKIN OLEH SITAMAK
    BRAVOOOOOOOOOOOO NEGRI MISKIN

  31. Mawardi Romadhon says:

    Saya sangat bangga pada kemajuan negara Islam Iran dalam bidang tehnologi, dalam waktu tidak lama saya ingin melihat pesawat tempur Saeqe dapat mengalahkan pesawat tempur AS dan Eropa dalam segala hal (manuver, kecepatan, jarak tempuh dan persenjataan yang dibawa). Harapan saya mudah-mudahan IRAN menjadi negara yang terkemuka dibidang tehnologie.

  32. iwan says:

    semoga iran menjadi negara yang maju, pantang menyerah, tidak patuh dengan negara barat, jadilah seperti singa yang mengaum…apabila di ganggu oleh orang lain……AYO..SEMANGAT..IRAN..HANCURKAN MUSUH-MUSAH ISLAM, musuhmu ..musuhku juga

  33. boy says:

    yes iran..
    u all the best..
    hapuskn isreal di muka bumi

  34. Maezar says:

    Contoh udah di dpn mata tunggu apa lagi? Maukah kita terus berada di bawah bayang” usa” dan sekutunya? Ujung”nya hanya boikot…boikot dan boikot. Ya ALLAH Berkatilah pada kami keturunan muslim yg taat kepadamu,jujur,berni,tangguh berilmu dan berwawasan luas, ini semata untuk kemajuan agamamu karna kami yakin hanya dgn kerja keras dan doa semua akan terwujud AMIN YAA RABBAL ALAMIN.

  35. andika says:

    ayo iran buktien bahwa islam kuat pada yahudi dan AS………
    hancurkan kalau yahudi dan amerika menyerang.

  36. Irwan Al~Farissi says:

    Jayalah Islam….
    Jayalah Republik Iran….
    Indonesia harus bercermin ke Iran…
    Banyak belajar ke Iran….OC

  37. satria says:

    INDONESIA…KU yg kuncinta tunjukilah dirimu , wahai sebangsa dan setanah air , janganlah di bodohi oleh bangsa-bangsa lain,jangan pintarnya kerusuhan,koropsi dll . Bangunlah dirimu demi kita jaya dimata dunia.Sama negara malasiaya aja berani menakutin kito . Negara iran salut deh,walaupun pesawat buatanya belum secanggih negara barat.

  38. dani says:

    salut buat analisanya bro

  39. dani says:

    amin merinding aku mendengarnya

Leave a Reply