Pages Navigation Menu

‘LEBIH BAIK NULIS NGAWUR DARIPADA BICARA SENDIRI’

Ssst…Trie Utami Nyanyikan 'Alam Raya Karya Bapa'

 trie-kini.jpg

Penyanyi bertubuh mungil, Trie Utami, ikut dalam pembuatan sebuah album rohani Natal yang baru berlalu bersama Djaduk Ferianto. Dia kebagian menyanyikan 2 buah, yaitu Malam Kudus dan Alam Raya Karya Bapa.

 

Hal itu memicu kabar bahwa ia telah berpindah keyakinan. Namun, saat dikonfirmasi soal itu, wanita kelahiran Bandung, 8 Januari 1967, itu memilih tidak menjawab.

“Kenapa, sih, harus dipersoalkan. Keluarga saya aja nggak ribut, terus kenapa kalian yang ribut, di sini saya nggak perlu menegaskan agama saya, karena masalah ibadah adalah betul-betul wilayah pribadi. Hanya saya dan Tuhan yang tahu,” kata Mbak Iie, sapaan akrabnya.

Wanita yang membuka jilbabnya usai bercerai dengan suaminya ini memang sering membawakan lagu-lagu rohani. Soalnya, dirinya juga membantu penggarapan album rohani terbaru

Lebih lanjut dirinya menambahkan kalau kegiatan berkesenian diyakininya sebagai sesuatu yang bebas dan lintas sekat. Dan hal itulah yang melandasi sikapnya untuk terus berkarya tanpa terlalu memikirkan pro dan kontra yang ada dalam masyarakat.

“Kalau agama itu kan privasi setiap orang,” pungkasnya.

Bagaimana menurut anda?

65 Comments

  1. Mba Iie JABLAY yaaa……….
    sini ta kelonin …..

  2. ternyata cinta dan kasih sayang bisa menghancurkan akidah ya?!! tanya kenapa…

  3. Tentu ketika dia mengucapkan kalimat “Kalau agama itu kan privasi setiap orang,” pada saat yang sama dia memiliki pengetahuan yang juga selaras dengan dasar2 bahwa “Terdapat sejumlah besar aturan berkenaan dengan wilayah publik di dalam agama”.

    Sehingga kalimat yang “teracung-acung” ihwal privasinya tidak terdengar “SumBanG”…………..melainkan sangat baik “PicTcH ConTrOL”-nya.

  4. Sebagai Publik figure memang selalu menjadi sorotan. Kalaulah memang pindah agama ya, saya rasa itu haknya dia, toh di Indonesia ada kebebasan beragama. Bersikaplah Lakum dinukum Waliyadin… jangan mengusik dan menimbulkan permusuhan, jadilah Rahmatan Lil Alamin..

  5. Di KTP Teh Iie, agama cuma sebagai pantes-pantes di isi dai pada kosong, masalah keyakinan dan ketaatan beragama di kalangan artis jangan coba ada niatan untuk mepertanyakan bab agama di dunia selebritis, mereka gak tau apa itu agama sing penting job lancar moral geser dulu atau moral di tinggal di brankas.

  6. Gara gara putus cinta lepas jilbab lalu lepas agama. Inilah kalau orang salah memahami makna cinta. Dasar. Cinta manusia aja lho mbak… mbak… sebesar apa sih. beraniberaninya sampai ngorbanin agama segala.

    Benar kata Imam Husein, “akan datang masa dimana manusia beragama sesuai keinginan hatinya.”

    • Kayaknya dia lepas jilbab karena dia sudah muak dengan penjajahan oleh suaminya dan penjajahan oleh agama fasisnya…

  7. Agama mah memang dari dulu urusan pribadi ma Yang Maha Kuasa, hanya di Indonesia aja agama diurusi ma publik (orang lain). Apa haknya manusia menentukan ini salah dan itu benar apalagi masalah keyakinan pada Tuhan. Yang Maha Tahu dan Maha Benar itu hanya Allah. Manusia khan hanya ikut-ikutan manusia yang lain yang lebih dulu. Repotnya lagi manusia di Indonesia banyak yang merasa benar, sehingga bisa ngatur urusan pribadi orang ma penciptanya

  8. Iya tuh, Indonesia punya “Ministry of Religious Affair”, kesannya relijius gitu, eh korupsinya juara. Bullshit itu departemen agama, depag hanya mengurusi satu agama dan mendiskriminasi agama-agama non-islam. Produk laknatnya ya PERBER yang usil mngegerecoki hak beribadah dan mendirikan tempat ibadah.

  9. Saya berusaha bijak memberikan opini. Trie Utami berhak untuk menentukan pilihannya, termasuk menentukan agama apa yang akan dianutnya. Setiap agama mengajarkan kebaikan yang hakiki, tidak ada yang tidak. Namun perlu diingat, tidak satu agama pun yang memberikan kelonggaran kepada setiap umatnya untuk tampil sesuka hatinya. Jika memang Trie Utami sekarang menganut agama yang diributkan banyak orang, tentu dalam agama barunya itu terdapat aturan bagaimana seorang hamba berbusana yang sopan dan menjaga ucapan. Semoga bermanfaat.

  10. bagus lah mba iie’….. daripada malu2in islam :D

  11. Akan kau jumpai yang pagi pagi muslim sorenya dah kafir, sore muslim paginya dah kafir. Banyak artis yang agamanya adalah POPULARITAS. Selamat untuk BANGUN SUGITO yang telah kembali kepadanya dengan catatan baik di 10 th sisa hidupnya…

  12. Nah……itulah.

    Selebriti itu sekedar tontonan dan jangan dijadikan tuntunan.

  13. kata orang bandung : sia-sia…aing-aing….!

  14. Lha iya, wong itu urusan pribadinya mbak tri utami, kok orang lin bingung , kebakaran jenggot, mau pindah agama kek, mau apa, mbok gak usah ngurusi, berarti ORANG INDONESIA ITU YANG SUKA BEGINI INI NAMANYA ” LANCANG “, wis to gak usah diributkan, maju terus mbak iik, saya memuji sifatmu yang tegas dalam mengambil sikap hidup.

  15. GUSTI NYUWUN NGAPURO, NGAPAIN SIH KAMU KOK BINGUNG NGRIBUTIN ORANG YANG PINDAH AGAMA, ITU KAN RANAH PRIBADINYA DIA SENDIRI, GUA KASI TAU YA, KAMU NGOMONG SAMPAI NDOWER PUN MBAK IIK GAK AKAN NANGGAPI, LHO APA KAMU GAK TAU , KALAU KANG PURWOCARAKA JUGA SAMA DENGAN MBAK IIK ? TELAT…..BOSSS…. KOK GA KAMU RIBUTIN ? MUNGKIN MBAK IIK MERASA GA ADA HARGANYA WAKTU BERUMAH TANGGA , YANG HANYA DIJADIKAN ISTRI SIMPANAN, JADI DIA WAJAR TO, KALAU KEMUDIAN DIA BERSIKAP SEPERTI ITU, OK MBAK IIK, MAJU TERUS DALAM TUHAN.

  16. Sebaiknya liat latar belakang knapa seorang Trie Utami (kalau memang benar) pindah agama. Suami terdahulunya kan sudah membohongi dia selama bertahun-tahun dengan telah mengambil isteri lagi dengan tanpa seijin Trie sebagai isterinya. Kecewa, ternyata suaminya cuma luarnya aja yg kelihatan alim, ternyata tak lebih dari seorang penipu ulung dan tukang kawin. Masalah kemudian dia beralih keyakinan, biarlah itu menjadi hak pribadi dia, jangan kita terjebak hanya menunjuk -nunjuk hidung orang, sementara kita sendiri sebenarnya penjahat dan penipu, bahkan mungkin juga pembunuh manusia. Sebagai bekas warga Bandung, saya selalu dan tetap menyukai lagu2 Trie Utami, baik saat2 bersama group Krakatau, atau solo, karena selalu mengingatkan saya pada masa2 kuliah di Bandung dulu era tahun 80-an. Trie Utami, I Love U……

  17. Mari kita berpikir positive… bahwa Mbak Iie ‘trauma’ dengan Poligami… oleh karena itu, di dalam pencarian bentuk yang baru pasca perceraian, beliau mendapatkan pencerahan luar biasa dengan imannya…
    Pencerahan iman, terhadap apa yang dia yakini adalah mutlak hak Allah atas umatNya…
    dan sangat kebetulan, dia memilih Kristen sebagai jalan hidupnya…
    dan dengan menyanyikan lagu lagu pujian kepada Tuhan, dia merasa hidupnya total untuk Tuhan…

    semoga damai selalu beserta Mbak Iie, Syalom

  18. Selamat untuk mbak trie utami yang telah menemukan pencerahan hidup, Insya Allah apa yang dilakukan mendapat rindho dari ALLAH Swt, mari kita bersama-sama menyadari bahwa kebebasan beragama itu hak mutlak seseorang.

  19. Tuhan selalu menjadikan segala sesuatunya indah pada waktunya…. Amin

  20. Trie Utami yang saya kenal, adalah seseorang yang mampu menyejukkan hati semua orang, tanpa perlu memandang kiblatnya masing-masing. Pilihn dia terhadap agamanya, sekaligus pilihan untuk menggunakan atau melepaskan asesori orang beriman adalah pilihan yang perlu kita hargai. Jangan kita mengutuki seseorang hanya karena pakaian luarnya saja, pakaian terdalam, hanya Trie saja yang tahu

  21. Iya, para selebritis itu kan cari sensasi. Begitu juga para misionaris evengalis “mencari” target orang-orang yang dapat membuat sensasi..malah di Australia khususnya Perth banyak loh para akademisi / keluarga di Oz yang masuk Islam…bahkan banyak yang langsung memakai hijab tanpa dipaksa, tahun 2000 baru ada 10 Masjid sekarang sudah mau 19 Masjid, MashaAllah Allah lipat gandakan quality Islam…begitu juga nenek moyangku Londo masuk Islam. May Allah SWT forgive her and showing her back to Dien Nul Islam, Amiin.

  22. Hanya menyanyikan lagu yang bukan ciri khas agama si penyanyi saja kok diributkan. Saya pikir Tuhan tidak sepicik itu pikiranNya. maksud Iie kan hanya membantu temannya (Djaduk) untuk mencari dana bagi kemanusiaan. Apakah itu salah? Menurut saya Iie cukup rendah hati dan mau menolong orang lain tanpa memandang keyakinan orang yang akan ditolongnya. Saya bisa memaklumi apa yang dilakukan Iie. Jangan mengkambing hitamkan agama untuk menyakiti atau menghakimi orang lain. Yang menentukan dosa atau tidak bukan manusia,tetapi itu hak Tuhan, Allah SWT.

  23. Norak…sekarang aja udah muka jelek mau make up menor..makin kayak setan…pantes aja lah ditinggalin laki…wong bejat gitu…

  24. Ada kata pepatah biarlah orang berjalan seperti semut dan mengalir seperti air, Trie utami sudah menemukan jalanya mungkin itu yang terbaik untuknya kita sebagai saudara harus saling mendukung dan tidak boleh mencela atau menyalakan. sukses buat Mbak Trie Smoga Tuhan Selalu Menyertai Amin.

  25. Hal2 agama itu sensitif dan jgn bilang agama ini baik agama itu jelek. Dan jgn mengatakan seseorang kafir atau murtad klo seseorang berpindah agama A ke B atau ke C atau ke D….. dan bgm klo sebaliknya dari agama B ,C,D….pindah ke agama A apa itu disebut kafir/murtad?? Keluarga kami kel multi kultur dan agama,kyakinanmu,keyakinanku yakinilah masing2 dgn baik.Kami juga tdk bangga jika seorang artis/public figure pindah ke agama kita,kami juga tdk kecewa seorang artis/public figure pindah agama lain. Itu kan hak azasi, lebih baik kita mawas diri dan senantiasa bertekun dlm keyakinan kita masing2. Allah memberkati kita

  26. Kenapa ya di Indonesia Kalau sudah bicara soal agama pasti ribut seperti kebakaran jenggot, padahal masih banyak selebritas yang lain yang sama seperti trie utami knapa yang lain kok nggak di ributi apa karna pindah ke mayoritas cthnya :Tamara B, Luna Maya, Lulu Tobing, Dian Sastro. Pokoknya salut lihat trie Dia pindah keyakinan bukan karna lelaki atau ketenaran seperti artis lain melainkan karna panggilan Tuhan.
    Smoga Trie utami menemukan Jodah Yang benar – benar Takut Akan Tuhan tidak seperti sebelumnya. YBU

  27. Islam nggak untung Tri utami masuk Islam, dan nggak rugi tri utami meninggalkan Islam. Yo terserah, mau masuk Neraka, Surga terserah. Ora Urus …. !!!

  28. Emang beneran Mbk trie utami pindah agama? Nyanyiin lagu agama lain bukan berarti pindah ke agama lain bukan? Sebelum album bertajuk kristen ini, mbak trie utama juga udah ngeluarin album bertajuk hindu. Dbali lagunya mbak trie utami lg booming. Krg aj rbtny dmana-mana, orang cuma nyanyi doang kok jadi ribut ya? Pasti ga pernah belajar ttg kerukunan antar umat beragama! Materi ini telah dmasukkan kedalam kurikulum pelajaran agama. Negara kita ini negara berbangsa dan beragama. Ga tau maknanya kan? Artinya negara yg terbentuk dari gabungan bangsa dan agama. Jgn kaya kacang lupa kulitnya. Dulu kita berhasil karena kita bersatu. Negara seperti ini langka adanya. Skalipun benar, brarti itu urusan mbk trie utami dg tuhan. Kita hanya bisa menilai dan mengambil hikmah selama tindakannya tdk merugikan.

  29. Pantesan aja, Indonesia ngak maju-maju sampai sekarang.
    Masyrakatnya aja norak abis, ngapain urus iman-nya orang.
    Bukannya itu sudah ada undang-undangnya yang bunyinya:
    Tiap-tiap warga negara berhak memeluk agama sesuai kepercayaanya masing, k’lo ngak salah sih begitu bunyinya.

    Yang sekarang kalian pikikan dan perangi bagaimana supaya jangan ada korupsi, kemiskinan di indonesia berkurang, sampah-sampah diolah dengan baik agar negara Indonesia yang kita cintai bersama bisa lebih maju dan makmur.
    Bukankan negara kita terkenal dengan Bineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia. Yah mau suku, adat, ras ataupun agama bukan menjadi penghalang untuk kita bersatu.
    Oke dech……………God Bless All

  30. Walau saya seorang muslim, saya dukunhg Trie Utami, yang penting bisa menjalankan agamanya yang baru dengan sebaik baiknya.

  31. agama itu adalah urusan manusia dengan yang Di Atas..
    ngapain sih kita ngurusin???

    terserah orang mo beragama apa atau tidak beragama…yang penting hubungan dengan sesama itu baik dan penuh cinta kasih maka PASTI hubungan dengan yang Di Atas juga baik…
    Percayalah!!! itu lebih penting…

  32. AUDZUBILLAHHIMINDZALIK..

  33. apapun yang dianut mbak trie utami biarkan itu yg menjadi tanggunga jawab dia dan YME. sebagai sesama manusia kita hanya bisa menilai dari luar nya saja. walaupun dia sudah menjadi nasrani dia tidak menjelek2an agama muslim begitu sebaliknya. yang usil adalah orang2 yang mempunyai keirian kedengkian dan kemusrikan. walasalam haleluyah!

  34. Trie utami=manusia yg aneh

  35. mba janganlah bermain main dgn agama,ingat dunia bknlah tempat abadi tapi akhiratlah yg abadi,jgn sampai hny krn nafsu dunia mba jd seperti itu..mmng btl itu hak mu,agama mu agama mu,agama ku tetaplah agamaku..jgn berbicara lg tentang agama,krn tu hny bs membuat orang lain skt hati dan kecewa..

  36. Seperti beberapa orang buta memegang gajah..
    ada yang memegang ekor menyimpulkan,gajah= panjang dan lentur
    yang memegang gading meyimpulkan,gajah=keras dan tajam
    yang memegang kaki menyimpulkan,gajah= bulat dan keras
    Kebenaranya ya gajah itu sendiri..
    Jangan mengambil kesimpulan sendiri karena kita masih manusia!!
    ga ada yang benar!!
    yang benar adalah Tuhan Yang Maha Esa!! Khalik langit dan bumi!!

  37. Yaaa itu sih terserah mba Iie, toh urusan yg satu itu langsung ke Tuhan tho di akheratnya..? yg pentinh kita ga usah ngurusin sampe dalem, sejauh tdk mengganggu kehidupan bersosialisasi..

  38. setiap orang hidup dengan haknya masing-masing, dan mbak trie utami juga mendapatkan hak itu, kalau engkau merasa agamamu benar, yakinilah..
    dan anggaplah mbk trie tersesat, tetapi apakah anda yakin pilihan agama anda benar??
    apakah anda beragama hanya hanya dari keturunan anda(agama dari keturunan orang tua) atau karna anda menentukan agama anda sendiri??
    coba renungkan hal itu..
    tak 1pun orang mau menganggap agamanya salah..
    jadi jangan coba mengusik agama orang lain,. trims..

  39. Maklumlah, org Indonesia khan aneh dan kampungan. Ngakunya beragama tapi kelakuan ancur abis. Kalo ada yg pindah dari Islam ke agama laen langsung dihujat abis. Sebaliknya kalo pindah dari agama laen ke Islam langsung digembor2-in. Muna kok dipiara.

  40. Ketika kamu merasa damai disuatu tempat ato wilayah kamu pasti berencana untuk tinggal disitu…

  41. sebenarnya…..,wilayah paling dalam di hidup manusia adalah KALBU/QALBU,
    biarkanlah semua rasa yang ada di dalamnya hanya milik orang itu sendiri.
    setiap orang akan bereaksi berbeda ketika ada orang asing yang masuk ke pagar rumahnya,maka sebelum masuk ke dalam pagar rumah orang hendaknya ‘permisi’dulu….
    nah, dengan permisi, mungkin kita akan jadi enak diterima sebagai manusia yang punya harkat dan martabat.
    dan dengan sendirinya akan lebih tau apa yang sebenarnya terjadi.
    tapi hal ini bukan cuma terjadi terhadad seorang Trie Utami kan????
    banyak sekali orang yang terlihat seperti muslim padahal perilakunya tidak sebagai seorang muslim,demikian juga dengan orang yang ‘katanya’ memeluk agama Katolik tapi perangai dan perilakunya jauh sekali dari yang di ajarkan dalam kitabnya.
    apalagi kalau ‘kita’ sangat tidak tahu sedalam-dalamnya yang ada di Kalbunya Trie Utami,jangan dulu buat kesimpulan…terlebih beropini dengan kata2 yang saya rasa tidak mencerminkan kelakuan seseorang yang BERAGAMA!!! masa sih…ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menghujat orang lain,menentukan akhlak orang lain, menentukan dosa tidaknya seseorang, kan yang berhak menetukan tingkat keimanan seseorang hanya TUHAN?!!!
    udah merasa jadi orang yang bisa menentukan nasib orang lain ya?
    hebat amatttt………!!!!
    TUHAN aja ga pernah koar2 tentang keimanan seseorang…
    justru, yang harus disadarkan itu adalah orang2 yang sudah bisa berbicara lebih ‘sok tau’ dari TUHAN….
    saya cuma bisa ketawa baca koment2 di atas…..
    silakan BERKACA dulu dech……sebelum menilai orang, berat lo tanggung jawabnya ‘menilai’ itu…..

  42. Bapak2 dan Ibu yth,

    Membaca banyak komentar di atas, sy sbg orang di sedang di’hakimi’ oleh para ‘tuhan’ hanya bisa tersenyum. Bagaimana mungkin seorang manusia yang tdk ‘mengenal’ sy, tdk mendampingi sy sehari2, tdk pernah bicara hati ke hati dgn sy, mampu mengatakan hal2 yang dia tidak tahu kebenaran dan kepastiannya serta berani mengatakan apa yang diyakini pikirannya sendiri itu di ruang publik? tuduhan dan fitnah yg sgt perseptif tlh membuka mata sy, bhw msh banyak orang2 yg sanggup mengata2i dan menghina org lain di ranah umum dgn gagah perkasa.

    kami, para seniman, musik-film-teater-tari-dan jenis2 kesenian lain, selama ini sangat terbiasa utk saling membantu dlm berbagai kegiatan, baik dlm pergelaran umum maupun yg menyangkut keagamaan. hal itu sdh berjalan puluhan thn, dan kami tdk menyekat ‘perasaan kemanusiaan’ dgn tembok tebal yg bernama ‘perbedaan’. kami melebur dan saling tolong menolong tanpa hrs saling mempengaruhi satu sama lain, para seniman jauh lbh arif dlm menyikapi perbedaan itu. hal ini perlu sy jelaskan spy fitnah ini tdk terjadi pd artis2 lain yg smp hari ini msh dgn ikhlas mendukung setiap niat baik teman lain utk beribadah sesuai keimanannya masing2. bila perasaan kemanusiaan dlm ruang sosial malah terlihat buruk, entahlah mungkin hari ini yg namanya manusia sdh ‘pantas’ merasa lbh tinggi dr manusia lain dan tdk butuh lg ruang kebersamaan utk saling belajar dan berbagi.

    hujatan, mmg nikmat keluar dr pikiran kita bila itu ditujukan bg orang lain dan selama ini sy hanya bisa menikmati hujatan dan kata2 kasar itu dgn senyum. jujur saja, sy tidak dididik utk ‘merasa boleh’ menghakimi org lain krn sbg manusia biasa sy tdk punya wewenang utk itu, terutama krn sy tdk berani ‘playing God’, bertindak sbg tuhan bg org lain, apalagi bila sy tdk tahu kebenarannya. sy jg tdk dididik utk ‘merasa lbh baik-lbh bersih dan lbh benar’ dr org lain, ke’islaman’ dlm diri sy pastilah tdk pernah mengajari itu, orang tua sy jg tidak.

    sy sama dg anda semua, punya perjalanan hdp yg hrs dihadapi, punya proses yg mesti dilalui. masing2 dr kita memiliki proses dan perjalanan yg tdk sama kan? krn sy juga sm dgn anda, manusia biasa, tdk super dan tdk pula hebat, lahir dan mati juga nantinya, maka inilah bentuk perjalanan yg hrs sy tempuh dg cara belajar dan belajar terus, berproses utk menjadi manusia yg lbh baik dan lbh baik lagi (paling tdk hrs mampu mendengar hujatan ‘para tuhan’ dgn hati lapang… hehehe).

    akhir kata, semoga tulisan sy ini bisa menjadi manfaat utk anda semua. bila ada yg tetap membenci sy, smg kebencian itu bs sy jadikan guru kesabaran. bila ada yg tdk suka, silakan hapus nama sy dr ingatan anda. bila ada yg dpt mengambil manfaat, mk sy akan sgt berbahagia, paling tdk dlm hdp sy sempat berbagi dgn anda.

    dan khusus bagi ‘para tuhan’ yang terhormat, sy ucapkan terima kasih yg sebesar2nya atas fitnah dan tuduhan ngawurnya. serta terimalah rasa kagum sy yg tinggi, ternyata anda sdh berhasil mencapai tingkat kesucian diatas para nabi dan rasul, sehingga mampu mengambil alih pekerjaan Allah sbg hakim dan sanggup menilai iman dan dosa manusia. sy ucapkan selamat !!

    Wass,

    Trie ‘iie’ Utami

  43. tulisan di atas hanya sedikit sekali ungkapan saya sebagai salah satu orang yang ‘sedikit’ mengenal secara pribadi seorang Trie ‘Iie’ Utami.
    oleh karena itu saya bisa ketawa…membaca judgement beberapa orang di atas.

  44. hahaha .
    awalnya nyesek juga baca comment2 ini ..
    lama2 ngakak .
    saya pribadi sebagai orang muda yang bisa aja bicara berbagai hal dengan otak dan hati yang terbuka ngerasa malu, banyak abisss yang berasa orang baik2 bin BERAGAMA tapi ngomongnya ga bsia disaring ..
    JABLAY PEREK PECUN MURAHAN dan sejenisnya udah jadi makanan sehari2 tiap cewe,mas dikata2in begitu ..orang yang krudungan, mondar mandir gereja aja ada yang jual diri .ko pada ga ribut ??lo salahh kalo ngatain begitu !cewe baik2 dikatain bahasa SETAN yang ada ketawa2 !!seneng pahalanya numpuk ..
    hahay .
    tetep dehh juaraaaaa orang2 yang ngorek2 agama oranglain ..
    pengen banget rasanya mengenal kalian ..siapa tauu saya jadi bisa juga sederajat sama Tuhan, persis kalian !yihaaaaaaa ..

  45. Ternyata seorang Trie Utami memiliki kadar keimanan yang tipis, hanya kecewa dengan cobaan hidup dia menukar Tuhannya

  46. Pesan buat semua:
    Semua adalah manusia biasa. Saran saya:

    1. jangan pernah mendekati hal-hal yang menjurus ke fitnah. Karena sikap dan perbuatan kita dapat menimbulkan prasangka dan fitnah. Itu bisa jadi karena perbuatan kita, bukan karena mereka tuhan, tapi kita tanpa disadari telah menciptakan fitnah itu sendiri.
    2. jangan pernah mendekati kemurtadan, apapun dasarnya. Agama islam keras mengingat untuk tidak berzina. Sehingga dekatpun jangan. Membanding antara zina dan musyrik (murtad). Silahkan anda analogi sendiri. Karena murtad (keluar dari islam) boleh saja kalo mau coba-coba, asal jangan dibawah sampai mati. Karena dia adalah dosa yang Allah tidak akan pernah mengampuninya.

  47. Stop penghakiman!

  48. Thx God, 90% di semua komen disini tidak berpikiran picik, saya tidak mengatakan sisanya 10% picik, tapi mungkin belum dibukakan mata hatinya untuk bisa menghargai hak asasi manusia.

    Mba Iie, apapun agamu / keyakinanmu, teruslah berusaha, beribadah, berkarya dan tetap semangat. Salam buat keluarga termasuk kang Purwa. GBU.

  49. Trie……. pindah agama karena mungkin dia merasa di agama barunya ada jalan Keselamatan pribadi untuk sampai di Sorga. Dan….. memang hanya di agama baru itu yang menyatakan hanya ada satu jalan keselamatan di dunia ini yaitu Isa Almasih kalau di Injil orang Nasrani yaitu Yesus. Diluar nama Yesus tidak ada jalan keselamatan.
    Selamat……. ya Trie karena kamu sudah memilih jalan keselamatan hidupmu yang pasti sampai di Sorga.
    Apa jalan yang dipilih oleh Trie adalah sangatlah benar, sama seperti saya dari agama Islam dahulunya, saya mengerti tentang Isa Almasih dari Quran.
    Saya dahulunya adalah orang yang anti dengan Nasrani, tetapi ternyata Yesus yang orang Nasrani sembah itulah TUHAN yang menciptakan langit, bumi, dan manusia. Saya adalah alumnus salah satu pesantren di Solo.
    Sekali lagi…. selamat ya…. Trie

  50. kasih deh…loe tri utami udah cere..murtad lagi…JAMINAN NEREKA LAGI.

  51. bagiku agamaku dan bagimu agamamu

  52. Alloh Swt sangat tidak rugi dengan secuil Trie Utami yg pindah agama (bila bener pindah yaaa..), mudah2an sih cuma gosip aja.

  53. Dia gak merasakan nikmat dan indahnya Islam karna dia tidak seutuhnya masuk ke dalam Islam alias asal-asalan sj. Kecondongannya terhadap dunia terlalu mendominasi.

  54. kalau nurut saya , mbak tri utami wajar sikap ny begitu, karena dia hidup dikecewakan suami, di injak-2 martabatnya sebagai wanita oleh laki-2 yang Sang kyai pakai sorban, bahkan bukan itu saja, karena memang rosul mengijinkan memperlakukan wanita sebagai pelampiasan birahi semata, jadi, yah…….. itu bukti nya.

  55. Kalo soal benar salah itu pastinya ada dalil,…bukan cuma keluar dari mulut.jadi kalo org merasa benar itu pasti sudah baca dalilnya,…..kalo emg benar adanya mbak Iie pindah keyakinan amat disayangkan aja.Agama itu ilmiah…bisa diuji dengan hal keilmuan….mau yang benar?Carilah kebenaran itu dengan dalil yg benar pula….Aku yakin Alquran gak ada yg salah.

  56. Bagus……saya setuju sekali mbak……

  57. aduh udah disindir ma mba ii, kok tetep jd “tuhan” seh? ya udah lha hidup toleransi agama bisa dicapai klo kita gag saling menghakimi agama lain…

  58. bicara agama,nanti kalo kita sdh kembali ketanah..
    damai itu “INDAH”indahnya seperti disurga.tidak ada agama yg baik kalo kita masih saling membunuh,mencela,menghina,korupsi dan lain sbb.intropeksi diri ‘INTI’nya.

  59. Wong Edan…. Agama dibikin Permainan,..itu cirinya orang yang lemah iman,… dan udah ngak laku sama si imin…hahaha Gitulah orang yang udah ngak laku di dunia hiburan pasti cari sensasi lagi biar tenar kembali…glek,,,glek,,,glek

  60. Ga usa debat.
    Ga usa saling benci.
    Ga usa saling caci.
    Ga usa saling hina.
    Tunggu saja, suatu saat, cepat atau lambat, kita semua akan mati.
    Nah, pada saat itulah kita akan tahu dengan sebenar-benarnya, apa Yesus atau Islam yang membuat kita masuk ke Sorga.
    Selamat menunggu ajal & pastikan anda semua yakin dimana anda akan menghabiskan waktu anda di alam abadi kelak.

  61. betul, mba tri utami sudah menekan jalan kebenaran, natal 2 th yang lalu mbak tri ikut merayakan di kalbar

  62. cocok jd WTS…..

  63. Alhamdullillah dia menemukan jalannya.

  64. BETUL BROW, MEMANG YANG BIKIN RUSAK NEGARA YA ORANG-2 SEPERTI ITU, …MEMANG GUOBLOKKKKKKKK, AGAMA KOK DI JADIKAN AJANG PER PECAHAN,………SOPO SING DI ANUT ITU ?……HUH…..GUOBLOKKK. BENER….!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>