Iran Perkenalkan Kapal Perusak “Jamaran”

Republik Islam Iran memperingati Hari Angkatan Bersenjata pada tanggal 17 April lalu. Mahmoud Ahmadinejad dalam sambutannya mengatakan, dengan kekuatan yang dimilikinya, Iran yakin tidak ada kekuatan imperialis manapun yang dapat mengancam keamanan negara ini.

“Musuh sudah menyadari bahwa bangsa Iran adalah bangsa cinta dama, namun angkatan bersenjata negara ini siap menghajar dengan telak siapa saja yang mengganggunya, ” tegasnya.

Ahmadinejad menambahkan, saat ini bangsa Iran adalah bangsa yang mulia dan kuat serta siap mempersembahkan keberhasilannya kepada kemanusiaan, perdamaian dan persahabatan. Dikatakannya, “Iran terus mengupayakan perluasan perdamaian di kawasan tanpa kehadiran pihak asing.”

Mengenai keberhasilan Iran dalam memenuhi kebutuhan peralatan bagi pertahanannya, Ahmadinejad mengatakan, “Hari ini, Iran telah memproduksi seluruh peralatan canggih elektronik, radio, pesawat tempur, perahu militer dan semua kelengkapan pertahanan yang diperlukannya.”

Dalam peringatan hari Angkatan Bersenjata, 200 pesawat dan helikopter melakukan aksi dirgantara di angkasa Tehran. Disaksikan oleh Presiden Ahmadinejad, wakil lebih dari 30 negara sahabat dan puluhan wartawan dalam dan luar negeri, 200 pesawat yang terdiri dari pesawat F4, F5, F7, F14, Boeing 707 dan 747, pesawat penyalur bahan bakar, dan helikopter melakukan aksi kedirgantaraan. Sebagian besar pesawat pembom yang ikut dalam parade ini adalah jenis pesawat buatan Amerika Serikat. Keperkasaan pesawat-pesawat pembom itu menunjukkan keberhasilan tenaga teknis Iran dalam memenuhi kebutuhan suku cadang pesawat buatan AS tersebut mengingat embargo ketat yang dijatuhkan AS atas Iran terkait suku cadang pesawat. Di Bandar Abbas, Angkatan Laut Iran mengumumkan peresmian pengoperasian kapal perusak tercanggih milik Iran yang diberi nama Jamaran. (irib)

This entry was posted in *Dunia Islam. Bookmark the permalink.

16 Responses to Iran Perkenalkan Kapal Perusak “Jamaran”

  1. trixi says:

    Pakar pertahanan AS memperkirakan kalau angkatan udara Iran tidak bakal bisa mengoperasikan sebagian besar pesawat udara-nya, terutama pesawat Interceptor F-14, karena kehabisan suku cadang.
    Khusus F-14 dan rudal AIM-54 Phoenix-nya, AS selama mengoperasikannya tidak pernah mengalami kemenangan gemilang. F-14 AS hanya berhasil menembak jatuh dua Su-15/22 Fitter milik Libya. Di tangan pilot-pilot Iran ceritanya berbeda 180 derajat. F-14 menjadi momok yang paling ditakuti pilot-pilot Irak dengan korban lebih dari 100 pesawat tempurnya dari berbagai jenis, termasuk 4 Mig-23 yang dihajar oleh SATU buah rudal AIM-54 Phoenix yang diluncurkan dari sebuah F-14.
    Sekarang F-14 yang ada di tangan AU Iran sudah banyak berbeda. Konon banyak dari Avioniknya dipercanggih dengan peralatan buatan sendiri dan peralatan buatan Rusia, dan pengetahuan AS soal ini sangat minim.
    Mungkin AU Iran tidak bisa menandingi AU AS sekarang yang sudah mengoperasikan pesawat tempur generasi ke-5 seperti F-22 Raptor, tapi yang jelas, AU AS akan berdarah-darah dan tidak akan bisa mengulangi pengalaman “manis”nya di Irak yang memang telah lumpuh karena embargo.

  2. Frodo says:

    Jamaran bisa jadi merupakan proyek 1154, desain pertama 1972, terus mengalami perkembangan hingga 1993. Tapi memasuki masa pensiun russia pada 2000.

    SA-N 9 anti pesawat sekelas thor dan hawk milik AS pada dekade 90-an, masih sangat canggih dan “Nakutin” buat pesawat2 tempur generasi ke-4 seperti F-14, 15, 16, F/A-18 A B C dan D, apalagi buat interceptor inggris yang banyak rontok kena “Hawk” Iraq 1991 dulu.

    Kh-35 yang dikenal di Barat dengan sign AS-20, adalah rudal antikapal lumayan “berat”. Bisa digotong pesawat, fregat dan Cruise, bisa juga versi
    stand off mobile——mirip yang diluncurin Hezbollah (Iran punya High Spec-nya) kena Kapal “sial” Israel.

    Atau …

    Bisa juga proyek 1239-nya Bora Class. Yang beroperasi “All-Weather” dan berpeluru kendali.
    Designer: Zelenodolsk – Chief designer – L.Elssky
    Builder:
    Displacement (tons): 1,050 -1,280 tons
    Speed (kts): 50-55 knots
    Dimensions (m): 64.0-65.6 meters long
    17.2-18.o meters beam
    Propulsion: 2 gas. turbines; 70’000 hp; 3×2 (+1+1) props., air-cashion ship take advantage of air generated between the 2 floats for decreasing D.tonnage 3m >1.
    Crew: 35-68
    Armament:
    # Missiles: 2 x 4 Moscit (SS-N-22)
    # 1 Osa-MA SAM system (20 9M-33/SA-N-4 Gecko SAM)
    # Guns: 1 AK-100 DP (100 mm) full autom.
    # 2 AK-630 gattl. AA (6 x 30 mm; r: 6’000rds/m/mount)
    Torpedoes: n/a
    Other: n/a
    ECM: n/a
    ECCM: n/a

    Plus ….

    Ini hasil karya modif yang superb … yang jelas beda dengan versi ASLI-nya.
    Pokoknya … kalo negara sudah masuk tahapan fusi nuklir … pasti “lain” kalo “modif” sesuatu …

  3. wahbabi says:

    KEKEKEKE……ANE NUNGGU IRAN NGUJI COBA PERALATAN MILITERNYA KE SAUDI…

  4. abdidalem says:

    Mungkin keberhasilan Iran dalam teknologi peralatan perang yg dipublikasikan hanya sebagian kecil, dan Iran adalah negara yang sangat paham tentang musuh dan strategi.
    BRAVO REPUBLIK ISLAM IRAN

  5. abu turab says:

    Alhamdullilah ada juga negara Islam yang ternyata kuat tanpa mengandalkan negara Amrika dan sekutunya maju terus Iran saya beraharap negara ku ini bisa lebih dari negara Iran ( mimpi kali yee )

  6. dedek says:

    Kita Insya Allah bisa seperti Iran, Tapi satukan dulu suara Islam kita. Pilih partai islam yang terbukti membawa ideologi islam tapi tetap moderat.
    Pilih PKS. Ini taklimat untuk semua umat islam. Sudah cukup umat islam bercerai berai.

    Pilih PKS, bila ingin pemerintahan maju dan bersih
    Sebarkan…

  7. Wong Ndeso says:

    Mas Frodo dan Mas Trixi langganan majalah Angkasa ya….?

  8. rauf says:

    PKS ? PARTAI ISLAM ? KACIAN …. DEH LO

  9. wahbabii says:

    negara sunni mayoritas dibawah ketiak amerika… karena mereka ka ga mengakui teokrasi, malah mengadopsi demokrasi…. mbahnya demokrasi kan amerika… ya to, to yee! sedangkan rasulullah saja ka ga pernah mengkader sahabatnya untuk berdemokrasi, lihat ketika abubakr menunjuk umar jadi khilafah.

  10. PKS…apaan tuh….hari gini kampanye partai….gak jaman…

  11. y765hj92dfr6 says:

    @ mas dedek: mengapa Iran berhasil? karena dia mengikuti tokoh Sayyidina Ali sebagai Pintunya ILMU dan Muhammad SAWW sebagai kota ilmu. Barang siapa yang islamnya tidak mengikuti islamnya Ali maka mereka itu PENCURI. (ingatlah sejarah, Ali ahlaihissalam, dan putra-putra beliau Hasan AS dan Husain AS dibunuh oleh mereka yang juga sholat dan syahadat seperti layaknya muslim)

  12. y765hj92dfr6 says:

    Sedangkan Indonesia hampir semuanya adalah pencuri ilmu, sehingga gak barokah. Kyai korupsi, Depag korupsi, pemkot-pemkab korupsi, militernya juga korupsi, pemimpinnya korupsi (dalam arti luas). bencana demi bencana datang silih berganti sebagai pengingat bahwa islamnya orang indonesia patut dipertanyakan, termasuk PKS dan organisasi islam lainnya. (ini pendapat saya pribadi, jgn kesinggung)…. peace ahhhh

  13. putra says:

    Menjelek-jelekkan negara sendiri itu perilaku “menjijikkan” dan tidak perlu dicontoh generasi yang bermartabat. Walau bagaimanapun Indonesia terbaik dibandingkan negara Iran, atau Amerika serikat sekalipun. Namun ada yang patut ditauladani dari Iran, sebagai negara yang pernah jadi super power “PERSIA”, rakyat Iran sanggup menentang hegemoni negara besar dan sangat anti zionis Israel. Kalau terjadi perang dimana posisi kita? Berada dipihak yang mana? Tentu saja kita nggak ngikut….Pesawat Nomad kita mudah rontok tanpa ditembak, Pesawat F 16 mungkin hanya 4 yang bisa digunakan dan tidak dapat menjangkau negara yang sedang berperang. Jadi secara logika kita menunggu mana diantara negara yang sedang berperang itu menyerang kita, barulah kita bisa memihak secara aktif. Kita punya tentara yang haus perang. Tapi jangan bilang2 ya musuh potensial Indonesia adalah Malaysia.

  14. yulia aza says:

    hancurkan israel ,, bantai amerika !!

    allahu akbar !!

  15. Swastika says:

    Naga Asia bangunlah, terangi dunia dengan semburan api merahmu seperti yang dahulu senantiasa kau lakukan selama ribuan tahun!!!
    Beruang Merah bangkitlah, Garuda dan Beruang Merah harus kembali berteman seperti saat Nikita Kruschev dan Bung Karno dulu bersahabat dekat!!!

  16. armand says:

    Apaan PKS….oarngnya juga korupsi,
    Orang kalo sudah masuk lingkar korupsi pasti bakal kecipratan juga…:
    contoh dari PKS ya anggota DPRnya itu + istri calon Gubernur DKI yang dicalonkan PKS, nah korupsikan….makanya yang bener pilih ISLAM….Bukan partai dan Bukan Pula Ormas Tapi Dasar & Tujuan Hidup…

Leave a Reply