Kunanti Isyarat-Mu (Mohon Doa 6)

852404hgy.jpg

Tuhanku, di penghujung malam ini saat aku duduk sambil menekan tombol-tombol keyboard adalah detik-detik yang cukup mendebarkan dan menggelisahkanku. Engkau tahu bahwa besok usiaku memasuki 41 (40) tahun. Aku tidak bergembira apalagi merayakannya, karena memang mestinya aku sedih telah melewatkan masa muda tanpa selembar catatan prestasi. Rintik hujan yang sesekali turun lalu berhenti adalah saksi bagaimana hamba-Mu sedang meratapi masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.

Tuhanku, aku tidak perlu mengeluhkan derita dan peristiwa-peristwa getir yang merundung diriku, saudara-saudara, ibuku dan keluargaku, karena Engkau tahu apa yang terjadi, karena di dalam altar wujud-Mu semua partikel, termasuk aku, bersemayam. Aku juga tidak perlu memberimu tahu karena itu sama dengan menganggapmu ‘ketinggalan informasi’.

hazin2.jpg

Tuhanku, Engkau tahu dan dengar rintihan doa dan munajat yang meluncur dari bibir ibuku. Engkau juga pasti merekam lantunan ayat-ayat-Mu yang terus dipancarkan dari ponsel ibuku pada saat senggang apalagi saat menggelar sajadah tahajud. Betapa hambamu yang salehah itu sangat mendambakan mukjizatMu untuk segera mengganti kesedihan-kesedihannya dengan senyum bahagia.

Tuhanku, betatapapun kami, bukanlah orang-orang yang sangat bertakwa, namun Engkau tahu bahwa shalawat kepada nabi terbesar-Mu dan keluarganya selalu menjadi buah bibir kami. Adik-adikku, terutama dia, terlalu berharga dan terlalu muda untuk terkuras pikiran, perasaan dan waktunya menghadapi gelombang fitnah dan praduga salah akibat silau oleh gemerlap simbol kejernihan yang membungkus keculasan dan kezaliman yang menggulita. Engkau tahu, kebanyakan orang, bahkan yang semestinya berpikiran jernih, terlalu berat untuk mau melakukan klarifikasi atau sekadar mengambil sikap menimbang. Apa mau dikata, mereka tidak seperti Engkau. Engkau dengan mata-Mu yang mampu menembus segala ruang dan waktu, tahu bahwa kemanusiaan yang dicincang dan ada suara mazlum yang dibungkam. Lebih memilukan lagi, banyak mata yang berusaha pejam dan hati berlagak mati manakala harus menunjukkan sikap.

hazin1.jpg

Apa yang mesti dilakukan? Beri kami isyarat agar kami tidak kebingunan mengambil langkah? Kau bisa mengirimkannya melalui mimpi atau lainnya. Harus kuakui makin hari, bongkah beban itu makin berat menyumbat rongga dada. Ia juga rela membiarkan mata sngka buruk orang-orang, bahkan sahabat-sahabatnya, menghunjam ulu hatinya, tanpa sebait ucapan keluh atau protes. Apakah yang harus didukung dan dipercaya adalah orang yang berinisiatif membela diri dan melakukan serangakaian propaganda, meski akal sehat mampu membedakan mana bunga kesturi mana bunga bangkai. Tapi, apa mau dikata, alih-alih mendapat simpati, ia malah dihukum oleh opini umum, dipandang dengan sinis bagai orkestra kolosal, mengucilkannya bahkan enggan menyapanya. Dia tidak mengeluhkan sedkirnya orang yang mengundangnya, karena itu bukanlah prestasi, namun tugas yang mesti dilaksanakan bila menghampiri pundaknya.

Di ulang tahunku ini, aku ingin Engkau ambil kebahagiaanku dan berikankanlah kepadanya, juga kepada ibu kami yang –demi ZatMu, tidak semestinya diperlakukan secara keji oleh segerombolan manusia yang hanya punya satu modal; gertak, teror dan umbar kebencian.

Menjelang fase tua ini, aku mohon Engkau beri dia secercah harapan karena ia memiliki semua alasan untuk menjadi hambaMu yang berguna bagi agamaMu dan hamba-hambaMu. Betapa hatiku tersayat pilu saat melihatnya bermain dengan kedua putraku. Bibirku tersenyum namun hatiku terguncang dan pikiraku berkelanan membayangkan putra dan putrinya yang –demi kesombongan yang sia-saia- dipisahkan darinya.

Tuhanku, demi Engkau Yang Maha Adil, kami tahu bahwa sunnahMu berjalan sesuai dengan proses yang telah Engkau patenkan, bahwa tidak mungkin segala harapan kita bisa terwujud tanpa rangkaian sebab akibatnya. Namun, memberinya kesempatan dan harapan bukanlah permintaan yang menentang SunnahMu.

Karena itu, aku rela kehilangan apapun yang aku miliki sekarang dan mendatang andai itu menjadi syarat-Mu.

Tuhanku, demi surya Muhammad, purnama Zahra dan gemintang dua belas yang menghiasi angkasa alam ciptaanMu, lakukanlah apa yang baik.

0 Comments

  1. Ilmu padi, makin berisi makin merunduk. Kita harus semakin tawadhu menyadari betapa baju dosa ini kian tebal selimut kemalasan kian lekat di tubuh yang renta ini, renta entah karena apa kita sendiri tidak tahu apa karena umur yang menua. renta karena ilmu atau renta akan kejenuhan hidup ini. Selamat Ulang Tahun, anda adalah Guru, Kakak dan Teman bagi saya.

    Reply

  2. Illahi amin ya Rabb…Insya Allah semua yang di munajatkan akan di ijabah dan Maha Suci Allah yang selalu akan memberikan yang terbaik untuk hamba2NYA yang selalu mengingatNYA….Hanya Allah yang selalu menepati janjiNYA.

    Reply

  3. Happy Birthday 2 U…….Happy Birthday 2 U…Happy Birthday Dear Ustadz…..

    Tiada kata yang pantas untuk mewujudkan perasaan turut berbahagia atas hari yang selalu di kenang setiap insan…..

    Tiada Langkah yang berat untuk turut berbahagia bersama orang sedang berbahagia di salah satu hari yang berarti bagi setiap insan

    Tiada hidangan yang pantas untuk melengkapi kebahagiaan ini…kecuali hidangan AN DAKAR….

    Smile…..

    * KOmunitas La Rebil & La Telorp T3B3T *

    Reply

  4. Ilahi Rabbi …
    Tuhanku yang Maha Agung, …

    Kupandangi wajahnya seolah terus berkata:

    Teringat ku teringat, pada janjiMu ku terikat
    Hanya sekejap ku berdiri, ku lakukan sepenuh hati

    Peduli ku peduli, siang dan malam yang berganti
    sedih ku ini tak ada arti, jika Kau-lah sandaran hati
    Kaulah sandaran hati

    ……

    Tak pernah selintaspun dalam pertemuanku bersama hari-harinya ia berkeluh kesah. Tak secuilpun ia sampaikan apa2 yang telah orang-orang lakukan terhadapnya. Juga tak pernah kutahu yang ia pikirkan tentang mereka kecuali penjelasan yang membela “ketakpedulian” mereka akan fakta.

    Tak jarang jua kusaksikan bagaimana ia terus sibuk mempersiapkan urusan-urusan yang oleh banyak orang telah dihilangkan dalam daftar perbuatan2 utama. Sementara orang-orang yang “mirip” kedudukan mereka dengannya, telah jauh meminggirkan prinsip2 yang sangat kukagumi darinya.

    Ohh … Tuhan

    Tak mungkin kulupakannya, hari2 yang mencerahkan bersamanya.
    Tak rela kuberpisah darinya, meskipun ia kan pergi untukNya.
    Kusampaikan rasa bela sungkawa, sebagai sahabat setia.
    Kuhaturkan seribu duka, meskipun ia tak memerlukannya.

    Salam hormat bagimu … semoga Allah membalas apa yang telah kau berikan untuk hari2ku.

    Reply

  5. Dengan bertambahnya usia, semoga semakin bertambah pula prestasi-prestasi Ustad yang sudah begitu banyak memberi kami manfaat dan pencerahan. Semoga mendapat nilai rapor yang lebih cemerlang lagi dari Allah SWT sehingga senyum selalu mengembang di wajah-wajah suci para Nabi dan Rasul serta ibunda para Imam yang suci, Az Zahra. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah atas mereka. Demi penderitaan Ibunda Kita, yang bila dipikulkan pada siang, ia akan berubah menjadi malam dan bila dipikulkan pada malam, ia akan berubah menjadi siang, semoga pertolongan Allah Yang Maha Adil & Bijaksana segera menghampiri Ustad dan adik ustad, yang juga ustad kami, serta keluarga besar ustad yang lain. Amien ya robbal alamien… Semoga ustad selalu sabar, kuat dan tabah. Selamat ulang tahun dan selamat berjihad!

    Reply

  6. Selamat. Kullu ‘amin wa antum bi khair

    Reply

  7. Selamat ulang tahun ustadz, sekaligus salam simpati yang dalam atas apa yang terjadi dengan keluarga antum….

    Masih hangat betul pesan dari salah seorang keluarga antum betapa rahmat Tuhan meliputi segala sesuatu, maka di setiap kondisi sesungguhnya rahmat-Nya tidak pernah lepas.

    Di tengah apa pun yang terjadi dengan keluarga antum, kita meyakini sesungguhnya rahmat dan rahim-Nya melebihi dari apa pun yang terlihat dan terpikirkan oleh kita.

    Sungguh sebuah karunia besar bagi an dan beberapa orang lainnya mendapatkan pertemanan dan persahabatan dengan antum dan keluarga… hanya orang yang tidak tahu berterima kasih saja yang mengabaikan peran antum dan keluarga yang sangat penting mengawal perjalanan para pecinta Ahlil Bayt as di sini…

    Sulit pula mendapatkan sebuah keluarga yang masing-masing tidak segan-segan melayani dahaga kehausan akan pencerahan agama dengan beragam sudut pandang. Sejatinya ana iri dengan keluarga antum. Iri karena terlalu jauh tertinggal dalam hal pengetahuan.

    Ilahi, Engkaulah yang paling mengetahui apa yang terlintas dari hati-hati kami… Ilahi, kami memohon pada-Mu berikanlah kekuatan dan kesabaran kepada keluarga ini – kalau memang apa yang mereka hadapi adalah bagian dari rencana-Mu… Berikanlah isyarat-Mu agar kami mengerti…

    Dengan besarnya harapan dan kecintaan kami kepada Muhammad dan keluarga sucinya, perkenankanlah permohonan kami ini.

    Reply

  8. Inilah munajat duka yang sekiranya ditanam di bumi manusia, maka tumbuh darinya dunia yang penuh pelajaran berharga!

    Usia 41 tahun menjadi pertanda lahirnya kesaktian baru:-)

    Amien Ya Rabb!!!

    Reply

  9. Semoga persoalan demi persoalan tak membuat patah arang. Kepadanya yang Ustad siap berkorban, saya mendoakan semoga semua baik-baik saja.

    Reply

  10. Happy Birthday to You (Ustadzi),…………

    Kami simpati thd kesulitan antum……. tapi apa daya kami….. Hanya Doa yang bisa saya panjatkan “semoga ujian ini megangkat derajat antum sekeluarga dimata Allah, dan menjadi hamba-hamba yang disayangiNya, Dan cepat berganti dgn kebahagiaan yang diridhoi” amin………..

    Pepatah
    “Berbahagialah orang-orang yang mendapat ujian, karena ujian tersebut hanya untuk meningkat derajat dan kemulian”

    SEMOGA SUKSES MENGARUNGI BAHTERA UJIAN YANG BERAT INI DAN MERAIH KEMULIAAN YANG TNGGI

    Reply

  11. LIfe begin at 40, or maybe 41:)
    Segudang prestasi telah antum torehkan dengan tinta emas, namun saya sangat yakin potensi antum jauuuhh lebih besar dari itu. Saya bersyukur bahwa kita punya sosok ustadz sekaligus ilmuwan, pejuang yang juga seniman, orator tapi juga penulis handal, cerdas namun tawadhu, serius tapi juga ‘gaul’. Antum merupakan profile yang komplit! Insya Allah kita punya sosok yang bisa jadi benchmark.

    Munajat yang berasal dari hati dan bersandar pada kedalaman pemahaman ini, sangat menyentuh hati orang yang membacanya. Saya berdoa, Insya Allah setelah berbagai kesulitan ini, akan ada cahaya terang. Seperti halnya seorang kandidat doktor yang harus melalui bebagai ujian sebelum penobatannya :)

    Kita tunggu terobosan-terobosan antum selanjutnya, Ya Doktor!!!

    Reply

  12. Semoga Alloh S.W.T memberikan pertolongan-Nya kepada Mas beserta keluarga, semoga Alloh menggantikan segala musibah dengan kebagiaan, slamet Ultah, moga2 doanya dikabul oleh Alloh S.W.T

    Reply

  13. selamat ulang tahun semoga panjang umur
    selamat menjalani kehidupan yang penuh tantangan di dinamika
    tapi jangan lupakan keseimbangan dengan keluarga, teman dan handai taulan

    Reply

  14. Happy Birthday to you…

    Reply

  15. “Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita…” (Kejadian 1: 26).
    Selamat ulangtahun Pak Doktor. Semoga kiprah Anda membuat Nusantara smakin indah, damai, dan tetap pluralis.

    Komunitas MAULA

    Reply

  16. Mabruk, kullu aam wa antum bi khair. Semoga sukses selalu di dunia dan akhirat.

    Reply

  17. Yaa Robbi kabulkan lah doa Ustad ku ini dan berikanlah yg terbaik untuk beliau sehingga dapat terus mengalir pengetahuan – pengetahuannya kepada kami dan kebaikan-kebaikannya

    Reply

  18. INGIN MENJADI TEMAN DALAM DUKA
    Dekat bersama panjenengan, tentram batin ini.
    Mendengar ujaran panjenengan, terbasuh karat di hati dan otak ini.
    Membaca tulisan panjenengan, betapa selalu tergagap-gagap pemahaman ini.
    Penjenenganlah guru, sahabat dan teman dalam duka kami. Karenanya izinkan kami menjadi bagian dalam duka panjenengan.

    Reply

  19. tiada kata-kata yang dapat aku ungkapkan lagi kepada seorang yang aku anggap guru dalam menjalani kehidupan selain…
    selamat.
    semoga semangat Al-Husain selalu menyertai Ust. dan kita semua

    Reply

  20. kabulkanlah doa saudaraku ini ya Allah….semoga tetap sehat dan makin banyak karyanya….

    Reply

  21. Ngaturaken wilujeng olang taon..
    mugi kanugrahan jatining fitrah
    saking gusti kang makaryo jagat…
    amin ya rabbal alamien

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>