8000 Banser Diisi Ilmu Kebal

Memanasnya suhu politik di Jakarta merembet juga ke Jatim. Para anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) menyatakan siap diterjunkan guna mencegah terulangnya anarkisme pascainsiden kekerasan di Monas, Jakarta, pada 1 Juni lalu.

Bahkan, untuk kesiapsiagaan, Banser Mojokerto telah mengisi sejumlah anggotanya dengan ilmu kekebalan tubuh. Diharapkan, anggota Banser yang akan diisi ilmu kekebalan itu mencapai 8.000 orang di Mojokerto. Banser merupakan satuan tugas (satgas) di bawah organisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

“Ini bukan untuk sombong-sombongan, tapi kami ingin menegakkan kebenaran. Kami hanya ingin mengingatkan orang-orang FPI untuk tidak meneruskan cara-cara kekerasan,” kata Heri Ernawan, Ketua Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Mojokerto, Rabu (4/6).

FPI yang dimaksud Heri adalah Front Pembela Islam, yang sejumlah anggotanya diduga terlibat dalam aksi penyerangan terhadap anggota Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) di Monas pada Minggu (1/6) lalu. Dalam insiden tersebut, sejumlah pendukung AKKBB mengalami luka-luka, termasuk di antaranya tokoh NU. GP Ansor sendiri adalah sebuah badan mandiri di bawah NU.

Pengisian ilmu kekebalan itu mulai digelar kemarin siang di Dusun Kedawung, Desa Gemekan, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. Pengisian ilmu kebal ini, kata Heri, akan dilanjutkan hingga mencakup seluruh anggota Banser di tiap-tiap kecamatan di Kabupaten Mojokerto. “Tujuannya, jika sewaktu-waktu ada instruksi dari Banser pusat, maka Mojokerto sudah siap mengirimkan personelnya yang telah mendapat ilmu kekebalan,” kata dia.

Pengisian ilmu kekebalan tubuh itu dilakukan di sebuah mushala, dipandu oleh H Muhammad Ilyas dan Mbah Suwarno. Dua tokoh tersebut selama ini dikenal sangat ahli dalam mengisi ilmu kekebalan bagi anggota Banser yang ada di Mojokerto.

“Islam melarang orang bersikap sombong, tapi kalau ada orang lain sombong kepada kita maka kita tidak boleh hanya diam. Kita bukan mau mencari lawan. Tapi kalau ada lawan, pantang bagi kita untuk lari,” ujar H Muhammad Ilyas saat memberi wejangan terhadap anggota Benser yang akan diisi ilmu kekebalan tubuh.

Prosesi pengisian ilmu kebal diawali dengan wudlu dan dilanjutkan dengan menulis rajah (berupa huruf Arab) di punggung masing-masing anggota Banser yang akan diisi. Untuk tahap pertama kemarin, anggota Banser yang diisi sebanyak 12 orang. Setelah diberi air putih dan beberapa bacaan doa, dalam sekejap tubuh mereka sudah kebal.

Terbukti, tubuh mereka tidak mempan ketika dicoba ditusuk-tusuk dengan jarum. Meski ujicoba hanya dilakukan dengan jarum, menurut Mbah Suwarno, mereka sebetulnya juga tidak akan mempan dibacok dengan senjata tajam jenis apa pun. “Insya Allah ini juga bisa dipakai untuk melindungi diri dari gangguan musuh dalam bentuk apa pun, termasuk untuk menangkal teluh (santet, Red),” tandas Mbah Suwarno.

Sementara itu, dari Pamekasan diberitakan FPI cabang Madura menyatakan menolak bubar meski ada desakan agar pemerintah membubarkan organisasi itu. Sebelumnya, Selasa (3/6) lalu, FPI cabang Jember telah membubarkan diri setelah menyatakan tak sepakat dengan aksi kekerasan di Monas.

“Pihak-pihak yang menginginkan FPI bubar itu karena mereka tidak tahu bagaimana kronologi penyerangan yang dilakukan FPI waktu itu. Jika mereka tahu yang sebenarnya, saya yakin mereka tidak akan menuntut pembubaran FPI,” kata koordinator FPI wilayah Madura, Bahri Asrawi, di Pamekasan seperti dikutip kantor berita Antara, Rabu (4/6).

Menurut dia, selama ini gerakan FPI semata-mata untuk kepentingan dan penyebaran syiar Islam. “FPI tak menginginkan terjadinya kekerasan,” kata Bahri yang juga ketua Departemen Dalam Negeri FPI Jatim sekaligus anggota dewan syuro FPI pusat.

Menurut Bahri, khusus di wilayah Madura, hubungan FPI dengan Banser dan Garda Bangsa (satgas di bawah PKB) sejauh ini masih sangat kondusif meski di sejumlah tempat lain mengalami ketegangan. “Kita masih baik dengan mereka dan saya harap ini akan berlanjut, sehingga keamanan di Madura ini tidak terganggu,” katanya.(SURYA(

32 Comments

  1. savic
    Jun 5, 2008

    wuiiih… genderang perang telah ditabuh kah?

  2. trixi
    Jun 5, 2008

    Konflik horizontal, untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari kenaikan harga BBM dan harga2 lainnya….
    WASPADALAH!!! WASPADALAH!!!

  3. ojan
    Jun 5, 2008

    Klo memang membela kebenaran jangan takut mati bung !

  4. denjaka syiah
    Jun 5, 2008

    Apakah perang diantara mereka nanti akan seperti perang kolosal dalam film braveheart?

  5. robert
    Jun 7, 2008

    Rasullulloh, para sahabat, tabiin, dst, tidak ada yang kebal senjata. Mereka luka, berdarah, syahid terkena senjata tajam.

    Ilmu kebal itu contoh darimana?

  6. eddy priadi
    Jun 11, 2008

    Saya bingung sama muslim Banser. Kalo ga salah NU itu mengaku “ahlussunah wal jamaah” tapi caranya mau perang kok ga ahlussunah yah? Bagian dari mereka menamakan diri “Pasukan Berani Mati”. Lucu yah katanya Pasukan Berani Mati tapi pakai ilmu kebal (artinya takut mati) Artinya mereka tau bahwa mereka siap perang bukan jihad fii salbilillah. Mereka tau jika mereka mati dalam perang bukan mati syahid. Sebagai muslim saya prihatin dengan warga NU pada umumnya yang “menuhankan” Abdurahman Wahid. Insyaflah saudaraku, seorang muslim harus membela pemimpinnya jika pemimpin itu masih taat pada ajaran Tuhannya.

  7. sepri
    Jun 13, 2008

    Betul, warga NU pada umumnya (ada) yang “menuhankan” Abdurahman Wahid.

  8. denjaka
    Jun 13, 2008

    Abdurahman Wahid tuhannya warga NU

  9. andi
    Jun 30, 2008

    Yang paling ditakuti aliran islam garis keras yaitu wahabi dan salafi adalah muslim ahlu sunnah wal jama`ah yang memiliki ilmu hikmah. lebih baik memiliki ilmu kebal daripada bom bunuh diri! Ilmu kebal pada zaman perjuangan bangsa indonesia merupakan pegangan pejuang melawan penjajah. Salut buat banser nu

  10. guruhh
    Aug 9, 2008

    waduhhhhh………….ko sesama islam ribut sihhhhh… yah gimana dong ngenbangin hukum islam yg sebenar ya … klo sesama islam masih ributtt…..?

  11. arit
    Aug 9, 2008

    walahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh……..dah pada ngwurrrnihh… masa manusia ciptann alloohh…. disebut sebagai tuhan NU… pa kata dunia..dong…..??

    wetyyyyy… harus lo pada bayak istigpar.. lahhhhh… meski gua rang yg goblok dan ga ngerti.. tetang ukuwahh islammm. tpi….yg bener dong…..?

  12. abu azzam
    Aug 16, 2008

    katanya membela islam
    kok kebal bacok
    di islam gak di ajarkan
    rosulullah aja berdarah ketika terkena senjata.
    banser emank eneh…………
    ilmu kekebalan = musyrik
    mengkultuskan seseorang
    juga dalam islam tidak bole

    atau jgn jgn gusdur di lulu sama ALLAH
    antek yahudi kok di bela

  13. abu azzam
    Aug 16, 2008

    banser isinya cuman jin

  14. pipit0855@yahoo.co.id
    Sep 18, 2008

    Assalamu’alaikum wr.wb. Saudaraku para kaum muslimin dan muslimat.kalian jangan bertarung,tak ada gunanya,jangan sekali kali pamerkan kesaktian.Kalo aku tahu kalian semua pamer begitu,aku tidak mau lagi menurunkan ilmu kedigjayaan.Padahal masih segudang ilmu yang belum aku turunkan.Wasalamu’alaikum wr wb.

  15. pipit0855@yahoo.co.id
    Sep 18, 2008

    Uhuiy.

  16. arul
    Sep 25, 2008

    SEHEBAT APAPUN MANUSIA DI AKAN MENINGGAL
    SADAR LAH WAHAI SAHABAT KU
    HIDUP INI HANYA SATU KALIIIIIIIII

  17. Sosibu
    Oct 1, 2008

    Cihuy!!pada ketawa nich musuh2 islam,krn mereka tau tdk akan bs hancurkan islam.tp islam kan hancur krn pertikaian umatnya.sadarlah kalian wahai banser,wahai fpi atau apa saja labelnya,kalian smua saudara. Karena semua muslim itu saudara atau kalian sudah tdk merasa sbg saudara krn jamaah,organisasi kalian tlh menjadi agama kalian menggantikan islam na’udzubillah

  18. Eghi j.co
    Dec 26, 2008

    Yawdah seh spele.
    Kalau kata “gusdur” gitu aja kok repot ngapain dipikirin.

    Eghi cileduk

  19. Eghi j.co
    Dec 26, 2008

    Islam itu tidak akan hancur oleh apapun dan siapapun.tapi islam itu akan hancur dgn sendirinya karena ulah2 tangan2 jahil dari ìslam sendirinya.
    Contoh..
    FPI dia arogan,,keras,,pdhal nabi besar qta Muhammad s.a.w saja mengajarkan tdk dgn kekerasan.melainkan dgn kebaikan.
    Andai kata smua spt rasul pasti ga akan ada kekerasan…

    Wassalam …

    Eghi cileduk ceger.
    J.coway

  20. hanif
    Jan 21, 2009

    uwalah …! mau perang pake ilmu kebal ..? perang kok ama saudara sendiri ! lawan tuuu israel pake ilmu kebal berani kangga …? FPI sedang berjuang amar ma’ruf nahyi munkar melawan kemurtadan,

  21. Laskar melayu
    Mar 26, 2009

    Laskar didirikan jg bkn utk pamer kehebatan hanya disini gunanya utk supaya saling menghormati saja antar suku dan agama laskar menyambut baik siapa saja yang pada jalan kebenaran dan tidak merendahkan suatu perbedaan apapun suku atau agama..tetapi kalau seperti yang dilakukan Banser untuk menghadapi FPI satu hal yang salah apa cuma karena ada anggota nya jadi korban? saya dan keluarga juga orang NU dan Tarikat Naqsabandi tapi cara kami disini sama saja seperti saudara2 yang lain karna tujuan kita cuma satu…kenapa Banser mau musuhi keluarga sendiri Gusdur itu cuma manusia biasa lihat saja dia jadi presiden harus diturunkan secara tidak hormat sadarlah umat manusia..

  22. maspekok
    Oct 31, 2009

    Weleh Weleh Gitu aja kok Ribut ya….Ngeributin pepesan kosong la kepriben ya…Kiye….Sekarang mah sok cari duit yang banyak atuh ula gandeng, Mau Kebal Kek, Mau gak kebal kek, Sabodo ajah emang gua pikirin…..mendingan juga dagang somay ada yang beli hayu….atuh kalo gak beli ya dimakan sendiri wae hahahaha….

  23. Arip
    Mar 1, 2010

    sadarlah saudaraku….
    semua hnya tipu daya musuh2 islam…menggunakan kekuatan hanya untuk memerangi saudara sendiri.azab allah sangat pedihhhhh

  24. Mr.Nunusaku
    May 12, 2010

    Ilmu kebal biasa dimiliki oleh islam, tetapi ilmunya tidak mempan saat kerusuhan di Maluku…berapa yang mati dengan ilmu kebal di Maluku dan banyak kubur jihad tak bernama di Maluku, Dan berapa banyak mayat muslim yang kebal di buang bersama kontaener di lautan Maluku…fakta membuktikan saat jenderal Slamet Ryadi seorang mempunyai ilmu kebal, akhir mata di Maluku.

    Ilmu kebal apapun dari tanah Jawa tidak akan mempan di Maluku buktikan dan sudah terbukti di Maluku.

  25. Energi Haq Nusantara
    May 15, 2010

    menurut saya yg bukan warga NU..juga pasti bukan wahabi (naudzubillah min dzalik)..saudara-saudara kita di NU gak pernah membuat pernyataan bahwa Gus Dur adalah Tuhan mereka.. Bukankah mereka telah bersyahadat dengan 2 kalimah syahadat..dan saya belum pernah mendengar mereka mengganti syahadat dengan nama Gus Dur..he3x.. jangan asal ngomong aja mas..! nanti ketauan bodonya..!
    Lagian juga percaya sama hadis yg bilang Rosul gak sakti..?@! Maka dari itu..belajar agama cari guru yang bener lah..jangan angkat guru yang merendahkan Rosul.. udah jelas di Qur’an tertulis..Rasulullah SAW pernah membelah bulan.. dan waktu Rasulullah lahir..semua berhala di Ka’bah pada roboh..dan api-api Majusi pun padam..semua itu tanpa disentuh mas..
    Masa ada tombak atau senjata apapun yang datang,,Rosul terluka ? Masya Allah..hati-hati dalam akidah. Pemahaman ini bisa merusak akidah anda..karena bisa-bisa anda gak akan diakui sebagai umat Rosul.. Mau..?
    Kalau Rasulullah bisa dilukai oleh besi yg jelas-jelas adalah mahluk yang tidak lebih mulia dari Rasulullah..Rahmatan lil alamin..terus pada kemana tuh malaikat-malaikat yg ditugaskan Allah menjaga Rosul ? Pada cuti ? Atau lagi malas kerja..?
    Wis pokoke mas..mari kita semua introspeksi diri saja..sudah benar belum akidah kita. Mau diaku sebagai umat Rosul atau tidak ? Kalau sampai orang yg merendahkan Rosul dikategorikan sebagai bukan umat Rosul…ya kalau sampai terjadi bentrok..itu bukan perang saudara.. karena keyakinan saja sudah berbeda.. jadi jangan dibilang Islam akan dihancurkan dari dalam.. yang ada adalah orang yg Islam melawan orang yg mengaku-ngaku Islam..! he3x..
    Tapi kalau untuk NKRI saya berdo’a semoga semua pihak tidak akan terpancing dan tersulut emosi sehingga akan banyak menimbulkan kerugian di kedua belah pihak.. Semoga NKRI tetap terjaga utuh..tidak ada BOM dari pengkhianat bangsa! Tidak ada TERORIS yg sama kedudukannya dengan Pembunuh Mutilasi !.. Damai semuanya,tentram kertoraharjo..

  26. penegakkeadilan
    Jul 14, 2010

    banser…………terlalu banyak khurofat,bid’ah,sirik.yang kalain lakukan, coba sini kalain semuanya biar saya bacok,,insaallah tembus,,,,,,,,, dan kalian semuanya bodohhhhhhhh,,sesama islam kok ributttttttttttttt lebih baik ribut dengan orang kafir

  27. penegakkeadilan
    Jul 14, 2010

    sadarilah wahai banser,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, aliran nu khurofaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat

  28. abu hamzah bassayev
    Aug 3, 2010

    banser pasukan satan,ingat kalian berjuang bukan buat allah tpi buat antek yahudi.sy malu dengan para ahli hikmah banser,kalian ga ada yg kebal..sy tegas kan

  29. Arya
    Sep 11, 2010

    FPI dimana mana selalu memakai kekerasan seakan akan dia yg paling benar,berani dan keroyokan gak jauh beda ama anak anak STM, Anak geng, anak pank.
    “man tasabbaha bi qoumin fahua minhum”.
    Sadarlah musuh yg paling besar adalah hawa nafsu. Sedangkan kalian sangat bernafsu untuk membuat keributan. Membela kebenaran ko dengan nafsu amarah.. Hati hatilah tipu daya setan, menegakkan keadilan tidak dengan nafsu amarah, nafsu amarah juga trmasuk kebatilan.

  30. ahmadrock
    Nov 30, 2010

    dasar wahabi fpi.laknat .anak kecil mau lawan orang gede ya fpi cuma di injek.ibarat fpi ayam ,banser macan..suruh aja si rizieq jotosan sama gus nuril. la wong yunior@rizieq mau lawan senior@gus nuril..ya di jitak aja paling rizieq nangis.

  31. OH MY GOD… That’s all I got to say …

  32. fajar purwanto
    Feb 25, 2012

    saudaraku semuanya, islam itu dalam panji2 sahadat, dengan meletakkan kalimah lhaaaillaaaahaaaaillaaahu, kenapa kalian bertengkar? kebenaran hanya Allah al haq, saya tertawa akan kalian semuanya, apa kalian menganggap benar? jangan hinggapi hati saudara2ku dengan setan, ingattttt, jangan hanguskan sholat kalian hanya dengan sesuatu hal yang kecillll, perbaiki sahadat , masuk islam secara kaffah, Allah itu melihat dari hati kalian, dalam diri manusia itu ada manusia,yaitu nuranimu.semua bagi saya kalau menunjukkan kesombongan, anarkis, walau berkedok itu Islam, bagi saya ,kalian bukan islam. Islam itu rahmatan lil alamin. ayo saudaraku kembali ke jalan Allah tanpa lkita di hinngapi sombong, hasbunallah wanikmalwakil,nikmalmaula wanikmannasir.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>